home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Amankah Bila Ibu Minum Obat Nyeri Saat Hamil?

Amankah Bila Ibu Minum Obat Nyeri Saat Hamil?

Minum obat nyeri saat hamil dapat mempengaruhi fungsi reproduksi jangka panjang janin sebelum atau setelah melahirkan. Obat nyeri umumnya mudah didapatkan di warung atau di apotek (tanpa resep dokter). Baiknya sebelum dikonsumsi, masyarakat harus sadar mengenai akibat yang berdampak pada kesehatan hormon dan reproduksi. Sakit kepala, nyeri atau demam terkadang dialami ibu hamil. Kondisi hamil memang rentan terhadap penyakit, bahkan kelelahan.

Obat pereda nyeri merupakan salah satu alternatif singkat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Sebuah studi meneliti bahwa efek dari tablet paracetamol 500 mg yang diminum saat kehamilan lebih besar efeknya daripada terpapar langsung oleh 10 bahan kimia. Penjelasan fisiologis lainnya menjelaskan, obat pengilang rasa sakit dampak berdampak kepada hormon testosteron janin sejak dalam kandungan (jika janinnya laki-laki).

Obat nyeri apa yang aman diminum saat hamil?

Kementerian Kesehatan tidak menyarakankan mengonsumsi ibuprofen pada kehamilan usia trimester ketiga, karena ada risiko pada jantung yang menyebabkan tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi jumlah cairan ketuban pada kandungan. Baiknya jika nyeri ibu hamil tidak tertahankan, Anda bisa menggunakan paracetamol untuk meredakan nyeri tersebut.

Paracetamol juga dapat digunakan jika ibu hamil mengalami demam dengan kenaikan suhu yang tinggi. Tetapi dengan catatan, minum obat nyeri saat hamil dapat dikonsumsi dengan dosis rendah dan tidak dalam jangka waktu lama selama kehamilan.

Obat nyeri apa yang harus dihindari saat hamil?

Obat yang paling baik adalah obat yang tidak memengaruhi kehamilan dan janin itu sendiri. National Health Service menyarankan selama kehamilan hindari obat-obatan non-steroid seperti ibuprofen atau aspirin.

Adakah cara lain selain minum obat nyeri saat hamil?

Ada beberapa metode alami yang bisa meredakan nyeri, salah satunya adalah menghirup bunga arnika. Bunga tersebut dapat Anda coba gunakan untuk menghilangkan rasa sakit dengan aroma yang dapat menenangkan saraf-saraf serta ketegangan akibat rasa sakit yang reda. Anda juga dapat mengompres dengan kompresan plastik berisi es pada bagian yang sakit. Tetapi lebih baiknya ibu hamil melakukan konsultasi ke dokter demi kesehatan ibu dan janin.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Taking Medicine During Pregnancy http://www.webmd.com/baby/guide/taking-medicine-during-pregnancy#1 Diakses pada 1 Februari 2017

Taking pain killers during pregnancy can affect health of baby http://www.medicaldaily.com/taking-pain-killers-during-pregnancy-can-affect-health-baby-234422 Diakses pada 1 Februari 2017

Narcotic Painkillers in Pregnancy Common Harmful To Baby http://www.webmd.com/baby/news/20150413/narcotic-painkillers-in-pregnancy-common-harmful-to-baby-study#1  Diakses pada 1 Februari 2017

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 10/02/2017
x