backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Sering Mual Saat Minum Vitamin Hamil? Begini Cara yang Benar

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 14/07/2021

Sering Mual Saat Minum Vitamin Hamil? Begini Cara yang Benar

Vitamin untuk kehamilan sering dianjurkan oleh dokter demi kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Sayangnya, Anda mungkin merasa mual setelah minum vitamin. Lalu bagaimana tips meminum vitamin untuk ibu hamil agar tidak mual? Simak pembahasannya di sini!

Kenapa vitamin untuk bisa membuat mual?

vitamin e untuk rambut

Banyak keluhan pada masa hamil dan kondisi ini membuat Anda merasa tidak nyaman. Rasa mual saat hamil, terutama pada trimester pertama sangatlah rentan terjadi.

Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman. Bahkan akan bertambah parah jika Anda telah minum vitamin. Lantas, mengapa vitamin bisa membuat mual?

Mengutip Cleveland Clinic, dokter spesialis gastroenterologi, Christine Lee menjelaskan bahwa vitamin dan suplemen dapat memperburuk kondisi orang yang memiliki masalah pada pencernaannya, seperti asam lambung naik, gastritis, dan sindrom iritasi usus besar.

Itulah sebabnya, ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness dan masalah pencernaan lainnya mungkin akan merasakan sensasi yang tidak menyenangkan setelah minum vitamin.

Meski begitu, bukan berarti Anda memutuskan untuk tidak minum vitamin sama sekali saat hamil. Pasalnya, dalam kondisi tertentu, Anda tidak selalu bisa mengandalkan makan makanan bergizi yang banyak. 

Sementara, ibu hamil membutuhkan sejumlah nutrisi untuk kesehatan Anda dan buah hati. Vitamin yang dibutuhkan antara lain, asam folat, vitamin B 6, zat besi, lemak omega tiga, dan kalsium.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar tidak mual adalah dengan mematuhi aturan minum vitamin dan mengikuti tips meminum vitamin untuk ibu hamil yang benar.

Bagaimana tips meminum vitamin untuk ibu hamil agar tidak mual?

vitamin A untuk ibu hamil

Sebenarnya, kondisi mual dan muntah bukanlah penghalang untuk meminum vitamin saat hamil. Justru, suplemen tersebut semakin dibutuhkan karena asupan makanan terhambat karena ibu sering memuntahkan makanan,

Vitamin juga akan sangat dibutuhkan jika kondisi Anda tidak mengalami peningkatan berat badan yang normal selama hamil. 

Kondisi ini bisa saja terjadi sebab terkadang tubuh ibu tidak langsung menerima asupan gizi yang masuk dari luar, melainkan menolaknya atau merasakan mual saat mengonsumsi makanan tertentu.

Dengan minum vitamin diharapkan dapat membantu menambah gizi pada ibu dan jabang bayi. 

Lalu bagaimana tips meminum vitamin untuk ibu hamil agar tidak jadi mual? Cobalah cara-cara berikut.

1. Jangan biarkan perut kosong sebelum minum vitamin

Christine Lee, MD mengatakan bahwa minum vitamin saat perut kosong dapat mengganggu saluran pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebelum minum vitamin, pastikan dulu perut Anda sedikit terisi makanan.

Cobalah makan kue kecil atau roti dengan porsi sedikit sehingga perut sedikit terbiasa dan tidak langsung menolak vitamin yang masuk.

2. Makan satu sendok kecil gula manis

Rasa pahit, keset, dan padat  dari vitamin sulit untuk ditelan dan dapat menimbulkan reaksi mual pada ibu hamil

Untuk mencegah Anda memuntahkan vitamin yang sudah diminum, maka disarankan untuk menghisap satu sendok teh gula pasir murni dalam mulut. Tujuannya untuk mengusir rasa pahit sehabis menelan vitamin.

3. Pilih vitamin dengan rasa favorit

Indra pengecap Anda akan lebih menerima rasa yang Anda sukai. Salah satu tips meminum vitamin untuk ibu hamil yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi vitamin dengan rasa favorit Anda.

Tanyakan pada dokter tentang merek atau jenis vitamin hamil yang menyediakan rasa tersebut.

4. Pilih vitamin yang bisa dikunyah

Selain memilih rasa favorit, Anda juga bisa memilih vitamin dengan tablet yang bisa dikunyah dengan rasa yang manis. Cara ini dapat memudahkan Anda untuk mengonsumsi vitamin agar tidak mual.

Tanyakan pada dokter apakah tersedia vitamin dalam bentuk tersebut.

5. Minum air hangat dengan perasan lemon

Sebelum ibu menenggak vitamin, ada baiknya ibu meminum air hangat dengan perasan lemon, bisa ditambahkan sedikit madu. 

Air yang hangat dapat melemaskan otot tubuh yang tegang sehingga dapat menerima butiran vitamin pada kerongkongan hingga lambung nantinya. 

Wangi lemon juga dapat membuat rileks badan dan kandungan vitamin C dari lemon sangat bermanfaat bagi tubuh dan bayi yang dikandung

6. Mencampurkan vitamin dengan makanan

Tips meminum vitamin untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan. Tujuannya agar rasa pahit vitamin tersamarkan.

Anda bisa membuka kapsul vitamin atau menghancurkannya menjadi bubuk lalu memasukkannya ke dalam makanan atau minuman yang Anda suka saat hamil.

7. Minumlah vitamin secara bertahap

Saat hamil, dokter mungkin meresepkan beberapa jenis vitamin. Sebaiknya Anda tidak meminum semuanya sekaligus dalam satu waktu agar tidak mual.

Cobalah untuk meminumnya dengan bertahap, ada yang diminum saat pagi, siang, dan malam jika dosisnya hanya 1 kali sehari. Anda juga bisa memberikan jeda sekitar 1 atau 2 jam antara satu vitamin dengan vitamin lainnya.

8. Hindari minum vitamin sebelum berolahraga

Tips meminum vitamin untuk ibu hamil selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih waktu yang tepat. Hindari minum vitamin sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Dr. Lee menjelaskan, jika berolahraga setelah minum vitamin dapat memicu asam lambung naik dan rasa terbakar dalam perut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 14/07/2021

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan