Bolehkah Makan Kerang Saat Hamil? Ini Jawabannya

Bolehkah Makan Kerang Saat Hamil? Ini Jawabannya

Banyak ibu hamil yang harus mengurungkan niat ngidamnya untuk makan kerang karena dianggap dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Ya, memang harus diakui jika kerang termasuk makanan bergizi dan memiliki rasa yang lezat. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan kerang, termasuk kerang hijau? Simak jawabannya berikut ini.

Bolehkah ibu hamil makan kerang?

ibu hamil makan bakaran

Ya, kerang termasuk kerang hijau aman dikonsumsi untuk ibu hamil dengan catatan sudah dimasak matang.

Pasalnya, makanan laut atau seafood, termasuk kerang hijau, adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan dapat membantu mendukung perkembangan otak janin.

Lantas, bagaimana dengan makan kerang setengah matang, bolehkah ibu hamil melakukannya? Saat hamil, pastikan Anda untuk menghindari makan kerang mentah atau setengah matang.

Menurut situs Poison Control, disebutkan bahwa kerang mentah dapat membawa bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Sementara itu, toksoplasmosis merupakan penyakit yang menjadi perhatian ibu hamil. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii.

Kucing memiliki peran penting dalam siklus hidup parasit ini, karena parasit ini menyebar dari kotoran kucing.

Namun, tidak menutup kemungkinan air laut juga dapat terkontaminasi toksoplasma yang berasal dari kotoran kucing, kemudian mencemari pengolahan limbah, dan mengalir melalui sistem sungai ke laut.

Bahkan, jenis kerang tertentu, termasuk tiram dan kerang hijau dapat menyaring Toxoplasma gondii dari air laut.

Selain itu, infeksi karena bakteri Vibrio vulnificus juga menjadi diwaspadai oleh ibu hamil.

Pasalnya, kerang mentah dapat menampung bakteri dan patogen seperti Vibrio vulnificus yang merupakan jenis bakteri yang sering ditemukan di air asin.

Bakter tersebut dapat muncul di hampir semua air laut, bahkan di perairan yang telah menjadi tempat perkembangbiakan kerang.

Sementara itu, ibu hamil dapat terpapar bakteri tersebut saat makan kerang hijau mentah atau setengah matang.

Oleh karena itu, meskipun masih dinilai aman bila dimakan matang, penting untuk membatasi asupan kerang pada ibu hamil.

Bahaya makan kerang mentah untuk ibu hamil

Melansir Palo Alto Medical Foundation, porsi aman ibu hamil mengonsumsi kerang yakni sebanyak 12 ons per minggu.

Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Dalam hal ini, infeksi toksoplasmosis selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, cacat lahir, lahir mati, atau keterlambatan perkembangan yang parah.

Selain harus mewaspadai adanya parasit dan bakteri yang ada di dalam kerang mentah, Anda juga perlu tahu bila kerang mengandung kadar merkuri.

Kadar merkuri yang terlalu banyak dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Kabar baiknya, kadar merkuri dalam kerang sangat rendah. Meski begitu, Anda tetap perlu membatasi jumlah asupannya.

Manfaat kerang untuk ibu hamil

kerang hijau selandia baru yang merupakan sumber glikosaminoglikan yang digunakan pada suplemen glikosaminoglikan

Makan kerang mentah memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena berbagai kandungannya yang berisiko pada janin.

Namun sejatinya, kerang yang dimasak matang memiliki berbagai kandungan yang bisa sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin, di antaranya sebagai berikut.

1. Menyehatkan jantung

Kandungan vitamin E, potasium, magnesium, dan berbagai asam lemak omega 3 dalam kerang cukup besar.

Semua nutrisi ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menghindari terjadinya peradangan apa pun.

2. Membantu perkembangan neurologis bayi

Manfaat makan kerang lainnya untuk ibu hamil yakni dapat membantu menjaga perkembangan neurologis janin yang sedang tumbuh agar sesuai dengan jalurnya.

Hal itu dikarenakan kandungan seng yang cukup banyak dalam kerang, menjadikannya pilihan yang bagus untuk tambahan asupan sehari-hari selama kehamilan.

3. Menjaga berat badan

Pemenuhan asupan protein yang cukup menjadi faktor lain yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil.

Selain itu, kerang kaya kandungan protein sekaligus rendah lemak dan kalori.

Maka tak heran, bila kerang kerap dijadikan asupan tambahan yang baik untuk ibu hamil, terutama yang sedang bertujuan untuk menjaga berat badan.

Cara mengolah kerang yang aman untuk ibu hamil

Sebagian besar kerang aman dikonsumsi selama kehamilan, asalkan telah dimasak dengan benar dan matang.

Selain itu, pastikan juga kerang yang Anda beli tidak berubah warna dan tidak berbau busuk.

Anda bisa memastikan kerang yang Anda masak telah matang agar aman saat dimakan ibu hamil dengan memerhatikan panduannya berikut ini.

  • Saat masak, perhatikan cangkang kerang jika terbuka berarti menunjukkan sudah matang.
  • Buang semua kerang yang memiliki cangkang tertutup meski telah dimasak.
  • Ketika memanaskan kerang ke dalam microwave, periksa, dan pastikan kembali apakah kerang tersebut sudah benar-benar matang atau belum.
  • Masak kerang hijau setidaknya mencapai suhu 74 derajat celcius atau 165F dengan begitu dapat dipastikan bila kerang sudah dimasak matang dan siap untuk dimakan.

Pada dasarnya, kerang adalah makanan laut yang lezat dan rendah lemak yang dapat dinikmati dengan aman selama kehamilan apabila dimasak sampai matang.

Jika Anda ragu dan memiliki pertanyaan lain terkait bolehkah ibu hamil makan kerang, konsultasikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

(n.d.). Sutter Health | Doctors and Hospitals | Northern California. Retrieved 25 October 2022, from https://www.sutterhealth.org/pdf/services/pregnancy-childbirth/pamf-fish-and-pregnancy.pdfhttps://www.sutterhealth.org/pdf/services/pregnancy-childbirth/pamf-fish-and-pregnancy.pdf

Are raw oysters safe to eat during pregnancy? (n.d.). Poison Control. Retrieved 25 October 2022, from https://www.poison.org/articles/are-raw-oysters-safe-to-eat-during-pregnancy

Is it safe to eat seafood during pregnancy? (2007, February 15). BabyCenter Canada. Retrieved 25 October 2022, from https://www.babycenter.ca/x536398/is-it-safe-to-eat-seafood-during-pregnancy

Oysters and vibriosis. (2022, June 29). Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved 25 October 2022, from https://www.cdc.gov/foodsafety/communication/oysters-and-vibriosis.html

Do you know which foods to avoid when you’re pregnant? (2022, January 22). Mayo Clinic. Retrieved 25 October 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20043844

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui 2 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto