backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Ciri-Ciri Orang Melankolis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 07/06/2023

Ciri-Ciri Orang Melankolis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apakah selama ini Anda dikenal sebagai sosok yang penuh empati dan cukup sensitif? Jika melihat dari empat tipe kepribadian manusia, Anda mungkin merupakan orang yang memiliki karakter melankolis.

Untuk lebih mengenal diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda dengan tipe serupa, yuk cari tahu informasi lebih lanjut mengenai tipe kepribadian melankolis melalui artikel berikut!

Apa itu tipe kepribadian melankolis?

Melankolis adalah salah satu dari empat tipe kepribadian berdasarkan watak dan perilaku manusia. Ketiga tipe kepribadian lainnya adalah koleris, sanguinis, dan plegmatis.

Selama ini, kata melankolis mungkin identik dengan seseorang yang sering menangis dan mudah tersentuh perasaannya. Namun, ternyata penjelasan tipe kepribadian ini tidak sesederhana itu.

Seorang melancholic memang cenderung lebih sensitif jika dibandingkan dengan orang-orang dengan tipe kepribadian lainnya.

Sifat inilah yang kemudian membuat mereka mudah berempati pada orang lain dan peka pada lingkungan sekitarnya.

Di sisi lain, tipe kepribadian ini juga dikenal sebagai sosok yang perfeksionis dan kerap kesulitan dalam mengambil keputusan

Ciri-ciri kepribadian melankolis

sering bicara sendiri, normal atau tidak?

Orang-orang dengan tipe kepribadian melankolis umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Sensitif

Meski pemilik karakter melankolis cenderung pendiam, mereka sebenarnya merupakan seseorang yang cukup sensitif.

Mereka akan dengan mudah menyerap energi dari orang-orang di sekitar, baik itu energi positif maupun negatif.

Oleh karena itu, perubahan emosi seorang melankolis bisa dibilang cukup drastis. Saat orang-orang di sekitarnya bahagia, mereka akan mengikutinya.

Namun jika lingkungannya tiba-tiba dipenuhi kesedihan, mereka juga bisa dengan mudah merasakannya.

2. Sabar

Jika tipe kepribadian koleris dikenal sebagai sosok yang suka mencari tahu informasi demi menghasilkan sebuah opini, lain halnya dengan seorang melankolis.

Alih-alih beropini, mereka biasanya lebih sabar menghadapi setiap perubahan yang ada dan melihat segala sesuatu berdasarkan fakta.

Seorang melankolis juga terlihat tenang saat menghadapi masalah sehingga dikenal sebagai sosok yang sabar.

3. Tertutup

Berbanding terbalik dengan karakter sanguinis, melankolis dikenal sebagai seseorang yang lebih tertutup. Maka, tidak jarang mereka juga dikenal sebagai seorang introvert

Meski begitu, mereka sebenarnya sangat memperhatikan lingkungan sekitarnya. Hanya saja, mereka memilih tidak berkomentar. Inilah mengapa mereka juga dikenal sebagai sosok yang pendiam.

4. Nyaman dengan rutinitas

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Creative Research Thoughts, para melancholic cenderung tidak tertarik untuk mencoba hal-hal baru dan lebih memilih untuk menikmati rutinitas yang ada.

Ini mungkin disebabkan karena perubahan mendadak bisa menyebabkan ledakan emosi yang terkadang justru berakibat buruk pada kesehatan mental mereka.

Kelebihan tipe kepribadian melankolis

sensory processing disorder

Setiap kepribadian tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi seorang melankolis, berikut adalah beberapa kelebihan yang berasal dari karakteristik mereka.

1. Kreatif

Kepekaannya dalam memahami lingkungan dan perasaan, bahkan milik orang lain, sering kali mendorong pemikiran kreatif dari seorang melancholic.

Pemikiran itu timbul dari renungan yang mereka lakukan usai menemui peristiwa yang menarik perhatian.

Dari hasil pemikiran tersebut, mungkin akan mudah bagi Anda untuk menemukan seorang musisi, penulis, atau seniman lainnya yang memiliki tipe kepribadian melankolis.

2. Setia

Bisa dikatakan, seorang melankolis suka berada dalam zona nyaman, baik itu dari segi percintaan, pertemanan, lingkungan, bahkan pekerjaan.

Rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya tidak akan membuat pemilik karakter melankolis merasa bosan. Karena sifatnya yang satu ini, mereka jadi dianggap sebagai orang yang setia.

Kepekaan yang dimiliki oleh para melancholic membuat mereka memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang-orang di sekitarnya.

Perpisahan dengan orang-orang terdekat akan membuat mereka merasakan kehilangan besar sehingga sebisa mungkin mereka menghindarinya.

3. Perencana yang baik

Kemampuan seorang melankolis dalam memperhatikan hal-hal detail di sekitarnya membuatnya menjadi seorang perencana yang baik.

Selain itu, kemauan mereka dalam memahami perasaan orang lain juga akan mendorong pemilik karakter ini untuk memberikan tugas secara adil.

Kelebihan dari seorang melankolis ini juga akan membuat mereka menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan teliti.

Kekurangan tipe kepribadian melankolis

Di samping berbagai kelebihan yang dimilikinya, seorang melankolis tentu tidak terlepas dari kekurangan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mudah overthinking

Menjadi seorang melancholic bisa membuat Anda memikirkan sesuatu secara berlebihan. Anda mungkin akan larut dalam perenungan yang terlalu dalam atau overthinking.

Bahkan, orang-orang yang baru mengenal Anda mungkin akan menganggap Anda terlihat serius dan sulit diajak bergurau.

Ditambah lagi, perasaan sensitif yang dimiliki seorang melancholic bisa membuatnya susah melupakan kesalahan seseorang. Pasalnya, hal kecil mungkin mengingatkannya akan kesalahan tersebut.

Kombinasi antara overthinking dan kesulitan untuk melupakan pengalaman buruk ini bisa saja membuat seorang melankolis lebih rentan mengalami stres hingga depresi.

2. Perfeksionis

Pada kondisi tertentu, sifat perfeksionis memang dibutuhkan. Contohnya, saat melakukan pekerjaan, seseorang idealnya ingin mendapatkan hasil terbaik atau bahkan tanpa kesalahan.

Sayangnya, ketika keinginan tersebut tidak tercapai, seorang melankolis bisa saja merasa sangat kecewa, kesal, bahkan sampai depresi.

Sikap perfeksionis mungkin juga membuat Anda kesulitan menjalin hubungan baru karena Anda menginginkan seseorang yang benar-benar memenuhi standar keinginan Anda.

3. Sulit mengambil keputusan

Kekurangan lainnya dari para melankolis adalah terlalu pemikir dan berhati-hati. Mereka sering kali merasa perlu memeriksa setiap detail berkali-kali sebelum mengambil keputusan.

Waktu yang terlalu lama untuk mengambil keputusan ini bisa membuat mereka kehilangan kesempatan untuk berkembang.

Ketidakpastian dan kekhawatiran yang terbentuk dari pemikiran para melancholic mungkin saja menghalangi mereka untuk melangkah maju dan menghadapi tantangan.

Setiap kepribadian manusia memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Meski begitu, kepribadian adalah hal yang sangat kompleks.

Dua orang dengan kepribadian yang sama bisa saja memiliki banyak sifat yang berbeda.

Oleh sebab itu, cobalah mengenal tipe kepribadian Anda. Salah satu manfaat mengenal tipe kepribadian Anda jadi tahu apa yang perlu dilakukan untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Semua hal tentang seorang melankolis

  • Tipe kepribadian yang cenderung pendiam, cukup sensitif, dan mengandalkan perasaan.
  • Kelebihan tipe ini adalah kreatif, setia, dan merupakan perencana yang baik.
  • Kekurangan tipe ini adalah mudah overthinking, perfeksionis, dan sulit mengambil keputusan.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 07/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan