backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Intip 8 Cara Ampuh Menghilangkan Sariawan di Tenggorokan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 23/06/2023

Intip 8 Cara Ampuh Menghilangkan Sariawan di Tenggorokan

Bukan hanya menyerang area pipi dalam dan dekat bibir, sariawan juga bisa muncul di tenggorokan atau amandel. Beruntungnya, ada beragam cara menghilangkan sariawan di tenggorokan dan amandel yang bisa Anda lakukan di rumah.

Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Cara menghilangkan sariawan di tenggorokan dan amandel

Sariawan adalah luka pada jaringan lunak di dalam mulut. Luka ini kadang berwarna putih dengan dikelilingi tepi kemerahan. Selain pada area mulut, sariawan juga bisa muncul di tenggorokan.

Satu atau dua hari sebelum luka tersebut muncul, Anda akan merasakan sensasi panas di mulut. Setelahnya, Anda akan mendapati adanya luka yang terasa sakit pada tenggorokan.

Umumnya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih dua minggu. Namun, Anda bisa melakukan perawatan tertentu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa langkah berikut ini bisa Anda ikuti sebagai cara untuk meredakan sariawan di amandel atau tenggorokan.

1. Pakai obat kumur

obat kumur tertelan

Salah satu cara menghilangkan sariawan di tenggorokan ialah dengan berkumur menggunakan obat kumur khusus sariawan.

Mengutip dari laman Mayo Clinic, sariawan bisa diobati dengan obat kumur yang mengandung steroid dexamethasone atau lidocain.

Obat ini bekerja untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan di tenggorokan akibat sariawan. Anda bisa mendapatkannya dengan resep dokter maupun secara bebas di apotek.

2. Kumur dengan larutan baking soda

Cara menghilangkan sariawan di amandel yang satu ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti baking soda.

Campurkan satu sendok teh baking soda dalam 1/2 gelas air hangat dan aduk hingga rata. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang air bekas berkumur.

Lakukan ini secara rutin setiap hari untuk mengurangi infeksi yang menyebabkan sariawan. Jika tidak ada baking soda, Anda pun bisa gunakan larutan garam.

3. Kumur dengan susu magnesia

Susu magnesia adalah larutan kombinasi dari susu magnesium dan hidrogen peroksida. Walaupun disebut sebagai susu, larutan ini sebenarnya adalah obat.

Untuk menghilangkan sariawan di tenggorokan, Anda bisa membuat larutan dari hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan 1:1. Biasanya obat ini digunakan dengan cara dioles.

Setelah mengoles campuran hidrogen peroksida, Anda juga bisa mengoles campuran susu magnesium pada sariawan.

Namun, cara ini mungkin sulit dilakukan jika Anda ingin menyembuhkan sariawan di amandel. Sebagai ganti mengoleskannya, Anda bisa menggunakan obat ini dengan cara berkumur.

4. Tambah asupan vitamin C

kulit jeruk untuk jerawat

Munculnya sariawan di amandel juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Jadi, untuk mengobati amandel ini, Anda perlu meningkatkan asupan vitamin C harian.

Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari makanan, seperti buah jeruk, apel, pisang, kiwi, dan paprika. Jika belum cukup, suplemen vitamin C bisa jadi pilihan.

Namun, sebelum menggunakan suplemen vitamin C sebagai salah satu cara menghilangkan sariawan di tenggorokan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

5. Mengonsumsi yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik sehat yang mendorong produksi bakteri sehat di dalam mulut.

Kehadiran bakteri yang lebih sehat membantu menghilangkan sariawan dan menurunkan jumlah jamur menjadi normal.

Untuk menghilangkan sariawan dengan cara ini, Anda bisa langsung mengonsumsi satu sendok teh yoghurt. Biarkan yoghurt ada di dalam mulut selama lima menit, lalu telan.

6. Mengunyah bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang berfungsi sebagai antivirus dan antijamur yang kuat.

Anda hanya perlu mengunyah bawang putih mentah sekali atau dua kali sehari untuk membantu menghilangkan sariawan di tenggorokan.

Perlu diingat bahwa konsumsi bawang putih dapat menimbulkan bau mulut dan efek panas di dalam mulut.

Jadi, ada baiknya untuk mulai melakukan perawatan ini dengan sepotong kecil bawang putih sambil melihat bagaimana hasilnya. Pasalnya, keampuhannya mungkin tidak sama pada semua orang.

7. Menjaga kebersihan mulut

Pastikan Anda menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi, membersihkan lidah, dan menggunakan benang gigi (flossing) secara teratur.

Gantilah sikat gigi Anda sesering mungkin sampai sariawan di tenggorokan sembuh. Penting juga untuk tidak berbagi sikat gigi dengan orang lain.

8. Kelola stres sebaik mungkin

Sariawan di tenggorokan dan amandel bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans. Jamur ini biasa hidup di dinding usus besar bersama dengan bakteri alami.

Ketika seseorang mengalami stres berkepanjangan, kekebalan tubuhnya dapat menurun. Salah satu efeknya ialah jamur pada usus besar mengambil alih bakteri alami tubuh.

Akibatnya, jamur kandida pun tumbuh subur dan menyebabkan infeksi jamur di mulut hingga munculnya sariawan.

Haruskah pergi ke dokter jika sariawan di tenggorokan?

penyebab sirosis hati

Biasanya, Anda tidak harus sampai ke dokter untuk menghilangkan sakit tenggorokan akibat sariawan. Pasalnya, kondisi ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, pada beberapa kasus, sariawan dapat memburuk dan butuh penanganan dokter. Berikut tanda-tanda sariawan yang harus diobati dengan perawatan medis.

  • Sariawan terjadi lebih dari dua minggu.
  • Luka sariawan lebih besar dari pada ukuran biasanya.
  • Pengobatan yang Anda lakukan sebelumnya tidak menyembuhkan sariawan.

Berbeda dengan sariawan biasa, sariawan di tenggorokan tidak bisa diobati dengan obat topikal (oles), seperti salep fluocinonide atau benzocaine.

Dokter akan memberikan obat berupa obat kumur khusus sariawan, tablet minum, atau obat semprot. Obat ini bisa bisa mencapai area lebih dalam, seperti sekitar tenggorokan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa obat sariawan semprot tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Jadi, hati-hati jika Anda ingin menyembuhkan sariawan di amandel pada anak.

Dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan dengan tindakan perawatan mulut, seperti menjaga kesehatan mulut.

Kesimpulan

Perubahan gaya hidup dan melakukan pengobatan menjadi hal penting untuk menghilangkan sariawan di tenggorokan. Anda juga dapat melakukan perubahan sederhana dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 23/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan