backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

9 Merk Bedak Terbaik dan Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 17/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    9 Merk Bedak Terbaik dan Aman untuk Ibu Hamil

    Kehamilan memang membuat Anda harus lebih selektif dalam berbagai hal, tidak terkecuali memilih bedak untuk makeup. Tidak sekedar mempercantik kulit wajah, Anda juga harus memilih bedak yang aman bagi ibu hamil dan janin.

    Masih bingung memilih merk bedak yang aman untuk ibu hamil? Simak informasi berikut untuk mengetahui tips memilih dan rekomendasinya!

    Cara memilih bedak terbaik yang aman untuk ibu hamil

    Selain memastikan bahwa bedak tersebut telah lolos izin edar BPOM, salah satu poin penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli makeup saat hamil adalah bahan-bahan yang digunakan.

    Mengutip dari laman International Forum for Wellbeing in Pregnancy, berikut adalah berbagai bahan yang perlu Anda hindari pada produk makeup, termasuk bedak selama kehamilan.

    • Hidrokuinon: belum ada penelitian memadai yang membuktikan keamanannya pada ibu hamil.
    • Endocrine Disruptive Chemicals (EDCs): mengganggu fungsi endokrin dan sistem reproduksi.
    • Paraben: meningkatkan risiko berat badan lahir rendah (BBLR).
    • Phthalates: meningkatkan risiko kelahiran prematur dan masalah perkembangan saraf.
    • Retinoid atau retinol: berkaitan dengan cacat lahir.
    • Triklosan: meningkatkan risiko berat badan lahir rendah.
    • Merkuri dan timbal: meningkatkan risiko berat badan lahir rendah, keguguran, dan lahir mati.

    Setelah menemukan bedak yang tepat, Anda bisa memastikan bahwa kosmetik tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk ibu hamil melalui situs resminya.

    Jika masih ragu, Anda bisa membicarakan pilihan makeup selama kehamilan dengan dokter kulit atau kandungan.

    9 rekomendasi bedak yang aman untuk ibu hamil

    bedak yang aman untuk ibu hamil

    Berikut adalah berbagai merk bedak yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan selama kehamilan.

    1. Sariayu Loose Powder

    Dengan bahan ringan, Sariayu Loose Powder cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Merk satu ini telah diklaim bebas paraben sehingga aman untuk ibu hamil.

    Sariayu Loose Powder dilengkapi dengan minyak cendana yang berfungsi sebagai antiseptik sekaligus astringen sehingga dapat melembapkan dan membantu regenerasi kulit.

    Fungsi melembapkan cukup penting untuk mengatasi perubahan kulit ibu hamil yang menjadi lebih kering. Meski melembapkan, bedak ini mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah. 

    Bedak untuk ibu hamil ini juga dilengkapi dengan tabir surya sehingga dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV. 

    Nomor izin edar BPOM: NA18210400900

    2. Marcks’ Beauty Powder

    Anda tentu sudah tidak asing dengan Marcks’ Beauty Powder, bedak tabur yang identik dengan kemasan berwarna kuning.

    Bedak ini terbuat dari pati jagung dan asam salisilat yang mampu membantu menghaluskan kulit sekaligus mengatasi jerawat.

    Meski harganya terbilang cukup terjangkau, yaitu di bawah Rp20 ribuan, Marcks’ Beauty Powder tidak akan mudah luntur.

    Bedak ini juga tidak meninggalkan bekas kilap, cocok bagi pemilik kulit berminyak. Marcks’ Beauty Powder juga diklaim aman bagi pemilik kulit sensitif, termasuk ibu hamil.

    Nomor izin edar BPOM: NA18210401086

    3. Wardah Lightening Matte Powder

    Terbuat dari microbright formula, Wardah Lightening Matte Powder mampu membuat wajah tampak cerah lebih lama, tetapi tetap terasa ringan pda kulit.

    Bedak ini cocok untuk ibu hamil yang memiliki tipe kulit berminyak karena mengandung oil control agent. Dengan begitu, Anda akan mendapat hasil akhir matte, bebas kilap.

    Wardah Lightening Matte Powder mengandung SPF 15 PA++ yang akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV-A dan UV-B.

    Produk ini diklaim mengandung moist plus dengan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari paparan berbagai radikal bebas.

    Nomor izin edar BPOM: NA18191234088

    4. Emina Bare With Me Mineral Loose Powder

    Dengan perpaduan lauroyl lysine dan mica, Emina Bare With Me Mineral Loose Powder akan memberikan hasil riasan yang halus tetapi tetap natural.

    Bedak tabur dari Emina ini dilengkapi absorbing powder sehingga mampu mencegah kelebihan minyak pada wajah, cocok untuk Anda yang menginginkan wajah bebas kilap.

    Emina Bare With Me Mineral Loose Powder diperkaya dengan vitamin E yang mampu menutrisi kulit.

    Produk ini tersedia dalam empat varian warna, yaitu fair, leight beige, amber, dan ebony.

    Nomor izin edar BPOM: NA18220400099

    5. Zoya Cosmetics Acne Loose Powder

    Terbuat dari microcoated formula, Zoya Cosmetics Acne Loose Powder cocok untuk ibu hamil yang berjerawat karena produk ini mampu menyamarkannya.

    Merk bedak tabur ini diperkaya dengan tea tree oil dan salicylic acid yang berfungsi sebagai antibakteri penyebab jerawat dan anti-inflamasi (antiradang).

    Zoya Cosmetics Acne Loose Powder memiliki fungsi utama untuk menghilangkan kilap pada wajah dan menyamarkan noda bekas jerawat tanpa menutupi pori-pori.

    Nomor izin edar BPOM: NA18140400113

    6. Barenbliss Soul-Matte Loose Powder

    Diperkaya dengan minty menthol, Barenbliss Soul-Matte Loose Powder akan memberikan kesegaran dan sensasi dingin saat digunakan.

    Bedak ini aman untuk ibu hamil karena diklaim telah terbebas dari lebih dari 2.800 bahan berbahaya bagi kulit.

    Bedak tabur dari Barenbliss diperkaya dengan manicoaulan clay dari Kanada yang kaya mineral serta oligi-elemen yang bermanfaat untuk mengontrol pori-pori dan sebum.

    Seamless Look Technology yang ada pada produk dari Korea Selatan ini akan memberikan tampilan riasan yang sempurna tanpa terlihat kering dan mengelupas.

    Nomor izin edar BPOM: NA11210400023

    7. The Body Shop Matte Clay Powder

    Merk bedak yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah The Body Shop Matte Clay Powder. Bedak padat bebas merkuri ini memiliki tingkat coverage yang cukup tinggi dengan tampilan akhir matte.

    The Body Shop Matte Clay Powder diperkaya dengan minyak esensial pohon teh sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

    Produk ini mengandung tanah liat ghassoul sehingga tidak mudah menggumpal saat digunakan.

    The Body Shop Matte Clay Powder tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu Peruvian Lily, Kyoto Blossom, Japanese Maple, Savannah Pecan, Moluccan Nutmeg, dan Santiago Walnut.

    Nomor izin edar BPOM: NA11230400001

    8. Make Over Hydrastay Radiant Finishing Powder

    Telah melalui tes dermatologi, Make Over Hydrastay Radiant Finishing Powder terbukti bebas dari alkohol, mengandung UV protection, dan bersifat nonkomedogenik.

    Dilengkapi deep-hydrating activities, bedak tabur dari Make Over ini mampu menjaga kulit tetap lembap sehingga tidak mudah terkelupas.

    Make Over Hydrastay Radiant Finishing Powder diklaim mampu menyamarkan tekstur kulit, pori-pori besar, dan garis halus sehingga kulit wajah terasa lebih halus.

    Nomor izin edar BPOM: NA18200400297

    9. Innisfree No Sebum Ac Powder

    Innisfree No Sebum Ac Powder mampu merawat kulit berminyak tanpa membuatnya terasa kering. Produk ini cocok bagi Anda yang vegan selama kehamilan karena telah tersertifikasi vegan.

    Merk bedak tabur yang telah dilengkapi puff ini diperkaya calamine, acorus calamus root extract, dan asam salisilat yang mampu mengontrol sebum.

    Sementara itu, hyaluronic acid, centella asiatica, dan polyol akan melembapkan, mengembalikan elastisitas, sampai mencegah penguapan.

    Innisfree No Sebum Ac Powder pun telah melalui tes iritasi kulit, kulit sensitif, dan nonkomedogenik sehingga aman bagi kulit ibu hamil.

    Nomor izin edar BPOM: NA26230400009

    Nah, itulah beberapa rekomendasi merk bedak yang aman untuk ibu hamil versi kami. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 17/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan