home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin BAB Lancar Setelah Melahirkan? Coba Kunyah Permen Karet

Ingin BAB Lancar Setelah Melahirkan? Coba Kunyah Permen Karet

Susah BAB setelah melahirkan caesar kadang menjadi sebuah mimpi buruk bagi banyak perempuan. Ini karena operasi besar semacam caesar bisa menyebabkan “sembelit” akibat penyumbatan usus yang disebut ileus. Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada satu trik sederhana, aneh tapi nyata, yang diyakini bisa membantu para ibu baru melancarkan BAB setelah melahirkan. Anda hanya perlu mampir ke warung dekat rumah untuk beli permen karet. Ya! Mengunyah permen karet digadang menjadi salah satu cara melancarkan BAB setelah melahirkan. Kok bisa?

Mengunyah permen karet melancarkan BAB setelah melahirkan caesar

Satu dari lima wanita didiagnosis dengan penyumbatan usus (ileus) setelah operasi caesar. Penyumbatan usus membuat sistem pencernaan tubuh melambat drastis atau bahkan berhenti sama sekali.

Ini menyebabkan para ibu baru mengalami tidak enak badan, kram perut, perut kembung, hingga mual-mual beberapa hari setelah operasi. Penyumbatan usus diduga terjadi akibat peradangan dari tindakan membedah perut selama caesar untuk jalur lahir bayi.

Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk jalan-jalan sebentar atau makan sesuatu segera setelah operasi untuk meredakan gejalanya. Tapi seringnya kedua gagasan ini hanya “masuk telinga kanan, keluar telinga kiri” bagi banyak ibu baru karena mual dan perasaan lemas setelah operasi membuat mereka tidak bernafsu untuk melakukan apapun.

Nah, sebuah studi terbaru dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Amerika Serikat menemukan sebuah solusi sederhana untuk mengatasi susah BAB setelah melahirkan hanya dengan mengunyah permen karet. Ini karena mengunyah permen karet bisa “menipu” tubuh agar berpikir bahwa Anda sedang makan dengan menirukan proses makan beneran.

Mengunyah tanpa harus menelan sesuatu tetap bisa membuat air liur mengalir di mulut dan membantu mengirim sinyal ke usus bahwa ada “makanan” yang datang sehingga siap untuk mulai bergerak lagi.

Hal ini dibuktikan tim peneliti setelah mengamati 17 studi berbeda yang melibatkan lebih dari 3 ribu wanita. Rata-rata partisipan wanita yang mengunyah permen karet selama 30 menit dalam 2 jam setelah keluar dari ruang operasi berhasil kentut hanya 23 jam setelahnya.

Rekor waktu yang lebih cepat 6,5 jam daripada kelompok perempuan yang sama sekali tidak mengunyah permen karet — mereka baru bisa kentut 30 jam setelah operasi.

Harus berapa kali mengunyah permen karet agar BAB lancar setelah operasi?

Kalau Anda ingin mencoba trik yang satu ini demi mengatasi susah BAB setelah melahirkan, kunyahlah permen karet dalam 2 jam setelah keluar dari ruang operasi selama 30 menit untuk 3 kali sehari. Lakukan terus sampai muncul tanda-tanda ingin kentut.

Kentut adalah salah satu tanda paling awal bahwa sistem pencernaan sudah kembali berfungsi normal. Ini merupakan sinyal bahwa tidak ada lagi penyumbatan di usus dan usus kembali bergerak seperti sedia kala. Sebaliknya, ketidakmampuan untuk buang angin bisa menandakan adanya penyumbatan usus.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why You Should Chew Gum Until You Fart After a C-Section https://www.livescience.com/59299-chewing-gum-c-section.html accessed July 24 2017
DOCTOR’S ORDERS: A CASE FOR CHEWING GUM AFTER A C-SECTION https://www.thebump.com/news/chew-gum-after-c-section accessed July 24 2017

Gum Chewing and Gastrointestinal Function Following Caesarean Delivery: A Systematic Review and Meta-Analysis. 2015 Jul;24(13-14):1795-804. doi: 10.1111/jocn.12836. Epub 2015 Apr 7. [online] Pubmed. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25850885 Accessed 25. Jul 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x