home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sebenarnya Buat Apa Pakai Birth Ball Selama Masa Kehamilan dan Persalinan?

Sebenarnya Buat Apa Pakai Birth Ball Selama Masa Kehamilan dan Persalinan?

Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk membuat Anda lebih nyaman selama masa kehamilan hingga persalinan, salah satunya dengan menggunakan birth ball. Bentuknya yang menyerupai bola untuk olahraga, membuat birth ball diyakini aman digunakan oleh ibu hamil. Lantas, apa manfaat birth ball dan bagaimana cara penggunaannya?

Apa itu birth ball?

Birth ball adalah bola berukuran cukup besar dengan bentuk yang menyerupai bola gym. Bedanya, ukuran birth ball jauh lebih besar, kira-kira bisa mencapai tinggi 65-75 cm setelah dipompa.

Birth ball dirancang khusus supaya tidak licin saat digunakan di lantai. Ini yang membuatnya aman untuk digunakan oleh ibu hamil, bahkan saat proses kelahiran.

Akan tetapi, penting untuk memastikan birth ball disimpan di tempat yang jauh dari benda tajam atau panas dari radiator, kompor, serta api.

Apa manfaat birth ball selama masa kehamilan dan persalinan?

Bukan tanpa alasan kalau birth ball banyak disarankan untuk digunakan selama masa kehamilan, maupun untuk mempermudah proses persalinan.

Manfaat birth ball saat hamil

Perut yang semakin membesar; nyeri punggung; hingga penggunaan kursi, sofa, serta kasur yang mungkin kurang nyaman, tak jarang menjadi alasan mengapa banyak ibu hamil yang susah tidur dan tidak bisa duduk dengan nyaman. Apalagi ketika sudah memasuki masa hamil tua. Nah, penggunaan birth ball bisa memberikan berbagai manfaat selama Anda hamil, seperti:

  • Membantu mengurangi sakit punggung, sehingga memudahkan Anda untuk bergerak
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim
  • Membentuk postur tubuh yang baik
  • Membantu mengurangi ketegangan otot
  • Memperbesar diameter panggul, guna mengoptimalkan proses persalinan nantinya

Manfaat birth ball saat melahirkan

Berkat ukurannya yang cukup besar dan fleksibel saat digunakan, birth ball sering dimanfaatkan untuk mempermudah ibu saat proses persalinan. Misalnya membuat posisi tubuh Anda lebih tegak yang akan membantu bayi lebih mudah lahir. Pasalnya, birth ball membantu untuk membuka panggul Anda menjadi lebih lebar.

Akhirnya, waktu persalinan pun akan jauh lebih singkat, terlebih jika Anda sudah rutin menggunakan birth ball beberapa bulan sebelum proses persalinan. Beberapa manfaat birth ball lain yang bisa Anda dapatkan, yakni:

  • Membantu meringankan nyeri selama persalinan
  • Mengurangi rasa sakit saat kontraksi
  • Meredakan kecemasan dan stres saat persalinan

birth ball

Bagaimana cara menggunakan birth ball saat proses persalinan?

Ada berbagai macam cara yang berbeda untuk menggunakan birth ball selama masa kehamilan dan persalinan. Hanya saja, saat persalinan biasanya Anda akan banyak dibantu oleh seorang doula atau orang terlatih lainnya untuk memastikan keamanan penggunaan birth ball.

Cara pertama bisa dengan duduk di atas birth ball, layanya duduk di kursi. Setelah itu, goyangkan panggul Anda dengan gerakan maju mundur atau memutar. Cara lainnya bisa dengan menempatkan birth ball di lantai, sembari Anda berlutut dan bersandar di atasnya. Ini memungkinkan tubuh Anda untuk lebih rileks selama kontraksi.

Selain di lantai, birth ball juga bisa dipakai di tempat tidur dalam posisi berbaring. Penggunaan birth ball tidak hanya memberi manfaat baik bagi ibu, tenaga medis yang mendampingi proses persalinan juga bisa ikut memberi bantuan tambahan. Misalnya memijat atau tindakan lainnya yang bisa membuat Anda lebih nyaman.

Birth ball juga bisa digunakan setelah hamil dan melahirkan

Uniknya, manfaat birth ball tidak berhenti begitu saja usai proses kelahiran. Ya, Anda masih bisa menggunakannya, terutama jika memiliki luka memar atau jahitan yang membuat kurang nyaman duduk di atas kursi biasa. Birth ball bisa digunakan di mana saja, entah di meja makan, di ruang televisi, hingga di teras rumah untuk bersantai.

Anda pun bisa memakainya berdua dengan si kecil, misalnya saat sedang menyusui ataupun menggendongnya yang sedang rewel sembari duduk di atas birth ball yang diayunkan perlahan. Ini bisa membantu untuk meredakan tangisan dan membuat si kecil lebih tenang. Jika ingin berolahraga, birth ball tak kalah efektif guna meregangkan otot sekaligus memperkuat kembali panggul Anda.

Namun jangan lupa, sebelum memutuskan untuk menggunakan birth ball, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Using A Birthing Ball. https://www.babycentre.co.uk/a1048463/using-a-birthing-ball Accessed 2/7/2018.

Birthing Balls: What Are They and How Do I Use One? https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/birth/labour-and-birth/birthing-balls Accessed 2/7/2018.

Birthing Ball. http://www.pregnancy.com.au/birth-choices/active-birth/birthing-ball.shtml Accessed 2/7/2018.

Birth Ball for Pregnancy, Labor, and Birth. https://www.verywellfamily.com/birth-ball-for-pregnancy-labor-and-birth-2759033 Accessed 2/7/2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 22/07/2018
x