Definisi

Apa itu angiografi karotis?

Angiografi karotis merupakan prosedur pencitraan invasif yang melibatkan dimasukkannya kateter ke dalam pembuluh darah di lengan atau kaki, dan mengarahkannya ke arteri carotid dengan bantuan mesin sinar-X khusus. Zat warna kontras diinjeksikan melalui katerer sehingga gambar sinar-X dari carotid arteri Anda (arteri yang memasok otak Anda dengan darah yang kaya akan oksigen) dapat diambil. Prosedur ini disebut “standar emas” untuk penggambaran carotid dan pembuluh darah otak.

Kapan saya harus menjalani angiografi karotis?

Dokter menggunakan angiografi karotis untuk:

  • mengevaluasi atau mengonfirmasi adanya penyempitan atau penyumbatan di arteri carotid Anda
  • menentukan risiko stroke di masa depan
  • menentukan kebutuhan untuk perawatan lebih lanjut (angioplasty atau pembedahan)
  • melakukan prosedur invasif minimal, carotid stenting, untuk memperbaiki penyempitan pada arteri karotid

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani angiografi karotis?

Magnetic resonance angiogram (MRA) atau computed tomography angiogram (CTA) bisa menjadi pilihan sebagai ganti dari angiogram. Masing-masing tes ini tidak terlalu invasif dibandingkan dengan angiogram standar.

Bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan ginjal, diabetes, atau dehidrasi, perlu diambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan ginjal. Jika Anda memiliki riwayat masalah ginjal, tes darah lainnya (kreatinin, nitrogen urea darah) akan dilakukan sebelum melaksanakan angiogram untuk memastikan bahwa ginjal Anda bekerja dengan baik. Pada kasus yang jarang, operasi diperlukan untuk memperbaiki lubang di pembuluh darah di mana kateter ditempatkan.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani angiografi karotis?

Tinggalkan semua benda berharga di rumah. Bila Anda biasanya memakai gigi palsu, kaca mata atau alat bantu dengar, jangan dipakai dulu selama prosedur. Dokter atau perawat Anda akan memberi tahu informasi spesifik terkait makanan serta minuman yang boleh Anda konsumsi sebelum prosedur. Tanyakan kepada dokter obat apa yang harus Anda gunakan saat hari pemeriksaan. Anda mungkin akan diminta untuk menghentikan pemakaian obat tertentu seperti Coumadin (warfarin, pengencer darah). Bila Anda menderita diabetes, tanyakan pada dokter bagaimana penyesuaian obat-obatan yang Anda gunakan pada hari pemeriksaan.

Beri tahu dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap sesuatu khususnya yodium, kerang, pewarna sinar-X, lateks, atau produk karet (seperti sarung tangan karet atau balon).

Bagaimana proses angiografi karotis?

Anda akan diminta untuk mengenakan pakaian khusus rumah sakit. Perawat akan memulai dengan menyuntikkan intravena (IV) ke lengan Anda sehingga obat dan cairan dapat diberikan selama prosedur.

Suhu di dalam ruangan angiografi biasanya dingin dan cahayanya redup. Anda akan berbaring di atas meja khusus. Bila Anda melihat ke atas, Anda akan melihat kamera besar dan beberapa monitor TV.

Perawat atau dokter akan membersihkan kulit Anda di tempat di mana katerer (tabung plastik kecil) akan dimasukkan (lengan atau selangkangan). Tirai steril digunakan untuk menutupi bagian tersebut untuk mencegah terjadinya infeksi. Sangatlah penting untuk menjaga lengan dan tangan Anda pada masing-masing sisi tubuh dan tidak menyentuh tirai. Elektroda (kecil, datar, lengket) akan ditempatkan pada dada Anda. Elektroda dihubungkan ke monitor elektrokardiograf (EKG) yang memantau aktivitas elektrik jantung Anda.

Anda mungkin akan diberi obat bius ringan untuk menenangkan Anda, tetapi Anda akan tetap sadar selama prosedur berlangsung. Dokter akan menggunakan anestesi lokal untuk membius bagian yang diinjeksi. Sebuah selubung plastik (tabung pendek dan berongga di mana kateter ditempatkan) dimasukkan ke dalam pembuluh darah di lengan atau pangkal paha. Sebuah kateter akan dimasukkan melalui selubung dan masuk ke arteri leher Anda (kanan dan kiri arteri carotid).

Ketika kateter sudah ditempatkan, lampu akan diredupkan dan sejumlah kecil “material kontras” akan disuntikkan melalui kateter ke dalam arteri Anda. Material kontras ini akan mewarnai pembuluh yang memberikan sirkulasi ke otak Anda. Kamera sinar-X akan digunakan untuk mengambil gambar dari arteri kepala dan leher. Anda mungkin diminta untuk menahan napas atau menengokkan kepala Anda pada arah yang berbeda ketika sinar-X diambil. Saat semua gambar telah diambil, kateter akan diangkat dan lampu akan kembali menyala.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani angiografi karotis?

Katerer dan selubung akan diangkat. Anda perlu berbaring selama beberapa jam. Anda juga perlu meminum cukup cairan untuk membersihkan bahan kontras dari tubuh Anda. Anda akan lebih sering buang air kecil.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Dokter Anda mungkin akan langsung memberi tahu beberapa hasil pemeriksaan Anda setelah tes selesai. Hasil tes yang lengkap biasanya sudah siap di hari yang sama.

Angiogram kepala dan leher
Normal: Pembuluh darah normal dari segi ukuran, bentuk, letak dan jumlah.
Zat pewarna mengalir rata melalui pembuluh darah.
Tidak terlihat penyempitan, penyumbatan, pembengkakan atau masalah lain pada pembuluh darah.
Abnormal: Penyempitan titik pada arteri bisa bermakna adanya deposit lemak, deposit kalsium, atau pembekuan yang mengurangi aliran darah ke pembuluh darah.
Posisi pembuluh darah tidak normal, menandakan adanya tumor atau pertumbuhan lainnya yang mendorong perlawanan terhadap hal tersebut.
Pembengkakan pada pembuluh darah menunjukkan adanya kelemahan dalam dinding pembuluh darah (aneurisma).
Pola pembuluh darah yang abnormal menandakan adanya tumor.
Zat warna yang keluar dari pembuluh darah menandakan adanya lubang dalam pembuluh darah.
Adanya percabangan abnormal pada pembuluh darah sejak lahir (bawaan).

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca