backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Ciri-Ciri Orang Sanguinis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 06/06/2023

Ciri-Ciri Orang Sanguinis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apakah selama ini Anda dikenal sebagai sosok yang ceria dan menyenangkan? Jika melihat dari empat tipe kepribadian manusia, maka Anda mungkin merupakan seseorang dengan tipe kepribadian sanguinis.

Supaya lebih mengenal diri Anda sendiri, yuk cari tahu informasi lain mengenai tipe kepribadian sanguinis melalui pembahasan berikut!

Apa itu tipe kepribadian sanguinis?

Sanguinis merupakan salah satu dari empat tipe kepribadian yang dibedakan berdasarkan watak atau perilaku. Tiga kepribadian lainnya adalah plegmatis, melankolis, dan koleris.

Dibandingkan dengan tiga kepribadian lainnya, seorang sanguinis dikenal sebagai pribadi yang ceria, menyenangkan, optimistis, dan penuh dengan energi.

Bukan hanya itu, seorang sanguine juga dikenal memiliki jiwa berpetualang yang tinggi. Mereka menyukai tantangan dan sesuatu yang memciu adrenalin.

Akan tetapi, sikap optimis yang ada pada seorang sanguinis sering kali membuat mereka tidak peduli dengan pandangan orang lain.

Selain itu, memiliki kepribadian sanguinis bisa membuat Anda mudah terdistraksi. Akibatnya, Anda jadi kesulitan untuk fokus pada satu hal dalam waktu yang lama.

Ciri-ciri orang dengan tipe kepribadian sanguinis

tertawa menghilangkan stres

Di antara tiga tipe kepribadian lainnya, sanguinis biasanya menjadi yang paling mudah dikenali. Pasalnya, mereka selalu terlihat paling “berisik” dibandingkan tipe yang lain.

Anda atau orang di sekitar Anda mungkin memiliki kepribadian sanguine jika menunjukkan ciri-ciri seperti berikut.

1. Menyukai kebebasan

Memiliki kepribadian sanguinis akan membuat Anda lebih suka kebebasan daripada batasan. Bahkan, Anda mungkin tidak dapat mentoleransi batasan yang berbeda dengan pemikirannya.

Sanguine sangat berbanding terbalik dengan seorang plegmatis yang banyak mempertimbangkan pendapat orang lain saat mengambil keputusan.

Para sanguinis memang tidak akan mendorong orang lain untuk memiliki pemikiran yang sama dengannya. Hanya saja, mereka mungkin akan tetap mengikuti kemauannya.

2. Mudah memaafkan

Seorang sanguinis biasanya pelupa, begitu juga dengan emosi negatif yang sempat dimilikinya. Inilah yang membuat mereka mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Banyak dari mereka yang tidak mau berlarut dalam kesalahan di masa lalu dan berusaha untuk cepat melupakannya. Seorang sanguine biasanya juga beranggapan bahwa kesalahan merupakan tempat untuk belajar.

3. Ramah

Berteman dengan orang baru merupakan satu hal yang sangat disukai seseorang dengan karakter sanguinis.

Pasalnya, membangun percakapan merupakan salah satu keahliannya. Hal ini sangat berbeda dengan seorang melankolis yang lebih tertutup.

Bukan hanya pintar mencari teman baru, keramahan dan kemampuan seorang sanguinis untuk membuka obrolan membuatnya banyak disukai orang.

4. Humoris

Ciri selanjutnya dari kepribadian sanguine adalah humoris. Mereka dikenal memiliki selera humor yang unik, tetapi tetap menghindari candaan yang bersifat negatif atau mengandung sarkasme.

Bukan hanya mudah tertawa dengan candaan orang lain, seorang sanguinis juga pandai dalam membuat lelucon.

Tidak jarang, mereka akan menjadi yang pertama kali membuat suasana mencair karena lelucon yang dibawakannya.

Kelebihan orang dengan karakter sanguinis

pentingnya menguasai cara memilih teman yang baik

Setiap kepribadian tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi seorang sanguinis, berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari karakternya.

1. Mudah bergaul

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Education Studies, orang-orang bertipe kepribadian sanguine biasanya mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

Kelebihan tersebut tentu tidak terlepas dari rasa percaya diri yang tinggi pada diri mereka.

Ketika berada di lingkungan baru, mereka tidak akan ragu untuk memulai percakapan dan membentuk pertemanan. Inilah mengapa sanguinis biasanya juga adalah ekstrover.

2. Optimistis

Selain mudah bergaul, seorang sanguinis juga lebih optimistis akan banyak hal. Bahkan dalam kondisi yang buruk sekalipun, mereka tetap akan berupaya untuk berpikir positif.

Lagi-lagi, pemikiran itu mungkin juga didasari rasa percaya dirinya yang tinggi.

Selain itu, sanguine juga dikenal sebagai pencinta tantangan. Oleh karena itu, saat menemui kesulitan, mereka akan menganggapnya sebagai tantangan yang perlu dihadapi.

3. Mudah mengungkapkan perasaan

Beruntung bagi Anda yang dapat dengan mudah mengungkapkan perasaan layaknya seorang sanguinis. Pasalnya memendam perasaan, terutama energi negatif, justru bisa merugikan kesehatan mental.

Memiliki karakter sanguine bisa membuat Anda kesulitan untuk berbohong karena perasaan tersebut akan terpancar jelas melalui sikap, perilaku, hingga ekspresi wajah.

Kekurangan tipe kepribadian sanguinis

Di samping berbagai kelebihan yang dimilikinya, seorang sanguinis tentu tidak terlepas dari kekurangan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sulit berkonsentrasi

Ketertarikannya untuk mencoba berbagai tantangan dan hal baru terkadang membuat seseorang dengan karakter sanguinis lupa dengan apa yang sedang mereka kerjakan.

Konsentrasi mereka mudah terganggu dengan hal baru yang terlihat lebih menarik dari apa yang dimilikinya. Atas dasar sifat ini pula, seorang sanguinis sering dikira sebagai orang yang tidak setia. 

2. Impulsif

perilaku impulsif

Keingintahuan yang cukup tinggi pada para sanguinis sering kali membuatnya bertindak tanpa banyak berpikir.

Inilah mengapa mereka dikenal sebagai seseorang yang impulsif jika dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya.

Sebenarnya, tindakan ini bisa memberikan dampak positif dan membuat Anda jago memanfaatkan kesempatan. Namun, tidak jarang pula keputusan tanpa pertimbangan matang ini malah berdampak negatif.

3. Dianggap sombong

Sikapnya yang penuh rasa percaya diri dan kecenderungannya menunjukan kelebihan yang dimiliki kerap kali membuat para sanguine dikenal sombong.

Orang-orang dengan karakter ini mungkin akan memamerkan apa yang dimilikinya demi mencari perhatian dari orang lain.

Seorang sanguine sangat senang menjadi pusat perhatian. Melihat orang lain tertarik padanya akan semakin meningkatkan rasa percaya diri.

Meski begitu, kepribadian manusia adalah hal yang sangat kompleks. Dua orang dengan kepribadian yang sama bisa saja memiliki banyak sifat yang berbeda.

Nah, cobalah mengenal tipe kepribadian Anda. Salah satu manfaat mengenal tipe kepribadian Anda jadi tahu apa yang perlu dilakukan untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Semua tentang sanguinis

  • Tipe kepribadian yang identik dengan sifat humoris, mudah memaafkan, dan penuh energi.
  • Memiliki kelebihan berupa sifat optimistis, mudah bergaul, dan mudah mengungkapkan perasaan.
  • Memiliki kekurangan berupa sulit konsentrasi, impulsif, dan dianggap sombong.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 06/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan