home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Masing-masing orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Secara umum, terdapat empat tipe kepribadian yang dibedakan oleh perangai atau watak, salah satunya adalah melankolis. Apa yang membedakan tipe ini dengan tipe lainnya? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Mengenal tipe kepribadian melankolis

Melankolis merupakan salah satu dari empat tipe kepribadian bersama dengan koleris, sanguinis, dan plegmatis.

Anda mungkin mengira bahwa orang yang memiliki kepribadian melankolis adalah orang yang gemar menangis dan mudah tersentuh perasaannya. Namun, ternyata penjelasan mengenai tipe kepribadian ini tidak sesederhana itu.

Orang dengan tipe kepribadian melankolis dikenal sebagai seorang yang perfeksionis. Tidak hanya itu, kepribadian ini juga ditandai dengan kepekaan yang tinggi terhadap orang lain. Hal ini membuat orang dengan kepribadian melankolis dianggap sangat sensitif dan mudah berempati terhadap orang di sekitarnya.

Jika seorang koleris memiliki kecenderungan untuk menganalisis dan mencari tahu berbagai informasi untuk membentuk suatu opini, seorang melankolis melihat segala sesuatu berdasarkan fakta dan tidak suka berspekulasi.

Sementara itu, saat dibandingkan dengan seorang sanguinis yang cenderung ekstrovert, gemar bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang, melankolis justru memiliki kecenderungan introvert. Bahkan, orang dengan tipe kepribadian ini lebih suka berinteraksi dengan sedikit orang, tapi membicarakan hal-hal yang bermakna.

Di sisi lain, meski seorang plegmatis dan melankolis sama-sama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain, seorang plegmatis cenderung santai dan rileks dalam menjalani hidup. Berbeda dengan seorang melankolis yang sangat perhatian terhadap detil-detil kecil hingga tak jarang membuatnya stres dan cemas akan banyak hal.

Apa kelebihan dari seorang melankolis?

Tentu saja, masing-masing tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seorang dengan tipe kepribadian melankolis:

1. Kreatif

Tahukah Anda bahwa seorang melankolis sering kali dikenal sebagai orang yang kreatif? Maka itu, tak sedikit yang kemudian berkecimpung dalam industri kreatif, seperti seniman, musisi, hingga penulis.

Tak hanya itu, seorang melankolis juga dikenal senang melakukan segala sesuatu dengan pola pikir yang kreatif. Sebagai contoh, orang dengan tipe kepribadian ini memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan rasa pedulinya terhadap orang lain.

Bahkan, tak sedikit pula yang memiliki ide-ide kreatif yang tak terpikirkan oleh orang lain, sehingga sering kali menjadi acuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang kreatif dan menarik.

2. Tidak mudah bosan

Meski kreatif dan memiliki segudang ide menarik, para melankolis bukanlah orang yang mudah bosan. Ya, orang dengan tipe kepribadian ini tidak merasa bahwa rutinitas yang itu-itu saja bisa membuatnya merasa jenuh.

Justru, perubahan yang terlalu signifikan dapat menyebabkan perasaan yang tak nyaman bagi para melankolis. Oleh sebab itu, meski harus melakukan rutinitas yang sama dalam kurun waktu yang lama, orang dengan kepribadian ini tidak merasa terganggu atau terbatasi.

3. Motivasi diri yang tinggi

Mengingat para melankolis identik dengan sifat perfeksionis, tak heran jika mereka memiliki motivasi diri yang cukup tinggi. Biasanya, mereka membentuk motivasi dirinya melalui standar-standar yang tinggi yang dibuat sendiri.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak malas untuk mencoba berbagai cara dan metode untuk menyelesaikan satu pekerjaan yang sama. Tujuannya untuk terus meningkatkan kemampuan mereka demi melakukan yang terbaik.

Apa kekurangan dari seorang melankolis?

Tak hanya kelebihan, seorang melankolis juga memiliki kekurangan, seperti berikut ini:

1. Mudah overthinking

Seorang melankolis sangat identik dengan orang yang pemikir. Artinya, mereka bisa saja tenggelam dalam pikirannya sendiri. Bahkan, orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai orang yang serius dan tidak terlalu suka bergurau.

Maka itu, tak sedikit dari mereka yang menjadi overthinking, karena sering kali sibuk dengan pikirannya sendiri. Belum lagi, sifat yang sulit melepaskan kesalahan orang lain di masa lalu juga membuat para melankolis sering kali menyimpan dendam terhadap orang lain sehingga mudah berpikiran negatif terhadap orang-orang yang pernah menyakitinya.

2. Rentan terhadap perubahan mood ekstrem

Menurut sebuah artikel yang dimuat pada BetterHelp, orang dengan tipe kepribadian ini tergolong orang yang paling emosional dibanding tipe kepribadian lainnya. Oleh sebab itu, meski sering kali menjaga emosinya dengan baik, tak sedikit dari mereka yang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem dalam waktu singkat.

Misalnya, saat sedang merasa senang, seorang melankolis bisa saja tiba-tiba merasa amat sedih jika mengalami suatu hal buruk terjadi.

3. Cenderung perfeksionis

Sebenarnya, sifat perfeksionis tidak selalu buruk. Pada kondisi tertentu, sifat ini bisa memberikan dampak buruk kepada diri sendiri maupun orang lain. Sifat perfeksionis ini biasanya ditandai dengan memasang standar yang terlalu tinggi dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan.

Namun, saat target tidak tercapai, orang yang memiliki sifat ini bisa merasa marah, kesal, hingga stres dan depresi. Maka itu, sifat ini bisa menjadi salah satu kekurangan dari orang dengan tipe kepribadian melankolis.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Analysis of Influence of Temperament Types in Management. Retrieved 2 February 2021, from https://www.betterhelp.com/advice/temperament/17-benefits-and-traits-of-a-melancholic-temperament/

17 Benefits and Traits of Melancholic Temperaments. Retrieved 2 February 2021, from https://www.betterhelp.com/advice/temperament/17-benefits-and-traits-of-a-melancholic-temperament/

Melancholic Personality Traits. Retrieved 2 February 2021, from https://psychologia.co/melancholic-personality/

Personality Types. Retrieved 2 February 2021, from https://recatschool.eu/personality-type/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 26/02/2021
x