6 Efek Samping Kehamilan yang Sering Terjadi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk Anda yang ingin memiliki buah hati, kehamilan pasti menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk Anda dan pasangan. Pada masa kehamilan tidak hanya bentuk badan Anda yang akan berubah. Mood Anda juga akan sering berubah karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Selain dua hal itu, masih banyak efek samping kehamilan yang perlu Anda tahu. Simak artikel berikut ini.

Menghadapi efek samping kehamilan

Tidak masalah Anda hamil anak pertama, kedua, atau seterusnya, salah satu efek samping kehamilan di bawah ini pasti akan dirasakan saat Anda hamil. Efek samping yang mengejutkan ini akan menghampiri Anda dalam kondisi siap tidak siap. Berikut 6 efek samping kehamilan yang harus Anda hadapi.

1. Mual dan muntah

Istilah populer yang sering digunakan adalah morning sickness. Anda akan merasakan mual dan muntah di awal trimester pertama. Mual dan muntah ini biasanya Anda akan rasakan di pagi hari dan bisa berlanjut di sepanjang hari. Dalam beberapa kasus, mual dan muntah ini bahkan bisa berlanjut sampai masa persalinan.

Belum diketahui dengan jelas apa penyebab dari morning sickness, namun hal ini diduga karena perubahan hormon yang terjadi sehingga membuat penciuman dan perut Anda menjadi sensitif.

2. Kencing lebih sering

Ketika hamil, darah di dalam tubuh menjadi meningkat. Volume darah yang meningkat menyebabkan banyaknya cairan yang mengalir ke ginjal. Cairan ginjal bisa keluar dari tubuh ibu hamil dalam bentuk urin. Akibatnya, ibu hamil akan mengalami buang air kecil dalam intensitas yang sering.

Perkembangan janin yang semakin membesar di  dalam rahim juga dapat menekan kandung kemih. Hal ini membuat volume air kencing yang bisa ditampung oleh kandung kemih semakin berkurang atau sedikit. Sehingga ketika kandung kemih terisi sedikit saja, ibu hamil akan merasakan ingin buang air kecil.

3. Cairan vagina

Jangan kaget jika cairan vagina atau keputihan Anda akan keluar lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon estrogen yang diproduksi oleh tubuh serta peredaran darah yang ada di dalam vagina. Ini adalah salah satu efek samping kehamilan.

4. Gas dan kembung

Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman dan terkadang memalukan. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang menyebabkan jaringan otot polos dalam tubuh Anda termasuk saluran bernapasan menjadi lebih rileks.

Efeknya adalah pencernaan menjadi lambat yang memungkinkan lebih banyak nutrisi masuk ke dalam bayi Anda. Namun, hal itu juga menghasilkan banyak gas. Sering kentut menjadi efek samping kehamilan yang Anda akan sering rasakan.

5. Perut gatal

Bagian tubuh yang gatal cukup umum dialami oleh ibu hamil. Iritasi ini disebabkan peregangan kulit Anda selama kehamilan. Namun banyak ahli juga yang mengatakan hormon berperan membuat perut Anda menjadi gatal.

Meskipun ini tidak berbahaya, namun gatal akan cukup mengganggu untuk Anda. Untuk gatal sehari-hari, para ahli merekomendasikan untuk menghindari panas dan mengolesinya dengan pelembab.

6. Jerawat

Wanita hamil sering berjerawat karena hormon yang mendorong tubuh membuat lebih banyak sebum atau zat berminyak yang diproduksi kulit. Kelebihan sebum ini, dikombinasikan dengan sel-sel kulit yang melapisi folikel rambut dan menutup pori-pori.

Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat saat hamil, jerawat juga bisa tumbuh di lokasi yang tak biasa selain wajah seperti di kaki. Belum ada cara yang pasti mencegah jerawat selama kehamilan. Namun untuk membantu mengurangi masalah, Anda bisa menjaga kebersihan kulit, tepuk-tepuk kulit kering bukan menggosoknya, dan jangan memencet jerawat.

Efek samping kehamilan akan Anda alami selama masa kehamilan. Jika efek samping yang Anda rasakan mengganggu, ada baiknya segera konsultasikan pada dokter.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit