Kapan Bisa Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Setelah sekian lama minum pil KB, sekarang Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan. Yang kini jadi pertanyaan adalah, apakah saya bisa hamil setelah berhenti KB? Kalau ya, seberapa cepat bisa hamil setelah menghentikan resepnya? Berikut jawabannya.

Apakah pil KB menurunkan kesuburan wanita?

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin (progesteron buatan) yang bekerja mencegah pembuahan antara sel telur dan sperma. Faktanya, kontrasepsi minum ini tidak memengaruhi kesuburan wanita. Bahkan meski Anda telah mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama.

Dr. Jennifer Landa, MD, Kepala Dinas Kesehatan BodyLogicMD dan penulis The Sex Drive Solution for Women: Dr. Jen’s Power Plan to Fire Up Your Libido, dilansir dari Everyday Family, mengatakan bahwa dalam beberapa kasus tertentu, pil KB justru dapat memperkuat kesuburan, terutama pada wanita yang tadinya punya siklus haid tidak teratur tapi kini jadi normal setelah minum KB.

Seberapa cepat saya bisa hamil setelah berhenti KB?

Anda sebenarnya bisa langsung hamil lagi setelah berhenti minum pil KB dosis reguler atau yang dosis rendah. Namun, dilansir dari Mother and Baby, dr. Helen Strokes-Lampard dari Royal College of General Practitioners mengatakan bahwa jika Anda memang berencana untuk hamil setelah berhenti KB, sebaiknya tunggu dulu sampai Anda kembali menstruasi seperti normalnya. Menunggu bertujuan untuk mengetahui kapan masa ovulasi Anda.

Anda akan kembali menstruasi seperti sedia kala setelah beberapa hari sampai sekitar 2 minggu berhenti minum pil KB. Namun, beberapa wanita mungkin perlu satu hingga 3 bulan untuk mulai menstruasi lagi. Keduanya normal.

Beberapa wanita juga mungkin mengalami bercak perdarahan selama beberapa hari setelah lepas dari pil KB, ini juga hal yang normal tapi bukan pertanda Anda sudah kembali haid. Perdarahan ini lebih disebabkan karena efek hormon yang telah meninggalkan siklus Anda yang sebelumnya.

Kebanyakan wanita bisa hamil di 3 bulan pertama setelah berhenti minum pil KB, setelah yakin siklus haid mereka kembali berjalan seperti biasa. Sementara sebagian lainnya dapat hamil lagi dalam rentang waktu 12 bulan setelah berhenti KB oral.

Pada intinya, tidak ada tolak ukur pasti untuk mengukur seberapa cepat Anda akan langsung hamil setelah berhenti minum pil KB. Kembali lagi, peluang hamil Anda sedikit banyak ditentukan oleh keadaan tubuh Anda dan bagaimana siklus menstruasi Anda sebelum mengonsumsi pil KB.

Tips cara cepat hamil setelah berhenti minum pil KB

Setelah Anda berhenti KB, Anda mungkin bisa langsung hamil setelah melakukan hubungan seksual di waktu yang tepat. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda lebih dulu mengetahui kapan tepatnya masa ovulasi alias masa subur Anda sebelum memutuskan berhubungan seks.

Ingat, pelepasan sel telur umumnya hanya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur Anda hanya terjadi selama beberapa hari. Masa subur adalah waktu terbaik untuk berhubungan seksual agar Anda cepat hamil. Maka, sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan ini.

Anda bisa mulai berhubungan seksual di 12-14 hari sebelum hari haid pertama Anda. Namun, peluang Anda untuk cepat hamil akan lebih tinggi jika Anda berhubungan seks di sekitar 3 hari sebelum sel telur Anda dilepaskan. Ini adalah masa paling subur Anda. Pasalnya, sperma dapat bertahan hidup 3-6 hari dalam tubuh wanita, sedangkan telur hanya mampu bertahan hidup sehari.

Oleh karena itu, berhubungan intim dengan pasangan sebelum waktu ovulasi Anda akan meningkatkan peluang bertemunya sperma dan sel telur dalam rahim Anda. Untuk dapat mempercepat kemungkinan kehamilan, Anda bisa meningkatkan frekuensi melakukan hubungan intim dengan pasangan, di tengah masa ovulasi Anda.

Selain itu, mengurangi konsumsi rokok dan minuman beralkohol, serta rutin mengonsumsi vitamin sebelum hamil atau suplemen asam folat untuk membantu tubuh mempersiapkan diri menyambut kehamilan

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca