Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mudah Lapar Tanda Kehamilan, Benarkah?

Mudah Lapar Tanda Kehamilan, Benarkah?

Ada beragam tanda kehamilan dan masing-masing ibu pasti mengalami hal yang berbeda. Beberapa ciri kehamilan meliputi kram pada perut, payudara membengkak, kelelahan, maupun morning sickness.

Namun, ada juga yang merasakan mudah lapar sebagai tanda-tanda hamil. Nafsu makan pun juga jadi meningkat. Namun, apakah ini benar?

Mengulik mudah lapar sebagai tanda ibu hamil

ibu hamil makan sayur

Rasanya sudah makan banyak, tetapi kok belum kenyang juga. Ternyata memang benar, mudah lapar dan naiknya selera makan menjadi tanda ibu hamil.

Pada trimester awal, mungkin saja ibu mengalami penurunan selera makan karena harus berhadapan dengan morning sickness yang menimbulkan gejala mual dan muntah. Seiring berjalannya waktu, ibu tidak lagi mengalami morning sickness. Malah sebaliknya, nafsu makan pun jadi bertambah.

Tanda selera makan jadi bertambah ini juga bisa dialami pada awal kehamilan, disertai dengan tanda-tanda lainnya. Sehingga selalu saja ada makanan yang harus dimasukkan ke dalam mulut dan dikunyah.

Apakah ini wajar terjadi? Tentu iya. Untuk menjawab kenapa ibu jadi mudah lapar saat hamil, karena bayi bertumbuh di dalam kandungan.

Kehadiran si kecil di dalam kandungan memberikan tanda mudah lapar dan peningkatan nafsu makan pada ibu hamil. Bayi dalam rahim ibu akan bertambah besar dari waktu ke waktu. Maka, ibu juga memerlukan banyak kalori untuk membantu pertumbuhan si kecil.

Karena saat ia bertumbuh di dalam rahim, ada banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang, otot, dan jaringan lainnya. Inilah salah satu kesempatan ibu di balik rasa lapar yang sering muncul untuk tetap memberi nutrisi penting selama kehamilan.

Apa yang perlu diperhatikan saat rasa lapar melanda?

Mudah lapar sebagai pertanda hamil membuat Anda ingin mengonsumsi makanan tertentu. Meskipun Anda perlu menanggapi rasa lapar, Anda perlu memilih dan memperhatikan porsi makan secara bijak. Dengarkan tubuh Anda dan ingat bahwa bayi dalam kandungan membutuhkan makanan bernutrisi.

Berikut beberapa tips untuk mengendalikan rasa lapar saat masa kehamilan.

1. Tetap minum air mineral

dampak air mineral bagi tubuh

Saat hamill, ibu membutuhkan banyak cairan di dalam tubuh. Selalu penuhi kebutuhan cairan dengan minum 12-13 gelas setiap harinya. Hindari minum soda karena bisa memberikan kelebihan kalori dan gula di dalam tubuh.

Dengan minum air putih, ibu bisa mengetahui apakah yang ibu rasakan hanya lapar biasa atau memang rasa lapar sesungguhnya. Kadang perasaan haus datang menyerupai rasa lapar.

Maka, jangan dulu membenarkan tanda mudah lapar saat masa hamil, dengan makan banyak makanan. Buktikan dengan minum air mineral dulu.

2. Konsumsi makanan bernutrisi

ibu hamil cepat lapar

Saat tanda-tanda mudah lapar muncul pada ibu hamil, selalu ingat untuk mengonsumsi makanan bernutrisi. Untuk menjaga daya tahan tubuh, ibu bisa mengonsumsi makanan bernutrisi dengan serat tinggi, seperti buah-buahan dan biji-bijian.

Di dalam menu, sertakan juga nutrisi tinggi seperti protein dan lemak sehat. Selalu pilih makanan yang segar dan dimasak, serta hindari makanan olahan dan diproses berlebihan. Untuk pilihan menu makanan saat hamil, ibu bisa memilih salad buah. Ada banyak nutrisi dan serat yang terkandung di dalamnya.

3. Makan sering dalam porsi kecil.

Cara cegah anemia pada ibu hamil

Ketika rasa lapar cepat datang, Anda bisa makan lebih sering dalam porsi kecil. Coba ikuti pola diet sehat ini dengan makan porsi kecil lima sampai enam kali sehari. Anda bisa makan setiap tiga jam sekali. Cara ini bisa mengatasi tanda lapar saat masa hamil.

Makan banyak sekaligus dapat membuat perut terlalu kenyang. Ini bisa memicu gangguan pada saluran cerna karena menimbulkan perut kembung, gas, dan sensasi heartburn. Untuk menghindarinya, cukup mengontrol pola makan dengan melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Selalu stok camilan

Saat ibu hamil merasakan mudah lapar, ini tanda ibu harus selalu sedia camilan di kulkas. Pastikan camilan sehat yang ibu sediakan pun bernutrisi dan berserat. Misalnya, Greek yogurt yang dicampur dengan kenari dan buah-buahan seperti mangga.

Ibu bisa mendapatkan nutrisi dari probiotik untuk menyehatkan sistem cerna, serta asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Sementara itu, mangga mengandung vitamin B yang membantu perkembangan bayi.

Anda bisa menggabungkan beragam buah dan kacang-kacangan. Sehingga nutrisi dapat terpenuhi secara optimal selama masa kehamilan.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Amy,O’Connor. (2014, September 16). Increased Appetite During Pregnancy. Retrieved March 23, 2020, from What to Expect website: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/appetite.aspx

Pregnancy Symptoms: 10 Early Signs That You Might Be Pregnant. (n.d.). Retrieved March 23, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant#1

I’m pregnant and constantly hungry. How can I manage my weight gain? | BabyCenter. (2020). Retrieved March 23, 2020, from BabyCenter website: https://www.babycenter.com/404_im-pregnant-and-constantly-hungry-how-can-i-manage-my-weight_10394933.bc

10 healthy snacks for pregnancy | BabyCenter. (2020). Retrieved from BabyCenter website: https://www.babycenter.com/0_10-healthy-snacks-for-pregnancy_10396237.bc

Lee, N. M., & Saha, S. (2011). Nausea and Vomiting of Pregnancy. Gastroenterology Clinics of North America40(2), 309–334. https://doi.org/10.1016/j.gtc.2011.03.009

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 08/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x