Kalazion

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Definisi

Apa itu kalazion?

Kalazion adalah benjolan, biasanya berukuran kecil dan tidak terasa sakit, yang berkembang perlahan di kelopak mata. Ini muncul karena tersumbatnya kelenjar sebaceous (kelenjar minyak/sebum). Kalazion umumnya bukan infeksi

Penyakit ini biasanya muncul sebagai benjolan di daerah kelopak mata yang berwarna merah, lunak, dan tampak bengkak. Dalam beberapa hari, kondisi ini bisa berubah menjadi benjolan yang tumbuh lambat seukuran kacang polong. 

Benjolan di kelopak mata ini sering dianggap sama dengan bintil atau bintitan (hordeolum), yang merupakan infeksi kelenjar minyak di kelopak mata. Padahal, kedua kondisi ini berbeda. 

Bintitan merupakan benjolan merah di kelopak mata yang terasa menyakitkan. Kondisi ini biasanya terjadi lebih dekat ke permukaan kelopak mata.

Kondisi ini dapat sembuh tanpa dilakukan pengobatan. Namun, pasien harus ke dokter karena kalazion dapat menghalangi penglihatan. 

Seberapa umumkah kalazion?

Kalazion adalah penyakit mata yang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak lebih rentan mengalami karena mereka sering mengucek mata. Anda dapat mencegah terjadinya penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. 

Silakan konsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. 

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kalazion?

Kalazion adalah kondisi mata yang mempunyai gejala terasa seperti adanya beban dari dalam mata atau bintik-bintik tumor merah pada kelopak mata. Bintil tumor berkembang secara bertahap tapi tidak terasa sakit.

Gejala benjolan di kelopak mata adalah sebagai berikut:

  • Terlalu sering mengeluarkan air mata
  • Penurunan kemampuan penglihatan atau hilangnya penglihatan
  • Sensitif terhadap cahaya, merasa tidak nyaman dengan cahaya terang

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Meskipun mata yang mengalami kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak seserius phony disease, pasien harus tetap berkonsultasi jika merasakan kelainan di kelopak mata. 

Pasien harus pergi ke rumah sakit segera mungkin jika penglihatan terganggu atau kehilangan penglihatan karena mata adalah bagian yang penting. 

Penyebab

Apa penyebab kalazion?

Kalazion adalah kondisi yang disebabkan oleh kelenjar minyak di kelopak mata (kelenjar meibom). Kelenjar minyak ini bertugas untuk mengatur keseimbangan kelembapan di dalam kelopak mata. 

Namun, kelenjar minyak ini tersumbat oleh kotoran atau akibat Anda tidak menjaga kebersihan dengan baik. Kelenjar minyak dapat tersumbat dan pecah di kemudian hari lalu meradang karena infeksi.

Penyakit ini lebih umum terjadi pada orang-orang dengan kondisi peradangan, seperti seborrhea, jerawat, rosacea, blepharitis kronis, atau peradangan jangan panjang pada kelopak mata. Kondisi ini juga sering terjadi pada orang dengan konjungtivitis virus atau infeksi yang menutupi bagian dalam dan kelopak mata. 

Benjolan pada kelopak mata yang terjadi berulang merupakan kondisi yang tidak biasa. Hal itu merupakan gejala dari kondisi yang lebih parah. Namun, ini jarang terjadi. 

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kalazion?

Kalazion adalah kondisi yang memiliki beberapa faktor risiko, antara lain:

  • Apakah ada riwayat gangguan mata sebelumnya;
  • Tangan yang tidak bersih. Kotoran dari tangan pada kelopak mata dapat meningkatkan risiko mata terlipat karena kotoran dari tangan dapat menyumbat kelenjar minyak.

Jika tidak ada faktor risiko, bukan berarti Anda tidak mengalami penyakit ini. Tanda-tanda ini hanya sebagai referensi saja. Anda harus konsultasi ke dokter spesialis untuk lebih jelasnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kalazion?

Benjolan di kelopak mata dapat pulih tanpa perawatan medis khusus. Benjolan ini pun dapat pulih dengan sendirinya dalam beberapa minggu. 

Setelah pembengkakan terjadi, pasien harus menggunakan kompres hangat yang ditempatkan pada kelopak mata untuk membantu membuka pori-pori dan mengurangi penyumbatan pada kelenjar minyak. Gunakan kompres tersebut selama 10 menit dan lakukan 4 kali sehari.

Anda dapat membuat kompres hangat dengan mencelupkan kain lembut bersih ke dalam air hangat, kemudian memerasnya. 

Selain itu, Anda juga dapat memijat lembut kelopak mata bagian luar selama beberapa menit setiap dari untuk membantu pemulihan. Setelah benjolan di kelopak mata mengering dengan sendirinya, jaga kebersihan area terkena dan jauhkan tangan dari mata Anda. 

Jika kalazion atau benjolan di kelopak mata tidak mengering dan sembuh dalam waktu sebulan, segera hubungi dokter Anda. 

Jika perlu, dokter dapat mengeluarkan kotoran dengan menggunakan tetes mata, anti-inflamasi steroid atau antibiotik.

Jangan mencoba menekan kalazion atau benjolan di kelopak mata Anda. Hal ini dapat secara tidak sengaja dapat membuat kerusakan yang lebih parah. 

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kalazion?

Dokter dapat mendiagnosis penyakit ini dengan mengamati dan memeriksa tumor pada kelopak mata. Dokter Anda dapat bertanya tentang rasa sakit atau kapan mulai timbulnya gejala untuk memastikan Anda tidak terkena phony disease, mata terlipat, atau penyakit mata lainnya. 

Dikutip dari American Optometric Association, dokter mungkin akan menanyakan:

  • Riwayat pasien, untuk menentukan gejala dan adanya masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi penyebab kalazion.
  • Pemeriksaan eksternal mata, termasuk struktur kelopak mata, tekstur kulit, dan penampilan bulu mata. 
  • Evaluasi mata, termasuk, pangkal bulu mata dan lubang kelenjar minyak menggunakan cahaya terang dan pembesaran. 

Dokter biasanya tidak memerlukan pengujian atau ahli spesialis untuk mendiagnosis kalazion, kecuali pemeriksaan klinis tidak memberikan kesimpulan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kalazion?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini:

  • Usaplah secara perlahan kelopak mata dengan kain bersih atau  kapas
  • Jagalah agar wajah, kulit kepala, alis dan tangan agar tetap bersih
  • Batasi penggunaan makeup pada mata
  • Beritahu dokter jika Anda merasakan kelainan atau gejala tidak pulih ketika telah menggunakan obat tetes mata atau obat minum yang diresepkan oleh dokter
  • Beritahu dokter jika kalazion tidak hilang setelah 2 minggu pengobatan.

Sekali lagi, jangan pernah mencoba menekan kalazion dengan tangan Anda sendiri. Pastikan juga untuk tidak menyentuh area terkena sebisa mungkin.

Benjolan di kelopak mata bukan kondisi yang dapat sepenuhnya dihindari. Namun, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda terkena kalazion, yaitu:

  • Selalu cuci tangan Anda sebelum menyentuh bagian mata. 
  • Pastikan bahwa apapun yang bersentuhan dengan mata Anda, seperti lensa kontak dan kacamata, bersih dari kotoran. 
  • Jika Anda memiliki kondisi yang meningkatkan risiko terkena kalazion, ikuti anjuran dokter Anda untuk membantu mengontrolnya. 

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Februari 24, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca