Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kalazion, Benjolan di Kelopak Mata yang Bukan Bintitan

Kalazion, Benjolan di Kelopak Mata yang Bukan Bintitan

Pernahkah Anda mengalami bintitan? Sebagian besar orang umumnya pernah mengalami benjolan menyakitkan di kelopak mata ini, ya. Namun, tahukah Anda, ada benjolan di kelopak mata yang bukan bintitan. Kondisi ini disebut juga dengan kalazion

Apa itu kalazion?

Kalazion adalah benjolan merah yang muncul perlahan di kelopak mata. Benjolan ini muncul karena kelenjar minyak (sebaceous/sebum) yang tersumbat dan bukan merupakan infeksi.

Awalnya, benjolan tumbuh sangat kecil, terasa sakit, berwarna merah, lunak, dan tampak bengkak. Dalam beberapa hari, benjolan dapat berubah menjadi tidak sakit dan tumbuh lambat seukuran kacang polong.

Benjolan ini biasanya terbentuk di kelopak mata atas, baik di kanan maupun kiri. Namun, kadang-kadang, benjolan ini juga bisa terbentuk di kelopak mata bawah.

Benjolan ini pun sering dianggap sama dengan bintil atau bintitan (hordeolum) yang terjadi karena infeksi bakteri. Padahal, benjolan di kelopak mata ini bukan bintitan.

Benjolan pada bintitan biasanya berwarna merah, terasa nyeri, dan umumnya tumbuh di bagian dalam kelopak mata atau terjadi lebih dekat ke permukaan kelopak mata.

Meski begitu, kalazion juga bisa terbentuk dari bintitan. Ini terutama terjadi bila bintitan yang Anda alami tak diobati.

Sementara itu, kalazion adalah penyakit mata yang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh orang dewasa.

Penyakit mata ini tidak umum pada anak-anak, meski mereka juga bisa mengalaminya. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Apa saja tanda dan gejala kalazion?

cara mengobati kalazion benjolan di mata

Gejala utama dari kalazion adalah adanya benjolan di area kelopak mata Anda. Namun, seperti apa benjolan pada penyakit mata ini?

Berikut adalah beberapa tanda atau gejala dari kalazion yang umum terjadi.

  • Benjolan di kelopak mata yang tampak bengkak dan merah serta biasanya tidak menyakitkan.
  • Benjolan lebih sering terjadi di kelopak mata atas, meski bisa terjadi di bawah.
  • Iritasi mata ringan, yang menyebabkan mata berair.
  • Penglihatan kabur yang umum terjadi jika benjolan cukup besar untuk menekan bola mata.
  • Benjolan biasanya menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa minggu hingga satu bulan, meski sering kambuh.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apa penyebab kalazion?

Kalazion terjadi karena kelenjar minyak di kelopak mata (kelenjar meibom) tersumbat. Kelenjar minyak ini bertugas untuk mengatur keseimbangan kelembapan di dalam kelopak mata.

Kelenjar minyak yang tersumbat oleh peradangan mulai menahan minyak dan membengkak. Akibatnya, cairan mata akan keluar dan benjolan di kelopak mata ini akan tumbuh.

Adapun beberapa kondisi medis disebut dapat menjadi penyebab dari kalazion. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dimaksud.

  • Dermatitis seboroik.
  • Rosacea, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan jerawat.
  • Blefaritis kronis atau radang kelopak mata.
  • Tuberkulosis.
  • Infeksi virus.

Selain kondisi-kondisi di atas, benjolan di kelopak mata ini juga bisa berawal dari bintitan. Pada kondisi yang jarang, kalazion mata dapat menjadi tanda adanya infeksi kulit atau kanker kulit.

Apa yang meningkatkan risiko seseorang terkena kalazion?

Kalazion dapat terjadi pada siapapun. Meski begitu, seseorang dengan kondisi-kondisi di bawah ini lebih berisiko mengalaminya.

  • Pernah bintitan atau mengalami kalazion sebelumnya.
  • Memiliki kondisi kulit tertentu, seperti jerawat rosacea atau dermatitis seboroik.
  • Diabetes atau kondisi medis lain.
  • Berusia antara 30-50 tahun.
  • Mengalami blefaritis.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

infeksi mata

Dokter spesialis mata umumnya akan mendiagnosis kondisi ini melalui beberapa tes atau pemeriksaan.

Melansir American Optometric Association, berikut adalah beberapa pemeriksaan yang umum dokter lakukan untuk mendiagnosis kalazion.

  • Riwayat pasien, yaitu dengan menanyakan gejala dan adanya masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi penyebab kondisi ini..
  • Pemeriksaan mata bagian luar, termasuk struktur kelopak mata, tekstur kulit, dan penampilan bulu mata.
  • Evaluasi mata, termasuk kelopak mata, pangkal bulu mata, dan lubang kelenjar minyak, menggunakan cahaya terang dan pembesaran.

Apa saja pilihan pengobatan untuk kalazion?

Kalazion umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apa pun dalam beberapa minggu. Meski begitu, beberapa cara berikut juga umum dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi ini.

1. Kompres air hangat

Anda bisa mengompres hangat area benjolan di kelopak mata untuk mengatasi kalazion. Kompres air hangat dapat membantu membuka kelenjar minyak yang tersumbat.

Caranya, rendam kain bersih di dalam air hangat, lalu tempelkan di kelopak mata selama 10-15 menit. Lakukanlah cara ini sebanyak 3-5 kali dalam sehari.

2. Memijat

Memijat area kelopak mata juga bisa membantu melancarkan kelenjar minyak yang tersumbat. Sebelum melakukan pijatan, pastikan Anda membersihkan tangan terlebih dahulu.

Lalu, pijat area kelopak mata selama beberapa menit menggunakan tekanan ringan hingga sedang. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari agar efektif menghilangkan sumbatan.

3. Jangan memencet benjolan

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion yang tidak kalah penting adalah menghindari untuk memencet benjolan ini.

Memencet benjolan berisiko menyebabkan lebih banyak kerusakan pada area kelopak mata. Selain itu, pastikan Anda tidak memakai makeup pada mata atau lensa kontak saat ini terjadi.

4. Pemberian antibiotik

Meski bukan bintitan yang terjadi akibat infeksi bakteri, pemberian antibiotik juga terkadang dibutuhkan untuk mengatasi benjolan di kelopak mata ini.

Namun, umumnya, pemberian antibiotik akan dokter lakukan jika terjadi infeksi akibat benjolan kalazion di kelopak mata.

5. Operasi untuk menghilangkan benjolan

Cara ini perlu dilakukan ketika benjolan di kelopak mata sudah mulai memengaruhi penglihatan atau tidak kunjung hilang dalam beberapa minggu.

Pada operasi ini, dokter akan membuat sayatan kecil di benjolan untuk mengeringkan atau menghilangkan cairan dari dalam benjolan tersebut.

Cara ini tidak dianggap sebagai operasi besar, sehingga umumnya dilakukan di ruangan dokter (bukan di ruang operasi) dengan memakai bius lokal.

6. Suntik steroid

Cara mengobati kalazion yang satu ini dilakukan jika terjadi pembengkakan yang menghalangi penglihatan. Anda hanya bisa mendapatkan pengobatan yang satu ini dengan resep dokter.

Beberapa cara di atas memang memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ke dokter jika kalazion tak kunjung sembuh dalam beberapa minggu dengan pengobatan sederhana di rumah.

Bagaimana cara mencegah kalazion?

manfaat mencuci tangan

Cara terbaik untuk mencegah kalazion adalah dengan menjaga kebersihan, terutama pada area wajah dan mata. Berikut adalah beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan.

  • Selalu cuci tangan Anda sebelum menyentuh bagian mata atau melepas lensa kontak.
  • Selalu cuci muka sebelum tidur untuk membersihkan kotoran dan makeup.
  • Hapus makeup mata sebelum tidur dan ganti maskara, eyeliner, dan eye shadow setiap 3 bulan untuk menghindari penggunaan produk riasan mata yang sudah kedaluwarsa.
  • Bersihkan tepi kelopak mata dua kali sehari dengan cotton bud dan kain lembut yang sudah dibasahi.
  • Gosok lembut area kelopak mata untuk mencegah kalazion berulang.
  • Jika Anda memiliki kondisi medis yang meningkatkan risiko terkena kalazion, ikuti anjuran dokter Anda untuk membantu mengontrolnya.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chalazion – Moorfields Eye Hospital. Moorfields.nhs.uk. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.moorfields.nhs.uk/condition/chalazion-0

Chalazion. Aoa.org. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/chalazion?sso=y

Chalazion. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/blepharitis/multimedia/chalazion/img-20008560

Chalazion: Symptoms, Causes, Treatments. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17657-chalazion

What Are Styes and Chalazia?. American Academy of Ophthalmology. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-are-chalazia-styes

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 2 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto