home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Mual Saat Minum Vitamin Hamil? Begini Cara yang Benar

Sering Mual Saat Minum Vitamin Hamil? Begini Cara yang Benar

Banyak keluhan pada masa hamil, kdan ondisi ini membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Rasa mual pada awal trimester kehamilan sangatlah rentan terjadi. Dalam kondisi tertentu, ibu hamil tidak selalu bisa mengandalkan makan makanan bergizi yang banyak. Vitamin untuk kehamilan sering dianjurkan dokter demi tumbuh kembang kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Vitamin yang dibutuhkan antara lain, asam folat, vitamin B 6, zat besi, lemak omega tiga, dan kalsium.

Kenapa vitamin hamil bikin mual?

1. Hormon dalam tubuh meningkat

Pada wanita hamil, hormon esterogen yang meningkat akan mengakibatkan kambuhnya asam lambung sewaktu-waktu. Kondisi ini membuat ibu hamil dalam posisi serba tidak nyaman. Ibu hamil butuh asupan vitamin saat kondisi mual, tetapi ibu hamil juga akan mual setelah meminum vitamin.

2. Metabolisme tubuh berubah

Saat hamil, metabolisme dalam tubuh ibu pun berkurang. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap imun tubuh seseorang, tak jarang ibu hamil akan merasakan badan yang kurang sehat disertai mual berlanjut.

BACA JUGA: Menjalani Kehamilan Saat Anda Positif HIV

3. Hormon HCG

Hormon ini muncul setelah janin dalam rahim terbentuk. Lapisan plasenta dan ari-ari bayi mulai muncul sehingga membawa perubahan bagi tubuh ibu hamil disertai dengan rasa mual dan muntah.

4. Tersedak

Hamil muda maupun hamil tua berpengaruh pada tubuh ibu dalam menerima sesuatu yang masuk ke dalam perut. Pada masa hamil besar, janin yang mulai memenuhi rahim serta area perut ibu akan mendesak saluran dan organ pencernaan lainnya. Inilah alasan ibu hamil sulit untuk tidak mual saat meminum vitamin.

Bagaimana cara minum vitamin hamil agar tidak mual?

Ibu hamil dirasa perlu mendapatkan vitamin, apabila pada trimester kehamilannya mengalami mual dan muntah yang parah sehingga menyebabkan asupan makanan terhambat. Atau, jika kondisi ibu hamil yang bermasalah dengan kurangnya penambahan berat badan sesuai dengan usia. Saat hamil, tidak serta merta tubuh ibu menerima asupan gizi yang masuk dari luar, kadang tubuh juga bereaksi dengan menolaknya atau merasakan mual saat mengonsumsi vitamin.

Bagaimana tips meminum vitamin untuk ibu hamil agar tidak jadi mual?

BACA JUGA: 10 Alasan yang Membuat Anda Perlu Menunda Kehamilan

1. Jangan biarkan perut kosong sebelum minum vitamin

Vitamin diperlukan ibu hamil untuk menambah gizi dari makanan yang tidak bisa dimakan ibu. Umumnya, para ibu dengan usia kehamilan awal sulit menerima makanan, dengan mengonsumsi vitamin diharapkan membantu menambah gizi pada ibu dan jabang bayi. Mual saat menelan vitamin hamil? Pastikan dulu perut Anda sedikit terisi makanan, coba makan kue kecil atau roti dengan porsi sedikit sehingga perut sedikit terbiasa,tidak langsung menolak vitamin yang masuk.

2. Makan satu sendok kecil gula manis

Rasa pahit, keset, dan padat dari vitamin sulit untuk ditelan dan dapat menimbulkan reaksi mual pada ibu hamil. Diarankan setelah minum vitami mengonsumsi satu sendok teh gula pasir murni dalam mulut untuk mengusir rasa pahit sehabis menelan vitamin

3. Pilih vitamin dengan rasa favorit

Dengan menggunakan rasa yang disukai, tubuh seseorang akan sedikit menerima jika pada indera pengecap didapat rasa yang disukai. Saat hendak membeli vitamin, pilihlah vitamin dengan pilihan rasa yang Anda sukai.

4. Minum air hangat dengan perasan lemon

Sebelum ibu menenggak vitamin, ada baiknya ibu meminum air hangat dengan perasan lemon, bisa ditambahkan sedikit madu. Air yang hangat dapat melemaskan otot tubuh yang tegang sehingga dapat menerima butiran vitamin pada kerongkongan hingga lambung nantinya. Wangi lemon juga dapat membuat rileks badan dan kandungan vitamin C dari lemon sangat bermanfaat bagi tubuh dan bayi yang dikandung

5. Konsumsi buah dingin sebelum minum vitamin

Vitamin diminum ibu hamil untuk memenuhi asupan gizi yang tidak bisa didapat dari makanan normal. Jika masih mual, cobalah untuk mengonsumsi buah dingin sebelum minum vitamin. Sensasi dingin dan rasa menyegarkan dari buah dipercaya dapat mengusir rasa mual setelah minum vitamin nantinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Prenatal Vitamins and vomitting http://www.babycenter.com/400_prenatal-vitamins-and-vomitting_1900409_205.bc  Diakses pada 10 Januari 2017

Deal vomitting pregnancy http://www.top10homeremedies.com/how-to/deal-vomiting-pregnancy.html Diakses pada 10 Januari 2017

Pregnancy nausesa http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-blog/pregnancy-nausea/bgp-20055827 Diakses pada 10 Januari 2017

Preganancy Vomitting http://www.emedicinehealth.com/pregnancy_vomiting/page6_em.htm Diakses pada 10 Januari 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 13/01/2017
x