home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Games Menarik untuk Melatih Kemampuan Otak Lansia

6 Games Menarik untuk Melatih Kemampuan Otak Lansia

Dalam menghadapi proses penuaan, penting bagi para lanjut usia (lansia) menjaga kesehatan fisik dan mental agar tetap sehat dan bahagia. Untuk menjaga kesehatan fisiknya, disarankan lansia rutin berolahraga dengan durasi dan jenis olahraga untuk lansia yang sesuai. Lalu, apa yang bisa lansia lakukan untuk menjaga fungsi otaknya tetap baik? Mencegah penurunan fungsi otak yang menjadi bagian alami dari proses penuaan, lansia juga bisa melakukan berbagai kegiatan untuk melatih otak. Salah satunya adalah games untuk melatih kemampuan otak pada lansia. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Manfaat bermain games untuk otak lansia

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh bagi para lansia. Meski sebagian besar lansia memiliki kondisi kesehatan mental yang cukup baik, tidak sedikit pula yang memiliki risiko mengalami masalah kesehatan otak dan mental, khususnya demensia, atau penyakit pikun, dan depresi.

Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa lansia tempuh untuk menjaga kesehatan otak dan mentalnya, seperti berikut:

Namun, ternyata masih ada satu cara lain yang juga bisa lansia coba untuk mencegah berbagai masalah kesehatan mental pada usia senja, yaitu bermain games untuk lansia. Melakukan berbagai permainan menarik yang membantu lansia mengasah otak akan menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Kegiatan yang baik untuk kesehatan otak dan mental ini akan semakin mudah dilakukan oleh lansia pada lingkungan yang mendukung. Apalagi, jika membutuhkan lebih dari satu orang untuk melakukan permainan tersebut.

Pilihan games menarik untuk melatih kesehatan otak lansia

Berikut ini adalah beberapa jenis games yang bisa menjadi pilihan untuk lansia demi melatih kesehatan otak dan mental:

1. Games trivia

Salah satu jenis games atau permainan untuk membantu lansia melatih kemampuan otaknya adalah trivia games. Permainan ini biasanya melatih kemampuan para pemain untuk mengingat. Meski games ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia, permainan ini akan sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan mengingat para lansia.

Games ini memiliki banyak jenis dan kategorinya, sehingga para lansia bisa memainkannya berdasarkan tema atau topik yang menarik, misalnya tentang pengetahuan secara umum, atau tentang topik-topik tertentu saja, seperti serial televisi, film, budaya pop, musik, atau pengetahuan tentang agama tertentu.

Tidak hanya melatih lansia untuk mengingat, pada saat bermain games trivia, mereka juga bisa mempelajari fakta-fakta baru yang mungkin belum pernah lansia ketahui sebelumnya. Selain bermanfaat, permainan ini juga akan membuat lansia merasa senang jika melakukannya dengan anggota keluarga atau orang-orang terdekatnya.

2. Puzzle

Puzzle adalah permainan yang identik dengan anak-anak. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa permainan ini juga cocok dilakukan oleh orang dewasa, termasuk para lansia? Selain menyenangkan, bermain puzzle juga dapat membantu lansia dalam menstimulasi fungsi otak dalam berpikir.

Games untuk melatih kemampuan kognitif lansia ini dapat meningkatkan kemampuannya dalam problem-solving atau menyelesaikan masalah. Selain itu, permainan ini juga membantu lansia agar bisa tetap fokus karena harus memerhatikan setiap detail dalam papan puzzle.

Selain bisa lansia mainkan secara langsung, saat ini sudah terdapat banyak jenis puzzle dalam bentuk games online. Dengan begitu, lansia bisa lebih mudah untuk memainkannya melalui gadget tanpa harus repot-repot membeli puzzle di toko. Selain mudah, pilihan puzzle yang tersedia juga biasanya lebih banyak.

3. Teka-teki silang

Pada dasarnya, konsep bermain teka-teki silang (TTS) tidak jauh berbeda dengan konsep bermain puzzle. Hal yang membedakan keduanya adalah tts adalah games yang mengharuskan pemainnya menebak kata-kata dari penjelasan singkat dan menyusunnya sesuai dengan kotak-kotak yang tersedia.

Games yang satu ini tentu akan menyenangkan untuk para lansia, karena dapat membantu melatih kemampuan berpikir dan mengingatnya. Selain itu, permainan yang menggabungkan konsep tebak kata dan puzzle ini juga bisa dilakukan dalam keadaan santai.

Jika lansia ingin membuat permainan ini lebih menantang, ia bisa mengajak orang lain untuk mengerjakan teka-teki silang yang sama untuk melihat siapa yang bisa menyelesaikannya lebih cepat. Cara tersebut bisa menjadi salah satu alternatif jika ingin membuat teka-teki silang menjadi games untuk lansia yang lebih menantang.

4. Permainan papan

Para lansia juga bisa bermain permainan papan atau board games untuk melatih kemampuan otaknya agar tetap baik. Salah satu board games yang seru dan menantang adalah catur. Meski tergolong permainan lama, hingga saat ini catur masih menjadi salah satu permainan papan yang menarik hati banyak orang, termasuk lansia.

Menurut United Methodist Homes, permainan ini dapat melatih kemampuan berpikir lansia dan menjaga agar otak tetap aktif bekerja. Namun ingat, games untuk lansia yang satu ini membutuhkan lebih dari satu orang pemain. Artinya, lansia membutuhkan orang lain sebagai lawan untuk bisa memainkannya.

Selain catur, ada banyak sekali permainan papan buatan lokal yang sekarang ini semakin banyak beredar di pasaran. Tak hanya menarik, macam-macam permainan papan ini juga mengandung unsur edukasi yang dapat menambah pengetahuan bagi para lansia yang memainkannya.

5. Sudoku

Permainan yang satu ini juga tak jauh berbeda dengan teka-teki silang, bedanya sudoku berisi kotak-kotak kosong yang harus diisi dengan angka, bukan huruf. Games ini tentu akan sangat menantang sekali bagi lansia, tetapi juga bermanfaat untuk melatih kemampuan otaknya.

Sudoku memiliki aturan yang sedikit rumit dan berbeda dari teka-teki silang biasa. Oleh sebab itu, untuk memainkannya, lansia harus memiliki ketelitian yang tinggi untuk berhasil menyelesaikannya. Permainan ini juga bisa lansia temukan dalam bentuk game online, sehingga memainkannya melalui gadget juga bisa menjadi pilihan.

Mengingat tingkat kesulitannya yang sedikit lebih tinggi, lansia akan merasakan kepuasaan tersendiri jika berhasil menyelesaikan games untuk melatih kemampuan otak ini. Tak hanya itu, membutuhkan waktu yang terkadang tak sebentar untuk berhasil menyelesaikan permainan ini. Oleh sebab itu, permainan ini juga bisa menjadi obat bosan.

6. Bingo

Meski tergolong permainan lama, masih banyak orang senang bermain games yang satu ini. Selain itu, games ini juga bisa meningkatkan interaksi sosial untuk para lansia saat memainkannya bersama-sama. Ya, Bingo memang sebuah permainan yang tidak bisa dilakukan seorang diri.

Selain fleksibel, lansia bisa memainkan games ini bersama dengan orang banyak. Artinya, tidak ada batasan jumlah pemain untuk bermain Bingo. Selain baik untuk membantu meningkatkan kemampuan otak dan mental lansia, games ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Sebagai contoh, permainan Bingo dapat membantu lansia menstimulasi beberapa indera, seperti:

  • Pendengaran pada lansia, saat mendengarkan angka yang pemain lain sebutkan.
  • Penglihatan, saat mencari angka yang harus ia lingkari atau tandai dalam Bingo.
  • Sentuhan, saat harus menggunakan alat tulis dalam melingkari atau menandai angka dalam Bingo.

Tak hanya itu, permainan ini juga akan membuat lansia tidak merasa kesepian karena bisa melakukannya bersama dengan orang lain. Dengan begitu, dapat menjaga kondisi lansia sehat dan bahagia.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 Best Cognitive Games and Activities for Seniors. Retrieved 15 March 2021, from https://www.umh.org/assisted-independent-living-blog/6-best-cognitive-games-and-activities-for-seniors

Improve Memory and Mental Health: 25 Game Brain for Elderly. Retrieved 15 March 2021, from https://www.elder.org/the-elder/improve-memory-and-mental-health-25-brain-games-for-the-elderly/

How Seniors can Boost Brain Health. Retrieved 15 March 2021, from https://seniorsathome.jfcs.org/seniors-can-boost-brain-health/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 15/03/2021
x