home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Kepribadian Anda Termasuk Koleris? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini

Apakah Kepribadian Anda Termasuk Koleris? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini

Koleris adalah salah satu dari 4 tipe kepribadian berdasarkan perangai dan watak, selain melankolis, plegmatis, dan sanguinis. Orang yang termasuk ke dalam tipe kepribadian koleris dikenal sebagai orang yang cocok menjadi pemimpin. Hal ini disebabkan kemampuannya menggunakan logika dan fakta dalam berpikir maupun berargumentasi. Apakah kamu termasuk ke dalam tipe kepribadian yang satu ini? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Mengenal lebih dekat tipe kepribadian koleris

Orang dengan tipe kepribadian koleris dianggap sebagai orang yang ambisius dalam segala hal yang dilakukan. Para koleris suka menjadi pemimpin dan memiliki kecenderungan suka mengatur atau membuat aturan.

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang-orang yang cepat dan tangkas dalam berpikir dan membuat keputusan, kompetitif, perfeksionis, independen atau mandiri, dan sangat bangga terhadap dirinya sendiri. Oleh sebab itu, seorang koleris umumnya sangat fokus dan memiliki dedikasi tinggi terhadap apapun yang dilakukannya.

Dalam kesehariannya, seorang koleris suka memimpin, atau memiliki perilaku yang gemar memerintah orang lain, sekalipun niatnya agar bisa dekat dan akrab dengan orang tersebut. Maka itu, para koleris dianggap sangat cocok menjadi seorang pemimpin.

Hanya saja, mereka dianggap tidak terlalu bisa menerima kritik dan saran, sehingga sering kali tersinggung jika ada orang lain yang memberikan kritik, sekalipun yang kritikan membangun untuk membuatnya menjadi lebih baik.

Tak heran jika orang dengan tipe kepribadian ini sudah merasa tersinggung, ia tak akan segan-segan untuk mengonfrontasi hingga mempermalukan orang yang berani memberikannya kritikan. Tak hanya itu saja, jika ada orang lain yang memiliki pendapat yang berbeda dengannya, seorang koleris akan mempertanyakan pendapat orang tersebut.

Lalu, apa perbedaan koleris dengan tipe kepribadian lainnya?

Perbedaan koleris dengan melankolis

Koleris dan melankolis sama-sama senang memiliki kontribusi di dalam masyarakat. Bedanya, seorang koleris ingin memberikan kontribusinya sebagai seorang pemimpin, sementara seorang melankolis bisa memberikan kontribusinya dalam bentuk yang lain.

Selain itu, seorang melankolis senang dikelilingi oleh orang yang disayanginya. Sebagai contoh, para melankolis senang jika bisa berada di dekat keluarganya dan melakukan apa saja dengan mereka.

Sementara itu, seorang koleris lebih senang menghabiskan waktunya sendiri dibanding jika harus berkumpul dengan orang lain tapi hanya membicarakan hal-hal yang kurang penting.

Perbedaan koleris dengan sanguinis

Para sanguinis dikenal sebagai sosok yang ramah, menyenangkan, dan memiliki banyak teman. Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ini cenderung senang berpetualang dan melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Hal ini berbeda dengan para koleris yang terlalu blak-blakan dan terus terang, hingga tak jarang menyakiti perasaan orang lain. Di samping itu, para koleris yang tidak suka berbasa-basi dianggap kurang asyik untuk diajak berteman, apalagi dibandingkan dengan para sanguinis.

tips membicarakan topik berat

Perbedaan koleris dengan plegmatis

Sedikit mirip dengan para sanguinis, plegmatis juga dianggap tipe kepribadian yang ramah. Para plegmatis sangat pengertian dengan orang-orang di sekitarnya. Tak hanya itu, para plegmatis akan berusaha untuk tetap menjaga hubungan baik dengan semua orang. Maka itu, plegmatis dianggap sangat setia dengan pasangan.

Sementara itu, para koleris yang terus terang dan dianggap kaku justru tidak terlalu suka menjaga hubungan baik dengan orang lain. Biasanya, para plegmatis hanya suka berhubungan dengan orang yang dianggapnya satu frekuensi dengannya, khususnya jika berada di dalam satu bidang profesi yang sama.

Kelebihan dari tipe kepribadian koleris

Berikut adalah beberapa karakteristik yang dianggap sebagai kelebihan dari para koleris:

1. Jiwa kepemimpinan yang tinggi

Berdasarkan University of Hawai’i Pressbooks, seorang koleris sangatlah passionate atau bersemangat dalam melakukan hal yang disukainya. Mengingat seorang koleris senang memimpin, tentu ia memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Orang dengan tipe kepribadian ini tentu berani untuk melakukan suatu perubahan besar jika memang dibutuhkan. Tak hanya itu, para koleris juga memiliki pemikiran yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi.

Sebagai pemimpin, ia bisa melakukan hal yang tepat, contohnya mendelegasikan pekerjaan kepada orang-orang yang memang mampu mengerjakan masing-masing tugas dengan baik. Bahkan, ia juga tak segan untuk membantu mengajarkan bawahannya untuk mengikuti jejak kesuksesannya.

2. Optimis

Selain memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, koleris juga sangat optimis dan percaya diri dengan apa yang sedang dikerjakannya. Mengingat mereka adalah orang yang sangat fokus, para koleris akan merancang dengan baik cara untuk meraih tujuannya dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Bahkan, sekalipun dihadapkan pada suatu kondisi yang cenderung kurang baik, para koleris masih bisa melihat segala sesuatunya dari sisi positifnya. Oleh sebab itu, mereka dianggap sangat optimis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Bisa mengambil keputusan

Tidak semua orang bisa dengan mudah mengambil keputusan, lho. Namun, hal itu tidak berlaku untuk para koleris yang sudah mengetahui apa yang ingin dilakukan dalam hidup. Oleh sebab itu, mereka sering kali sudah tahu mana keputusan terbaik yang harus diambil.

Tak hanya itu saja, jika ia merasa bahwa orang lain mengambil langkah atau keputusan yang salah, ia tidak akan segan untuk menegur orang tersebut dan meminta untuk memperbaikinya.

Sebenarnya hal ini mungkin bisa saja menimbulkan rasa tak nyaman untuk orang yang tidak terbiasa dengan sikap seperti ini. Namun, bagi mereka lebih baik membenahi yang salah daripada harus mendahulukan perasaan orang lain tapi membiarkan suatu kesalahan terjadi.

Kekurangan dari tipe kepribadian koleris

Semua orang dengan tipe kepribadian apapun pasti memiliki kekurangan. Begitu juga dengan para koleris yang memiliki kekurangan seperti berikut.

1. Manipulatif

Orang dengan tipe kepribadian koleris dikenal sangat pintar memanipulasi orang lain. Jika ia mengetahui orang lain melakukan kesalahan dan mungkin merugikan dirinya, para koleris bisa membuat orang tersebut terpojokkan hingga membuat orang tersebut memilih untuk pergi.

Namun, setelah itu, para koleris bisa membuat seolah-olah orang tersebut pergi karena kesalahannya sendiri, dan ia tidak memiliki andil apapun terhadap kejadian tersebut.

2. Suka memaksa

Orang yang memiliki kepribadian ini cenderung suka memaksa orang lain. Salah satunya memaksa orang lain untuk melakukan yang terbaik versinya. Artinya, ia bisa saja mendorong orang lain untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuannya.

Hal ini bisa sangat menyebalkan di mata orang lain karena mereka seolah tidak memberikan kesempatan untuk orang lain beristirahat sejenak. Hal ini juga membuat para koleris cenderung tidak memiliki toleransi terhadap gangguan atau kepentingan orang lain.

pacaran dengan orang narsis

3. Narsis

Percaya atau tidak, orang dengan tipe kepribadian ini juga terkenal dengan karakteristik yang sangat bangga terhadap dirinya sendiri atau bisa dibilang narsis. Namun, bukan berarti orang dengan tipe kepribadian ini sudah pasti mengalami narcissistic personality disorder, ya.

Hanya saja, mereka biasanya menganggap dirinya adalah orang yang paling berjasa dan memiliki kontribusi terbesar dalam suatu kelompok. Seolah jika tidak ada mereka, keberhasilan tidak mungkin tercapai.

Para koleris juga sering kali tidak mau meminta maaf untuk apapun yang mereka lakukan karena mereka yakin tidak pernah membuat suatu kesalahan baik besar maupun kecil.

Bahkan, untuk terbebas dari kewajibannya meminta maaf, mereka bisa saja memanipulasi perasaan orang lain dan menumpukan kesalahan pada orang yang sebenarnya tidak bersalah.

Meski begitu, hal ini tidak sepenuhnya bisa menjadi patokan dari siapa jati diri Anda sebenarnya. Jika memang Anda seorang koleris, cari tahu bagaimana memaksimalkan kelebihan yang Anda miliki dan mengurangi kekurangan pada diri Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is Personality? Retrieved 5 February 2021, from http://pressbooks-dev.oer.hawaii.edu/psychology/chapter/what-is-personality/

Four Tempereaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types. Retrieved 5 February 2021, from https://psychologia.co/four-temperaments

What is The Choleric Type? Retrieved 5 February 2021, from https://www.betterhelp.com/advice/temperament/what-is-the-choleric-temperament/

4 Most Common Temperament Type. Retrieved 5 February 2021, from https://www.betterhelp.com/advice/temperament/4-most-common-temperament-types/

What is Choleric Temperament and 6 Telltale Signs You Have It. Retrieved 5 February 2021, from https://www.learning-mind.com/choleric-temperament/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 11/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri