home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Manfaat Jika Sering Makan Yogurt Saat Hamil

Ini Manfaat Jika Sering Makan Yogurt Saat Hamil

Saat hamil, banyak dari Anda mungkin sangat mengkhawatirkan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Beberapa makanan bisa membuat Anda menjadi lebih berisiko terkena masalah saat hamil. Contohnya saja, seperti makanan mentah dan makanan yang tidak dipasteurisasi. Lalu, bagaimana dengan makan yogurt saat hamil? Apakah aman?

Apakah aman makan yogurt saat hamil?

Yogurt merupakan salah satu produk fermentasi susu. Bakteri tertentu sengaja dimasukkan ke dalam susu, sehingga menjadi yogurt. Rasa asam yang dimiliki yogurt terjadi karena bakteri yogurt menghasilkan asam laktat yang bereaksi dengan protein susu. Apakah yogurt melalui proses pasteurisasi? Jawabannya adalah ya. Sebagian besar produk yogurt sudah mengalami proses pasteurisasi sehingga aman dimakan oleh ibu hamil.

Yogurt seperti apa yang harus dihindari saat hamil?

Jangan sekali-kali memakan yogurt yang belum mengalami proses pasteurisasi atau terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi. Ini dapat membahayakan Anda karena bisa saja mengandung bakteri jahat. Penting bagi Anda untuk selalu membaca label produk yogurt sebelum membelinya. Yogurt yang dibuat sendiri atau dibuat oleh industri rumahan biasanya belum dipasteurisasi.

Selain itu, pilihlah yogurt yang tidak mengandung lemak tinggi (full-fat). Yogurt jenis ini mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Terlalu banyak kandungan lemak juga dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan berlebih. Sebaiknya pilih yogurt dengan kandungan lemak rendah atau bebas lemak.

Apa saja manfaat makan yogurt saat hamil?

Yogurt merupakan salah satu sumber makanan sehat. Yogurt merupakan pilihan baik untuk Anda konsumsi sebagai makanan selingan atau snack. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari yogurt. Apa saja?

Membantu mencukupi nutrisi yang Anda butuhkan

Seperti yang sudah sering Anda dengar, yogurt merupakan salah satu sumber kalsium. Ya, kalsium terdapat dalam yogurt karena yogurt terbuat dari susu. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang Anda saat hamil. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain kalsium, yogurt juga mengandung banyak protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel baru dan perbaikan sel. Vitamin dan mineral yang banyak Anda butuhkan selama kehamilan juga banyak terkandung dalam yogurt.

Meningkatkan kesehatan pencernaan Anda

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik. Probiotik sendiri dapat memberikan manfaat yang banyak bagi Anda. Bakteri baik dalam yogurt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda selama kehamilan, meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap makanan, dan juga dapat mencegah Anda dari sembelit. Kemampuan pencernaan Anda bisa menurun selama kehamilan, sehingga Anda mungkin membutuhkan yogurt untuk meningkatkannya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hendrickson, K. (2013). Can I Eat Yogurt During Pregnancy?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/302993-can-i-eat-yogurt-during-pregnancy/ [Accessed 1 Feb. 2017].

Yogurt During Pregnancy – New Kids Center. [online] Available at: http://www.newkidscenter.com/Yogurt-During-Pregnancy.html [Accessed 1 Feb. 2017].

Ghosh, M. (2016). Yogurt During Pregnancy – Is It Safe To Consume?. [online] MomJunction. Available at: http://www.momjunction.com/articles/safe-eat-yogurt-pregnancy_0086568/#gref [Accessed 1 Feb. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 09/02/2017
x