Karakteristik Tipe Kepribadian Sanguinis, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Ada berbagai jenis kepribadian manusia. Salah satu teori yang populer adalah terdapat empat tipe kepribadian manusia, yaitu melankolis, plegmatis, koleris, dan sanguinis. Orang dengan tipe kepribadian sanguinis dikenal sebagai sosok yang ceria dan menyenangkan. Namun, apa yang membedakannya dengan ketiga tipe kepribadian lainnya? Yuk, simak penjelasan mengenai tipe kepribadian sanguinis berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan tipe kepribadian sanguinis?

Sanguinis adalah salah satu dari empat tipe kepribadian yang dibedakan berdasarkan watak atau perangai. Biasanya, tipe kepribadian ini tidak berubah sejak lahir hingga usia dewasa dan menua. Lalu apa yang dimaksud dengan sanguinis?

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis dikenal sebagai orang yang penuh energi, menyenangkan, dan ceria. Apabila mengenal orang dengan tipe kepribadian ini, Anda mungkin akan merasa bahwa orang tersebut sangatlah lincah dan sangat mudah bergaul dengan orang lain.

Namun, jika Anda termasuk seorang sanguinis, berpetualang dan melakukan hal-hal yang memicu adrenalin mungkin termasuk salah satu dari hobi yang menyenangkan bagi Anda. Tak hanya itu saja, sebagai seorang sanguinis, Anda mungkin cenderung sangat optimis dan tidak terlalu peduli dengan apa pandangan orang lain.

Meski begitu, orang dengan tipe kepribadian ini juga dikenal tidak mampu berlama-lama mengerjakan satu hal, sehingga sering kali terdistraksi dengan berbagai hal lain yang dianggapnya lebih seru dan menyenangkan. Lalu apa yang membedakan tipe kepribadian ini dengan ketiga tipe lainnya?

Perbedaan antara sanguinis dan melankolis

Pada dasarnya, ada beberapa karakter yang sama-sama dimiliki oleh seorang sanguinis maupun melankolis. Sebagai contoh, keduanya sama-sama senang bersosialisasi dan berkontribusi dalam masyarakat. Hanya saja, keduanya melakukan pendekatan yang berbeda.

Jika seorang melankolis lebih suka memberikan kontribusi yang jelas dan memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi pemimpin dalam lingkungannya, seorang sanguinis lebih senang melakukan hal-hal yang disukainya, tanpa terlalu peduli terhadap apa yang ada di pikiran orang lain.

Tak hanya itu saja, jika seorang sanguinis sangat cinta dengan petualangan, seorang melankolis justru berusaha sebisa mungkin menghindarinya. Pasalnya, seorang melankolis sangat mencintai rutinitas dan tidak terlalu suka mencoba hal baru.

Perbedaan antara sanguinis dan plegmatis

Sementara itu, sanguinis dan plegmatis bisa dibilang memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Jika seorang sanguinis sering kali melakukan banyak hal untuk membuat dirinya sendiri merasa senang, seorang plegmatis justru kebalikannya. Ya, seorang plegmatis justru akan berusaha untuk menyenangkan hati orang-orang di sekelilingnya.

Oleh sebab itu, seorang plegmatis dikenal sebagai teman dan pasangan yang setia. Hal ini cukup berbeda dengan seorang sanguinis yang mudah bosan dan selalu berusaha mencari hiburan dan kesenangan di tempat lain jika sudah merasa bosan. Tentu saja, karakteristik ini bisa memberikan dampak yang kurang baik dalam hubungan.

yang harus dibawa wanita saat traveling

Perbedaan antara sanguinis dan koleris

Bisa dibilang, perbedaan antara sanguinis dan koleris cukup mencolok. Pasalnya, seorang sanguinis mudah bergaul, menyenangkan, dan ceria tentu memiliki banyak teman. Sementara, tidak demikian bagi seorang koleris yang cenderung terus terang dan tidak pandai berbasa-basi.

Seorang koleris justru dianggap tidak menyenangkan dan bukan tipe orang yang mudah diajak berteman. Pasalnya, orang dengan tipe kepribadian koleris cenderung lebih suka membicarakan hal yang bermakna dan tidak terlalu suka membicarakan hal-hal yang terlalu ringan baginya.

Berbagai kelebihan dari seorang sanguinis

Masing-masing tipe kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini berlaku pula untuk seorang sanguinis. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian yang satu ini:

1. Mudah bergaul

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam European Journal of Education Studies, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini pasti mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung percaya diri untuk mengajak orang lain berkenalan, atau memulai percakapan baik dengan orang yang sudah dikenal maupun orang yang baru dikenalnya. Tak heran sanguinis juga bisa disebut sebagai seorang ekstrovert.

2. Optimis

Selain mudah bergaul, seorang sanguinis juga cenderung sangat optimis dalam berbagai hal. Daripada murung, galau, atau memikirkan hal yang membuatnya merasa sedih, sanguinis memilih untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi dirinya.

Bahkan, dalam menghadapi situasi yang buruk, orang dengan tipe kepribadian ini bisa lebih berpikiran positif jika dibandingkan dengan orang dengan tipe kepribadian lainnya. Maka itu, seorang sanguinis sangat menikmati hidupnya.

sikap optimis bikin panjang umur

3. Mudah mengekspresikan perasaan

Orang yang bisa dengan mudah mengekspresikan perasaannya adalah orang yang beruntung. Mengapa demikian? Daripada harus memendam perasaan marah, kesal, sedih, dan berbagai perasaan negatif yang dimiliki, tentu lebih nyaman jika bisa mengeluarkan perasaan tersebut dan segera melupakannya, bukan?

Orang dengan tipe kepribadian yang satu ini sangat mudah menunjukkan perasaannya. Oleh sebab itu, jika mengenal seorang dengan tipe kepribadian ini, Anda pasti lebih mudah memahami perasaannya karena setiap emosi yang dimilikinya akan terpancar dari sikap, perilaku, hingga ekspresi wajahnya.

Kekurangan dari seorang sanguinis

Meski demikian, sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan:

1. Impulsif

Jika dibandingkan dengan tipe kepribadian lain, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini dikenal sebagai orang yang paling impulsif. Jika  dihadapkan dengan sesuatu yang kelihatannya menarik dan menyenangkan, ia akan cenderung memilih untuk melakukannya. Namun, biasanya ia tidak memikirkan terlebih dahulu apa konsekuensi dari pilihannya tersebut.

Sebenarnya, tindakan impulsif bisa memberikan dampak positif, tapi sering kali sifat ini justru memberikan dampak negatif kepada orang yang melakukannya. Jika keputusan yang diambilnya salah, tentu hal ini dapat merugikan dirinya sendiri.

2. Suka cari perhatian

Salah satu karakteristik dari seorang sanguinis adalah gemar mencari perhatian. Jika ia merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pasangannya, ia akan mencari perhatian dari orang lain.

Hal ini tentu saja tidak hanya berhenti sampai di situ. Pasalnya, setiap kali ia merasa tidak mendapatkan perhatian, baik dari saudaranya, temannya, atau orang-orang terdekatnya, ia akan mencari orang lain yang akan memberikan perhatian yang diinginkannya tersebut.

3. Suka melebih-lebihkan sesuatu

Baik saat bercerita, berekspresi, hingga menunjukkan perasaannya, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini sering kali melebih-lebihkan. Hal ini dianggap menjadi sisi yang kurang baik dari seorang sanguinis, karena bisa jadi dalam bercerita, ia menambah-nambahkan hal yang tidak terjadi, atau dalam kata lain, berbohong.

Meski begitu, kepribadian adalah hal yang sangat kompleks. Bisa jadi, seorang sanguinis tidak sama dengan para sanguinis lainnya. Oleh sebab itu, cobalah mengenal tipe kepribadian Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Kepribadian INFP, Mulai dari Karakter Hingga Karir yang Cocok

Seseorang dengan kepribadian INFP disebut bersifat idealis dan kerap mendapat julukan The Mediator. Apa itu? Simak ulasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Mental 7 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Apakah Anda Orang yang Narsis, Sosiopat, Atau Hanya Egois?

Orang yang narsis, sosiopat, dan egois sama-sama mementingkan diri sendiri. Tapi, mana yang masih sehat dan mana yang sudah termasuk gangguan kepribadian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 7 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Anda Termasuk Orang Ambivert? Kenali 3 Cirinya

Orang dengan kepribadian ambivert memiliki sifat dan perilaku campuran dari introvert dan ekstrovert. Anda mungkin salah satunya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 5 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Apakah Kepribadian Anda Termasuk Koleris? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini

Koleris adalah kepribadian yang memiliki pemikiran berdasarkan logika, sehingga sering dianggap pemimpin. Apakah Anda seorang koleris?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental 5 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Serba-Serbi Mengahadapi Anak Introvert

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
grooming pria

Mengenal Lebih Dekat Karakteristik dari Seorang Sosiopat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Mitos Keliru Tentang Orang Introvert

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
ciri bipolar

Kenali Ciri Bipolar Disorder yang Sering Diabaikan atau Disalahartikan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit