home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Manfaat Mengenal Lebih Dalam Tipe Kepribadian yang Anda Miliki

3 Manfaat Mengenal Lebih Dalam Tipe Kepribadian yang Anda Miliki

Pernahkah Anda mengikuti tes kepribadian? Tes ini kadang diselenggarakan oleh instansi pendidikan, perusahaan, bahkan ada pula yang kini membuatnya secara online. Setelah tes dilakukan, jawaban Anda akan mengarah pada tipe kepribadian tertentu. Rupanya, mengenal tipe kepribadian diri sendiri memiliki manfaat yang sangat penting. Apa saja?

Tujuan mengenal tipe kepribadian diri sendiri

Mengetahui tipe kepribadian memiliki beragam tujuan. Bila tes ini dilakukan instansi pendidikan, tujuannya adalah untuk menggali kemampuan dan potensi para peserta didiknya.

Sementara bagi perusahaan, tes ini merupakan cara untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai sumber daya manusia yang mereka miliki.

Lantas, apa gunanya mengetahui tipe kepribadian untuk diri sendiri? Mengenal tipe kepribadian dalam diri ternyata bisa membantu Anda mengenali diri sendiri lebih baik. Salah satunya, membantu Anda untuk mendapatkan lingkungan kerja yang mendukung.

Contohnya, orang dengan jenis kepribadian HSP (highly sensitive person) lebih cocok meniti karier sebagai akademisi, seperti guru atau dosen karena mereka cenderung lebih teliti dalam melakukan suatu hal.

Manfaat mengenal lebih dalam tipe kepribadian dalam diri

Tipe kepribadian yang Anda miliki tidak hanya cukup diketahui saja. Anda harus mempelajarinya lebih dalam supaya Anda bisa mengenal diri sendiri lebih baik dan mendapatkan beberapa manfaat, meliputi:

1. Membantu Anda memahami orang lain lebih baik

kepribadian ambivert

Mengenali tipe kepribadian yang dimiliki, membantu Anda memahami reaksi dan persepsi orang lain yang berbeda, sekalipun itu terjadi pada situasi yang sama.

Anda tidak akan lagi memaksakan pemikiran maupun pendapat Anda agar disetujui oleh orang yang memiliki tipe kepribadian berlawanan dengan Anda.

Contohnya, Anda yang ekstrovert berteman dengan orang yang introvert. Anda tentu tidak akan memaksanya ikut ke suatu acara yang melibatkan banyak orang karena itu akan membuatnya tidak nyaman.

2. Tahu kelemahan dan kelebihan diri sendiri

tipe kepribadian D

Salah satu keuntungan mengenal tipe kepribadian adalah mengetahui apa saja kelemahan diri sendiri. Paham akan kelemahan diri, memungkinkan Anda untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan tidak bertindak ceroboh pada situasi tertentu.

Anda akan menemukan cara baru untuk mendekati masalah dan mencari solusinya. Misalnya, Anda termasuk orang yang mudah panik dan cemas. Mengetahui kekurangan ini, Anda tentu bisa mempelajari cara untuk menenangkan diri agar dapat mengatasi situasi tersebut dengan baik.

Selain itu, Anda juga tahu kelebihan yang Anda miliki. Anda bisa mengembangkan kelebihan ini menjadi sebuah potensi, contohnya memperluas koneksi dengan orang banyak karena Anda orang yang cukup supel dan bisa menghidupkan suasana.

3. Tahu mana yang disukai dan tidak disukai

menjaga kesehatan pekerja kantor

Setiap orang memiliki hal yang disukai dan tidak yang berbeda-beda. Contohnya, Anda tidak menyukai suasana yang berisik atau bertemu banyak orang. Bila Anda mengetahui hal ini, tentu Anda akan menghindari hal yang bisa membuat Anda risih dan terganggu.

Ya, dengan mengenal tipe kepribadian yang dimiliki, Anda bisa menempatkan diri pada hal yang Anda sukai dan menghindari hal yang tak Anda sukai terjadi pada diri Anda.

Perkara suka dan tidak suka tidak hanya meliputi hal itu saja. Ini akan menjadi pertimbangan Anda dalam membuat keputusan, misalnya dalam memilih pekerjaan. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan akan membuat Anda lebih puas dan bahagia. Ini secara langsung berdampak dengan produktivitas dan kesehatan mental Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Huffington Post. 5 Really Good Reasons To Take A Personality Test.  Accessed on September 3rd, 2019.

Very Well Mind. Reasons to Learn More About Your Personality Type. Accessed on September 3rd, 2019.

National Public Radio. What Can A Personality Test Tell Us About Who We Are? Accessed on September 3rd, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 07/10/2019
x