home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengapa Ibu Hamil Sering Lapar di Malam Hari?

Mengapa Ibu Hamil Sering Lapar di Malam Hari?

Wajar jika ibu hamil merasa lapar sepanjang hari, tidak peduli seberapa banyak atau seberapa sering makanan masuk ke dalam mulutnya.

Sebenarnya ibu hamil belum membutuhkan asupan kalori ekstra selama enam bulan pertama karena tubuh justru menjadi lebih efisien dalam membagi dan mengeluarkan energi. Namun, ketika kandungan berada di tiga bulan terakhir, sang ibu baru membutuhkan tambahan 200 kalori sehari.

Karena tubuh bekerja lebih keras dalam mengubah asupan kalori menjadi energi, jangan heran jika Anda terbangun di malam hari karena lapar. Rasa mual karena perut kosong juga kerap menyertai rasa lapar ini.

Apa yang harus dilakukan jika lapar di malam hari?

Daripada memaksakan tidur dengan perut lapar, coba ambil beberapa makanan ringan. Pastikan kulkas dan lemari penuh dengan camilan sehat dan mudah disajikan, misalnya:

  • Sepotong roti panggang atau roti gandum
  • Buah dan sayuran segar
  • Telur rebus
  • Keju
  • Buah kering

Bagi Anda yang cenderung memiliki gangguan pencernaan di malam hari, hindari konsumsi buah yang rasanya asam sebelum tidur.

Untuk makan siang, pilih roti gandum atau beras merah daripada roti putih atau nasi putih. Makanan yang mengandung gandum utuh lebih mengenyangkan dan memiliki lebih banyak serat untuk mencegah sembelit. Hindari konsumsi lemak atau makanan pedas dan permen. Pasalnya, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sedangkan permen tidak mengenyangkan.

Jika rasa lapar datang tengah malam, pilihlah makanan sehat yang dapat memuaskan rasa lapar. Coba minum susu, teh herbal, semangkuk sereal dengan susu, roti panggang dengan selai kacang, atau beberapa biskuit dengan keju.

Beberapa makanan mengandung asam amino pemicu rasa kantuk alami yang disebut tryptophan. Tryptophan dapat ditemui pada daging kalkun, pisang, dan jenis ikan tertentu. Namun, jangan tergoda untuk mengonsumsi suplemen tryptophan karena ini tidak aman untuk kehamilan.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.babycentre.co.uk/a547414/hunger-pangs-pregnancy-sleep#ixzz3diLgX900

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 16/02/2017
x