6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernah mengalami benjolan tumbuh di kelopak mata tapi tidak ada rasa sakit? Itu adalah kalazion. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar minyak atau sebum (sebaceous) tersumbat di bawah kulit. Meski membentuk benjolan, kalazion bukan termasuk infeksi dan tidak berbahaya. Namun, Anda perlu ke dokter karena kondisi benjolan di kelopak mata ini bisa menghalangi penglihatan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion? Berikut langkahnya.

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion

kompres mata
Sumber: Health Beauty Idea

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, biasanya pemeriksaan dimulai dari mencari benjolan di kelopak mata yang tidak terasa nyeri.

Dokter juga akan memeriksa penyebab lain dari benjolan di kelopak mata ini, termasuk bila ada kemungkinan pertumbuhan tumor jinak atau ganas.

Sebagai langkah awal, berikut cara menghilangkan benjol di kelopak mata atau kalazion, mengutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO).

Kompres air hangat

Mengompres area benjolan di kelopak mata menjadi cara pertama untuk menghilangkan kalazion. Rendam kain bersih di dalam air panas lalu tempelkan di kelopak mata Anda selama 10-15 menit, lakukan 3-5 kali dalam sehari. 

Jaga kain tetap hangat, jadi sebaiknya rendam kain di air panas sesering mungkin ketika sudah dirasa mulai dingin. Kompres air hangat membantu untuk kelenjar minyak yang tersumbat agar lebih lancar.

Melakukan pemijatan

Memijat area kelopak mata secara lembut dengan memakai air hangat bisa membantu melancarkan saluran minyak yang tersumbat. Sebelum melakukan pemijatan, pastikan Anda membersihkan tangan untuk mengurangi risiko infeksi mata

Setelah kalazion atau benjolan di kelopak mata ini mulai mengering, jaga kebersihan area mata dengan tidak menyentuh mata dengan tangan. Selain bisa membuat benjolan kembali muncul, ini juga bisa memicu datangnya infeksi.

Hindari memencet benjolan

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion yang tidak kalah penting adalah menghindari untuk memencet benjolan ini.

Memang terasa sangat mengganggu dan gemas ingin menyentuhnya, tapi kalau dipencet dan cairan di dalam benjolan sampai keluar, bisa menyebarkan infeksi di kelopak mata.

Bukan tidak mungkin kalau kalazion akan semakin meluas bila benjolan pecah dan cairannya menempel di bagian mata lain.

Pemberian antibiotik

Dalam situs resmi American Academy of Ophthalmology (AAO) dijelaskan bahwa pemberian antibiotik perlu dilakukan ketika terjadi infeksi di benjolan di kelopak mata.

Fakta seputar dari antibiotik adalah harus diberikan ketika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya tanpa resep dokter. 

Suntik steroid

Sama seperti antibiotik, suntik steroid perlu diberikan dengan resep dokter. Kalazion atau benjolan di kelopak mata perlu diberikan suntikan steroid ketika terjadi pembengkakan yang menghalangi penglihatan. Efek samping dari suntik steroid tidak main-main, sehingga harus sesuai dengan anjuran dokter.

Operasi pengangkatan benjolan

Cara ini perlu dilakukan ketika benjolan di kelopak mata sudah mulai memengaruhi penglihatan, bahkan sampai membuat mata buram.

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata ini tidak dianggap sebagai operasi besar sehingga dilakukan di ruangan dokter (bukan di ruang operasi) dengan memakai bius lokal. 

Sebelum dilakukan tindakan operasi, pastikan untuk memberitahu obat apa saja yang Anda konsumsi selama ini.

Berbagai obat ini misalnya vitamin dan suplemen, obat herbal, obat dengan resep dokter, sampai ‘obat warung’ yang mudah dibeli di pasaran.

Anda juga perlu untuk menyebutkan kondisi kesehatan yang dimiliki, seperti sleep apnea misalnya yang bisa meningkatkan risiko efek samping dari anastesi atau bius yang akan diberikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mata Kering

Pemakai lensa kontak sudah biasa mengalami mata kering. Tapi tahukah bahwa penyebab mata kering Anda mungkin adalah pil KB yang Anda gunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mata 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Buta Warna

Buta warna terjadi ketika Anda kesulitan membedakan warna merah, hijau, biru, atau campuran dari warna-warna tersebut. Umumnya, ini disebabkan keturunan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Rabun Jauh (Miopi)

Miopi (rabun jauh) adalah kondisi penglihatan di mana Anda tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh, tapi mampu melihat benda terdekat dengan jelas.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Abrasi Kornea

Abrasi kornea adalah kondisi saat kornea mata Anda tergores akibat benda asing. Penanganan yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
kedutan kelopak mata

Kelopak Mata Berkedut Tiba-tiba, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
Benjolan di kepala

6 Kondisi Kesehatan yang Mungkin Jadi Penyebab Benjolan di Kepala

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
funduskopi

Funduskopi (Oftalmoskopi), Pemeriksaan untuk Diagnosis Berbagai Penyakit Mata

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit