Hamil 2 Bulan: Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5-8 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Kehamilan Anda sudah masuk usia 5-8 minggu? Itu tandanya sudah masuk fase hamil 2 bulan yang masih dalam rangkaian trimester pertama kehamilan. Berbagai perkembangan janin dan tanda-tanda hamil sudah dirasakan oleh ibu di usia kehamilan ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hamil 2 bulan

Pada tahap usia kehamilan 5-8 minggu, janin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari jantung yang sudah berdetak sampai pembentukan jari tangan dan kaki. 

Untuk lebih jelasnya, berikut perkembangan janin usia kehamilan 5 minggu sampai 8 minggu, beserta perubahan tubuh dan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Hamil 5 minggu: ari-ari mulai terbentuk

hamil 2 bulan

Di usia kehamilan 5 minggu, si kecil sudah seukuran biji wijen. Di tahap ini, calon bayi sudah memiliki cukup banyak sel untuk menyusun tubuhnya.

Saat ibu hamil 2 bulan, tepatnya usia 5 minggu, tabung saraf akan membentuk sumsum tulang belakang yang membentang di sepanjang embrio. Kemudian membentuk otak dan bagian tengah tonjolan di embrio akan berkembang menjadi jantung bayi.

Lalu, ari-ari atau plasenta dan membran lainnya mulai terbentuk dan berkembang, contohnya jari. Nutrisi dari ibu akan menyebrangi ari-ari dan membran untuk memberi makan bayi di dalam kandungan.

Hamil 6 minggu: jantung janin mulai berdetak

diare tanda hamil 2 bulan

Pada perkembangan janin 6 minggu kehamilan, bayi sudah sebesar kacang dengan ukuran 2-5 mm dari puncak kepala hingga bokong.

Saat ibu hamil 6 minggu, otak dan sistem saraf janin berkembang sangat cepat. Perkembangan matanya sudah mulai terbentuk dengan ditandai titik gelap pada hasil USG. Sementara telinganya tampak berbentuk seperti lekukan kecil di sisi kepala.

Tidak hanya itu, jantung janin mulai berdetak dan dapat dideteksi melalui USG saat hamil usia 2 bulan. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi akan mulai terbentuk dengan sempurna.

Sel-sel tunas akan berkembang menjadi bakal lengan dan kaki. Ini adalah tanda bahwa perkembangan janin kehamilan 6 minggu dalam keadaan baik.

Hamil 7 minggu: janin sudah memiliki ginjal

usg kehamilan

Pada usia 7 minggu kehamilan, bayi sudah sebesar biji apel hijau dan panjangnya dua kali lipat minggu lalu, yaitu 1,27 cm.

Sebagian besar pertumbuhan terpusat pada kepala dan perkembangan otak. Kecepatan pertumbuhan sel-sel otak tidak main-main, yaitu 100 sel otak per menit.

Beberapa pertumbuhan yang sudah terjadi di usia 7 minggu yaitu:

  • ari-ari yang menghubungkan ibu hamil dengan bayi selama kehamilan sudah terbentuk.
  • Wajah bayi sedang dalam proses pembentukan. 
  • Kontur mata, hidung, mulut, telinga mulai terbentuk minggu ini. 
  • Lengan bayi akan mulai tumbuh semakin kuat.
  • Janin sudah memiliki ginjal

Ari-ari ini akan menyediakan oksigen, nutrisi, dan pembuangan kotoran untuk bayi. 

Untuk jari tangan dan kaki, tubuhnya akan membelah menjadi tangan, bahu, kaki, dan lutut. Oleh karenanya di usia kehamilan ini, si calon bayi akan terlihat memiliki dayung kecil.

Hamil 8 minggu: pembentukan jari tangan dan kaki

hamil lagi setelah plasenta previa

Di usia 8 minggu kehamilan, bayi sudah sebesar kacang merah dan panjangnya sekitar 2,7 cm. Bayi terus bergerak dan mengalami perkembangan di dalam tubuh.

Detak jantung pertama janin mulai bisa didengarkan di 8 minggu kehamilan. Degup jantungnya berdetak dengan kecepatan 150-170 kali per menit. Ini dua kali lipat lebih cepat dari orang biasa.

Berikut beberapa perubahan pada ibu dan anatomi tubuh janin yang mulai terbentuk:

  • Perut dan jenis kelamin
  • Pembentukan bibir, hidung, dan kelopak mata
  • Volume cairan ketuban meningkat
  • Ukuran rahim membesar

Di fase hamil 8 minggu, tangan dan kaki bayi baru mulai terbentuk. Namun, bayi hanya mampu menekuk siku dan pergelangan tangannya.

Mata bayi akan lebih jelas karena retina telah mulai mengembangkan pigmen.

Meski alat kelamin sudah terbentuk, tapi ini belum cukup untuk mengetahui apakah anak Anda akan berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Di perkembangan janin 8 minggu kehamilan, bibir atas calon bayi mulai terbentuk, ujung hidung dan kelopak matanya mulai terlihat meski sangat tipis.

Hal yang dirasakan saat hamil 2 bulan

obat mual saat hamil

Dalam perkembangan janin usia 5-8 minggu, ada banyak hal yang dirasakan oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya yaitu:

Mood swing (suasana hati mudah berubah)

Mood swing atau suasana hati yang mudah berubah sering terjadi saat hamil, termasuk saat hamil 2 bulan. Anda dapat merasa gembira, kesal, senang, atau bahkan tidak percaya diri. 

Terkadang, segala macam emosi dapat terjadi hanya dalam waktu beberapa saat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Di masa ini, Anda sedang dalam masa kehamilan yang merupakan titik balik besar dalam kehidupan sehingga suasana hati saat hamil tidak stabil.

Mood yang tidak menentu paling sering terjadi pada bulan kedua masa kehamilan dan terkadang fenomena ini akan kembali di bulan-bulan terakhir sebelum melahirkan.

Mengutip dari WHO, sekitar 10-12 persen wanita akan menderita depresi selama kehamilan. Jumlahnya hampir sama dengan proporsi wanita dengan depresi postpartum.

Jika ibu hamil merasa tertekan selama lebih dari dua minggu, temui dokter untuk saran dan penanganan. Kondisi ini bisa memengaruhi kondisi ibu yang sedang hamil 2 bulan.

Perubahan leher serviks

Saat hamil 2 bulan, akan ada perubahan di leher rahim (serviks). Dilansir dari laman Kids Health, selama minggu ini, rahim akan terus membesar dan kumpulan lendir serviks akan terbentuk.

Kumpulan lendir serviks ini berfungsi melindungi rahim dan mengontrol buka tutupnya rahim. Lendir serviks tersebut akan terus ada sampai serviks terbuka dan bersiap untuk melahirkan.

Payudara mulai membengkak saat hamil 2 bulan

Meski saat hamil 2 bulan ukuran calon bayi masih sekecil buah bluberi, payudara terasa nyeri dan mulai membengkak.

Anda akan mulai merasa tidak nyaman dengan bra yang biasa dipakai bahkan bisa merasa pegal. Ini disebabkan oleh hormon kehamilan, yaitu estrogen dan progesteron.

Penelitian dari Cardiovascular Psychology of Pregnancy, pembengkakan dan perubahan hormon tersebut disebabkan oleh volume darah yang meningkat sebanyak 45 persen selama hamil.

Secara fisik, tubuh memang belum terlihat seperti ibu hamil. Namun sebenarnya rahim sedang menyiapkan ruang besar sebagai rumah untuk si calon bayi selama 7 bulan berikutnya.

Puting terasa sangat sensitif, lembut, dan lebih menonjol, sehingga akan terasa sakit ketika disentuh.

Tidak hanya itu, di masa ini, warna areola juga berubah menjadi lebih gelap dan lebar untuk beberapa bulan ke depan.

Perubahan ini sangat penting agar anak bisa menyusu lebih mudah ketika baru dilahirkan.

Selera makan berubah saat hamil 2 bulan

Hamil 2 bulan ini, selera makan Anda akan berubah bahkan sampai kehilangan selera. Tidak perlu khawatir, ini adalah reaksi yang umum terjadi.

Untuk menyiasatinya, temukan makanan pengganti, misalnya tidak suka bau daging, bisa diganti dengan tahu atau tempe untuk protein pengganti.

Ini dilakukan agar gizi ibu hamil dan bayi tetap terpenuhi saat hamil 2 bulan.

Hal yang perlu diperhatikan saat konsultasi ke dokter

hamil dengan endometriosis

Saat hamil 2 bulan, dokter akan memeriksa:

Jika diperlukan, dokter akan memantau adanya komplikasi yang dapat muncul pada janin supaya bisa segera ditangani.

Beberapa tes darah dapat dilakukan selama kunjungan pertama untuk menentukan golongan darah Anda (A, B, AB atau O) dan faktor Rh (Rh positif atau Rh negatif).

Selain itu tes darah juga dilakukan untuk menentukan apakah ibu hamil masih memiliki kekebalan terhadap beberapa penyakit dari imunisasi sebelumnya, seperti rubella dan hepatitis B.

Anda juga perlu mengetahui bahwa hamil 2 bulan termasuk dalam trimester pertama dan merupakan fase awal yang cukup rentan.

Mengutip dari Mayo Clinic, sekitar 10-20 persen wanita hamil berisiko mengalami keguguran.

Biasanya, penyebab keguguran dini adalah kelainan pada kromosom atau beberapa masalah dalam pengembangan embrio. 

Jika Anda khawatir akan keguguran, fokuslah untuk mengurus diri sendiri dan janin. Konsultasikan ke dokter mengenai kondisi Anda dan janin.

Tips menjaga kesehatan saat hamil 2 bulan

susu, buah-buahan, dan sayuran sebagai pilihan makanan sehat untuk ibu hamil

Usia kehamilan 5-8 minggu adalah waktu yang rentan mengalami keguguran. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin agar tetap sehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

Tidur yang cukup

Ibu hamil sering merasa lebih mudah mengantuk. Untuk mengatasinya, luangkanlah lebih banyak waktu untuk istirahat agar tidak kurang tidur saat hamil.

Jika memungkinkan, tidurlah lebih awal agar waktu tidur bisa lebih lama. Selain tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, tidur yang cukup juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin.

Pilih makanan untuk kurangi rasa mual saat hamil 2 bulan

Rasa mual dan ingin muntah  sangat wajar terjadi di trimester pertama, termasuk saat hamil 2 bulan.

Mengutip dari Kids Health, untuk mengurangi serangan morning sickness, hindari makanan berminyak, berlemak, dan pedas. 

Selain itu, hindari pula berbagai makanan yang mungkin memicu terjadinya mual, misalnya makanan yang memiliki bau tajam seperti durian.

Rasa mual dapat membuat tidak nafsu makan. Pilih makanan yang mudah dimakan seperti bubur dan sup.

Anda bisa tambahkan mengonsumsi makanan porsi sedikit tapi sering. Porsi terlalu banyak justru akan menyebabkan perut kosong di beberapa waktu dan membuat mual lebih parah.

Untuk mengatasi mual, Anda juga bisa makan permen rendah gula, buah yang baik untuk ibu hamil, atau popcorn.

Terus bergerak

Kehamilan bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas sama sekali. Berusahalah untuk tetap bergerak dengan melakukan berbagai olahraga untuk ibu hamil yang ringan dan mudah.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah berjalan santai selama 30 menit atau berenang di pagi hari. Ini akan membuat Anda berenergi dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Konsultasikan dengan dokter jika rasa lelah tidak berkurang atau bertambah parah.

Mengonsumsi ikan di fase hamil 2 bulan

Bolehkah ibu hamil makan ikan? American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) mendorong ibu hamil untuk tetap mengonsumsi ikan, tapi tetap memilih ikan yang tidak mengandung merkuri.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi ikan yaitu:

  • Makan ikan dua sampai tiga porsi dalam seminggu dengan berbagai jenis ikan
  • Hindari ikan mengandung merkuri tinggi
  • Satu porsi makan, dianjurkan ikan hanya seberat 6 ons

Ikan yang tinggi merkuri sangat berbahaya untuk perkembangan janin, seperti mengganggu sistem saraf bayi, komplikasi persalinan, dan pertumbuhan otak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 “Fakta” Tentang Induksi Persalinan Alami yang Sering Bikin Salah Paham

Setiap ibu ingin persalinannya lancar. Namun kadang, yang terjadi malah sebaliknya. Apakah makan nanas adalah fakta atau hanya mitos induksi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Tentu kita tidak ingin memiliki anak autisme. Sebisa mungkin, kita ingin mencegahnya, bahkan sejak hamil. Apakah bisa mencegah autisme anak sedari hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab gusi bengkak

11 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit
pengertian micellar water adalah

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit