Periode Perkembangan

Pssst, Bayi Bisa Mengenali Wajah Anda Bahkan Saat Masih Dalam Kandungan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Setiap orangtua pasti selalu memantau perkembangan janin mereka. Malah, bagi sebagian orangtua, mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu adalah hal yang menyenangkan. Memang, pertumbuhan dan perkembangan janin hingga ia menjadi bayi terjadi sangat cepat dan pesat. Bahkan, saking pesatnya, bayi Anda sudah dapat melihat dan mengenali wajah ketika ia masih di dalam kandungan. Tidak percaya?  

Bagaimana bayi dalam kandungan dapat mengenali wajah?

Percaya atau tidak, janin Anda sudah dapat melihat sejak ia masih di dalam kandungan. Tak hanya sekadar melihat saja, bahkan ia mengenali bentuk wajah seseorang. Sebuah penelitian telah menyatakan hal ini mungkin saja terjadi pada bayi Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Lancaster University, Inggris, menyatakan bahwa janin sudah dapat mengenali wajah seseorang meski di dalam kandungan. Para peneliti melakukan uji coba ini dengan menggunakan USG 4D yang dianggap dapat memperlihatkan gerakan hingga wajah janin dengan jelas.

Jadi, dalam penelitian ini, peneliti mencoba memberikan rangsangan pada janin dan kemudian melihat respon janin terhadap rangsangan dari USG 4D. Terdapat dua rangsangan yang diberikan pada janin, yaitu rangsangan cahaya yang hanya berbentuk segitiga. Sementara rangsangan yang lain adalah cahaya segitiga dengan ditambahkan dua titik di dalamnya, sehingga berbentuk seperti wajah yang memiliki mata.

Lalu dari hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 39 janin mendongakkan kepalanya sebanyak 40 kali ketika diberikan  rangsangan yang menyerupai bentuk wajah seseorang. Sedangkan, janin hanya merespon sebanyak 14 kali saat rangsangan cahaya segitiga diberikan.

USG 3D

Perkembangan visual bayi dalam kandungan

Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa banyak hal yang tak terduga yang terjadi ketika masa perkembangan janin. Meskipun baru diketahui bahwa janin dapat melihat dan mengenali wajah ketika ia masih di dalam kandungan, namun memang normalnya semua janin memiliki kemampuan melihat ketika kehamilan berusia 28 minggu.

Pada usia kehamilan tersebut, kelopak mata janin akan terbuka dan mulai mengedip untuk pertama kalinya. Kemampuan visual adalah kemampuan yang terakhir dibentuk oleh sang cabang bayi, oleh karena itu saat lahir, bayi hanya dapat melihat dengan jarak sekitar 20-30 cm saja.  

Cahaya di sekitar perut bisa mengganggu janin

Para ahli juga menyatakan bahwa jangan memberikan rangsangan cahaya yang terlalu terang pada janin Anda – misalnya mendekatkan lampu ke perut ibu. Hal ini hanya akan mengganggu dan membuat janin merasa tidak nyaman, pasalnya ia sudah dapat ‘melihat’ dan menerima cahaya tersebut sebagai rangsangan.

Hal tersebut juga menandakan bahwa rangsangan apapun yang diterima akan memengaruhi perkembangan janin. telah banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa suara yang didengar janin dari luar kandungan memengaruhi kemampuan kognitifnya kelak.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 1, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca