Apakah Normal Jika Janin Aktif Bergerak Terus di Malam Hari?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sudah waktunya untuk Anda beristirahat dan tidur, tapi justru si kecil di dalam sana terus aktif menendang-nendangkan kakinya. Tidak hanya terjadi satu atau dua kali, tapi terjadi di sepanjang malam. Bagi Anda yang sedang mengalami pengalaman ini, pasti merasa senang sekaligus khawatir, apakah normal janin aktif bergerak di sepanjang malam? Coba cek dulu di artikel ini.

Janin aktif bergerak terus di malam hari bukan berarti tidak normal

Menurut American Pregnancy Association setiap bayi berbeda baik sebelum lahir maupun sesudah lahir. Pada bulan ke tujuh atau ke delapan kehamilan, Anda mungkin akan lebih sering memperhatikan gerakan janin di dalam perut. Apa yang dibilang normal atau gerakan normal pada setiap janin sangat bervariasi dan sangat berbeda. Semua gerakan janin adalah gerakan yang baik, tidak masalah kapan hal itu terjadi, baik pagi, siang, malam, atau bahkan dini hari.

Menurut Psychology Today ketika kehamilan Anda memasuki bulan ke tujuh, bayi Anda akan lebih sering tertidur, bahkan 95% waktunya di dalam sana digunakan untuk tidur. Namun, si kecil tentu masih bergerak, biasanya ia akan bergerak setidaknya 50 kali per jam. Gerakan bayi Anda bisa berubah dari hari ke hari, namun jika semakin dekat dengan tanggal kelahirannya, semakin besar kemungkinan si kecil memiliki “rutinitasnya” sendiri.

Lalu, bagaimana jika janin aktif bergerak terus di malam hari, apakah hal ini normal? Menurut American Pregnancy Association, beberapa bayi memang lebih aktif di malam hari. Tapi mungkin juga janin aktif bergerak di siang hari, hanya saja Anda tidak menyadarinya karena di siang hari Anda lebih banyak bergerak dibandingkan pada waktu malam hari yang mungkin Anda habiskan dengan duduk atau berbaring.

Anda tidak bisa merasakan gerakannya ketika Anda sibuk kecuali tendangan si kecil yang lumayan kuat hingga membuat Anda bisa merasakannya.

kualitas tidur ibu hamil

Apa penyebab bayi Anda lebih aktif pada malam hari?

Ada beberapa hal yang bisa membuat janin aktif bergerak di malam hari salah satunya karena di siang hari Anda banyak melakukan aktivitas yang membuat Anda banyak bergerak sehingga si kecil sangat nyaman untuk tidur.

Saat gerakan berhenti, janin aktif bergerak sebagai respon waspada. Janin bisa merespon suara Anda, calon ayah, dan sekitarnya ketika kehamilan Anda mulai masuk di usia tujuh bulan. Jadi, ketika Anda sedang bersantai diam sambil menonton televisi, si kecil bisa mendengarkan banyak suara baru yang berasal dari siaran televisi yang Anda tonton, hal ini membuat janin aktif bergerak.

Menurut Psychology Today, pemicu janin aktif bergerak di sepanjang malam juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti Anda makan camilan di larut malam. Jika Anda makan sesuatu yang rasa atau aromanya “kuat”, cairan ketuban Anda akan terpengaruh oleh makanan yang memiliki rasa atau aroma yang “tajam” ini dan bayi Anda kemungkinan besar akan bereaksi karena hal ini.

Membandingkan gerakan janin pada malam dan siang hari

Jika Anda khawatir janin aktif bergerak terus sepanjang malam, Anda bisa mencoba duduk dan diam sebentar di siang hari. Hidupkan televisi jika hal ini sudah menjadi kegiatan rutin Anda di malam hari. Lakukanlah kegiatan apapun yang Anda lakukan di malam hari pada waktu di siang harinya dan lihat bagaimana si kecil di dalam sana bereaksi.

Sebenarnya, ketika Anda tidak melakukan hal-hal ini, jika Anda luangkan waktu untuk memperhatikannya, si kecil lebih banyak bergerak di siang hari daripada yang Anda duga. Bahkan jika si kecil diam pada siang hari, ini bukan peranda buruk untuk Anda atau bayi Anda sepanjang janin aktif bergerak terus di malam hari. Mungkin, si kecil memang memiliki “pola uniknya” sendiri untuk aktif di malam hari. Namun, jika Anda masih merasa khawatir dan takut, Anda bisa konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi setelah melahirkan dikenal dengan istilah postpartum preeklampsia. Apa saja gejala dan bahayanya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hipertensi, Kesehatan Jantung 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil, Apa Sih Artinya?

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

Tidak sedikit wanita hamil yang belum mengetahui pentingnya yodium. Padahal, kekurangan yodium saat hamil memiliki dampak yang buruk bagi janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa Penyebab Anak dan Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tantrum pada anak bisa terjadi kapan pun di manapun, termasuk di tempat umum. Berikut cara untuk mengatasi dan mencegahnya di kemudian hari,

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ibu hamil makan daging kambing

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
potret pasangan diskusi tentang persalinan normal dan caesar

Pahami Faktor Penentu Persalinan Caesar sebagai Persiapan Sambut si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit