home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Pernah mengalami benjolan tumbuh di kelopak mata tapi tidak ada rasa sakit? Itu adalah kalazion. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar minyak atau sebum (sebaceous) tersumbat di bawah kulit. Meski membentuk benjolan, kalazion bukan termasuk infeksi dan tidak berbahaya. Namun, Anda perlu ke dokter karena kondisi benjolan di kelopak mata ini bisa menghalangi penglihatan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion? Berikut langkahnya.

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion

kompres mata
Sumber: Health Beauty Idea

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, biasanya pemeriksaan dimulai dari mencari benjolan di kelopak mata yang tidak terasa nyeri.

Dokter juga akan memeriksa penyebab lain dari benjolan di kelopak mata ini, termasuk bila ada kemungkinan pertumbuhan tumor jinak atau ganas.

Sebagai langkah awal, berikut cara menghilangkan benjol di kelopak mata atau kalazion, mengutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO).

Kompres air hangat

Mengompres area benjolan di kelopak mata menjadi cara pertama untuk menghilangkan kalazion.

Rendam kain bersih di dalam air panas lalu tempelkan di kelopak mata Anda selama 10-15 menit, lakukan 3-5 kali dalam sehari.

Jaga kain tetap hangat, jadi sebaiknya rendam kain di air panas sesering mungkin ketika sudah dirasa mulai dingin. Kompres air hangat membantu untuk kelenjar minyak yang tersumbat agar lebih lancar.

Melakukan pemijatan

Memijat area kelopak mata secara lembut dengan memakai air hangat bisa membantu melancarkan saluran minyak yang tersumbat.

Sebelum melakukan pemijatan, pastikan Anda membersihkan tangan untuk mengurangi risiko infeksi mata.

Setelah kalazion atau benjolan di kelopak mata ini mulai mengering, jaga kebersihan area mata dengan tidak menyentuh mata dengan tangan.

Selain bisa membuat benjolan kembali muncul, ini juga bisa memicu datangnya infeksi.

Hindari memencet benjolan

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion yang tidak kalah penting adalah menghindari untuk memencet benjolan ini.

Memang terasa sangat mengganggu dan gemas ingin menyentuhnya, tapi kalau dipencet dan cairan di dalam benjolan sampai keluar, bisa menyebarkan infeksi di kelopak mata.

Bukan tidak mungkin kalau kalazion akan semakin meluas bila benjolan pecah dan cairannya menempel di bagian mata lain.

Pemberian antibiotik

Dalam situs resmi American Academy of Ophthalmology (AAO) dijelaskan bahwa pemberian antibiotik perlu dilakukan ketika terjadi infeksi di benjolan di kelopak mata.

Fakta seputar dari antibiotik adalah harus diberikan ketika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya tanpa resep dokter.

Suntik steroid

Sama seperti antibiotik, suntik steroid perlu diberikan dengan resep dokter. Kalazion atau benjolan di kelopak mata perlu diberikan suntikan steroid ketika terjadi pembengkakan yang menghalangi penglihatan.

Efek samping dari suntik steroid tidak main-main, sehingga harus sesuai dengan anjuran dokter.

Operasi pengangkatan benjolan

Cara ini perlu dilakukan ketika benjolan di kelopak mata sudah mulai memengaruhi penglihatan, bahkan sampai membuat mata buram.

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata ini tidak dianggap sebagai operasi besar sehingga dilakukan di ruangan dokter (bukan di ruang operasi) dengan memakai bius lokal.

Sebelum dilakukan tindakan operasi, pastikan untuk memberitahu obat apa saja yang Anda konsumsi selama ini.

Berbagai obat ini misalnya vitamin dan suplemen, obat herbal, obat dengan resep dokter, sampai ‘obat warung’ yang mudah dibeli di pasaran.

Anda juga perlu untuk menyebutkan kondisi kesehatan yang dimiliki, seperti sleep apnea misalnya yang bisa meningkatkan risiko efek samping dari anastesi atau bius yang akan diberikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chalazia and Stye Treatment. (2019). Retrieved 14 April 2020, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/chalazion-stye-treatment

Chalazion Treatment, Images, Causes, Remedies & Symptoms. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.medicinenet.com/chalazion/article.htm

Chalazion: Pictures, causes, and treatment. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/324215#home-treatment

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x