Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

7 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Tidak hanya karbohidrat, jagung juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Apa saja kandungan gizi dan manfaat jagung untuk ibu hamil? Yuk simak penjelasan berikut.

Kandungan gizi pada jagung yang bermanfaat untuk ibu hamil

Jagung merupakan salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain karbohidrat, jagung juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Asam folat
  • Zat besi
  • Kalium
  • Niasin (vitamin B-3)

Apa saja manfaat jagung untuk ibu hamil?

perawatan payudara ibu hamil

Mudah diperoleh dengan harga yang murah, jagung menawarkan sejumlah manfaat bagi ibu hamil. Simak 7 manfaat jagung di bawah ini.

1. Sumber energi

Jagung adalah makanan pokok yang populer di masyarakat Indonesia sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat dan protein pada jagung mampu membantu memenuhi kebutuhan energi ibu hamil.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Saat hamil, kesehatan pencernaan harus dijaga. Pencernaan yang sehat dapat membantu penyerapan nutrisi dengan lebih baik dan mencegah berbagai penyakit seperti sembelit dan diare.

Dengan mengonsumsi jagung, pencernaan ibu hamil dapat terjaga. Hal ini karena jagung memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

3. Zat besi

Salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil adalah zat besi. Selain untuk mencegah risiko anemia pada ibu hamil, zat besi juga dibutuhkan untuk janin.

Kekurangan zat besi dapat menghambat perkembangan bayi dan berisiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

tips menjaga kesehatan ibu hamil dengan pola hidup sehat

4. Mencegah risiko cacat pada janin

Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah risiko cacat pada janin. Hal ini karena kandungan asam folat yang dimilikinya.

Asam folat adalah zat yang sangat berperan pada prosess pembentukan organ-organ tubuh pada bayi yang sedang dikandung. Sehingga janin dapat terhindar dari berbagai penyakit dan cacat lahir.

5. Mengatasi otot tegang

Jagung memiliki kandungan kalium yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu mengatasi otot yang tegang dan pegal.

Otot tegang seringkali dialami oleh ibu hamil, terutama pada masa kehamilan trimester ketiga. Hal ini biasanya diakibatkan oleh perubahan fisik yang drastis pada ibu hamil.

6. Mengatasi mual dan muntah

Vitamin B-6 adalah suplemen yang seringkali diresepkan oleh dokter untuk mengatasi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil.

Selain dari suplemen, ibu juga dapat memperoleh vitamin B-6 dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut, salah satunya adalah jagung.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

7. Membantu menjaga metabolisme

Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyebutkan bahwa niasin atau vitamin B-3 adalah zat yang berperan dalam menjaga metabolisme tubuh.

Saat hamil, metabolisme tubuh harus terjaga agar proses kehamilan berjalan lancar dan sehat. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung niasin, seperti jagung.

Cara mengolah jagung yang tepat

pasta tuna

Jika ingin memperoleh manfaat jagung untuk ibu hamil dengan efektif, Anda perlu memperhatikan cara mengolahnya yang tepat. Tips-tips di bawah ini dapat membantu Anda.

  • Cuci bersih jagung

Sebelum mengolah jagung, sebaiknya Anda mencucinya terlebih dahulu dengan air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mungkin masih tertinggal pada permukaannya.

  • Rendamlah jagung mentah sebelum diolah

Jagung memiliki zat anti-nutrien yang dapat menghambat penyerapan gizi dalam tubuh. Disarankan untuk merendam jagung untuk menyingkirkan zat tersebut.

  • Sebaiknya mengolah jagung segera setelah dibeli

Jagung akan terasa manis jika Anda segera mengolahnya. Sebaiknya Anda mengolah jagung paling lambat 5 hari setelah dibeli.

  • Tidak melepas kulit jagung saat disimpan

Jika Anda ingin menyimpan jagung dalam lemari pendingin, sebaiknya Anda tidak melepas kulitnya. Kulit jagung dapat membantu menjaga kesegaran dan nutrisi pada jagung.

Hindari mengonsumsi jagung secara berlebihan

manfaat jagung

Meskipun kaya manfaat bagi kesehatan, sebaiknya tetap konsumsi jagung dalam jumlah wajar terutama jika menderita gula darah tinggi. Pasalnya, kandungan gula yang terdapat pada jagung dapat memicu kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko diabetes pada ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

FoodData central. (n.d.). FoodData Central | Corn | https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1304479/nutrients

U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture. 2015 – 2020 Dietary Guidelines for Americans. 8th Edition. December 2015. Available at https://health.gov/our-work/food-nutrition/previous-dietary-guidelines/2015

Cooking and storing corn. (n.d.). The National Gardening Association. https://garden.org/learn/articles/view/796/

How to prepare corn https://www.webmd.com/food-recipes/corn-health-benefits

Kennedy, D. O. (2016, January 27). B Vitamins and the Brain: Mechanisms, Dose and Efficacy–A Review. PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26828517/ 

Herrell, H. E. (2014, June 15). Nausea and vomiting of pregnancy. AAFP American Academy of Family Physicians. https://www.aafp.org/afp/2014/0615/p965.html Accessed March 8, 2021.

Harvard T. H. Chan. (2020, December 18). Are anti-nutrients harmful? The Nutrition Source. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/anti-nutrients/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita