Aturan Berpakaian Saat Hamil yang Aman Bagi Anda dan Bayi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hamil menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak wanita. Melihat perubahan perut yang makin membesar membuat wanita bahagia, artinya bayinya tidak lama lagi akan lahir. Namun, karena perutnya yang makin besar, beberapa wanita mungkin juga bingung bagaimana harus berpakaian saat hamil. Walaupun sedang hamil, para wanita tetap ingin terlihat fashionable tentunya.

Jangan berpakaian seperti ini saat hamil

Wajar bila semua wanita ingin tetap ingin tampil cantik. Terkadang, mungkin wanita hamil tidak menyadari bahwa tubuhnya sudah berubah, sehingga ia tidak mengganti cara berpakaiannya. Pakaian yang dulunya muat Anda pakai sebelum Anda hamil menjadi tidak muat saat Anda hamil. Jika dipaksakan tetap memakai pakaian Anda yang dulu, mungkin jatuhnya menjadi ketat.

Ibu hamil sebaiknya tidak memakai pakaian yang ketat. Selain karena tidak nyaman dan membatasi pergerakan Anda, pakaian ketat juga tidak baik untuk sirkulasi darah Anda. Sirkulasi darah yang terhambat dapat menyebabkan ibu hamil mudah mengalami kesemutan, pegal pada pungggung dan kaki, bengkak pada kaki, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Hindari juga pakaian dari bahan yang berat. Anda ‘membawa’ tubuh Anda sudah berat ditambah dengan pakaian yang berat, tentu ini membuat Anda sangat tidak nyaman. Anda menjadi kurang bebas. Sebaiknya, pilih pakaian yang benar-benar nyaman untuk Anda dan tidak membatasi pergerakan Anda.

Namun, jangan juga memilih pakaian yang terlalu besar. Biasanya ibu hamil memilih pakaian yang besar untuk menutupi perutnya yang besar. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal ini. Pakaian yang terlalu besar hanya akan membuat tubuh Anda terlihat tambah besar dan juga dapat membuat Anda kesulitan bergerak. Sebaiknya, pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, tidak terlalu ketat juga tidak terlalu besar.

Ini yang harus Anda pakai saat hamil

Anda tidak perlu pusing-pusing untuk berpakaian saat hamil. Pakaian apa saja yang sedang trend bisa saja Anda pakai saat hamil. Justru mungkin Anda akan terlihat lebih cantik saat hamil dengan pakaian tersebut. Kuncinya adalah satu, kenyamanan.

Pakaian terbaik untuk ibu hamil adalah yang memungkinkan perut ibu hamil untuk membesar. Perut ibu hamil yang ‘bebas’ sangat penting bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Baju khusus ibu hamil biasanya sudah mempertimbangkan hal ini. Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memakai baju hamil saat hamil. Saat ini sudah banyak baju hamil dengan berbagai model sesuai dengan perkembangan zaman. Jadi, Anda tidak perlu lagi merasa takut tidak bisa berpakaian mengikuti tren saat sedang hamil.

Contohnya saja celana jeans. Sekarang ini sudah banyak dijual celana jeans yang khusus dibuat untuk ibu hamil. Dengan lingkar pinggang yang lebih besar dan dari karet membuat ibu hamil nyaman memakai celana jeans ini. Anda bisa memilih model mana yang Anda suka dan bisa disesuaikan dengan ‘kantong’ Anda tentunya.

Anda juga tidak perlu khawatir tidak bisa memakai pakaian bergambar, bergaris, berwarna terang, legging, dress, dan sebagainya. Anda bisa memakai semua model pakaian ini saat hamil asal tidak ketat dan nyaman. Anda juga bisa Memakai baju yang berlapis saat hamil, asalkan Anda pintar mengombinasikannya. Yang juga perlu diperhatikan saat Anda menggunakan baju berlapis adalah jangan sampai baju ini membuat Anda sesak dan tidak nyaman.

Pilih juga pakaian dari bahan katun yang ringan dan menyerap keringat. Pakaian dari bahan ini tentu sangat nyaman untuk ibu hamil. Ibu hamil yang disibukkan dengan berbagai kegiatan tentu mudah berkeringat, sehingga perlu memakai pakaian yang mudah menyerap keringat. Pakaian dari bahan ringan juga dapat memudahkan ibu hamil untuk bergerak.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Cacingan, toksoplasmosis, dan malaria adalah contoh penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tremor bisa sembuh

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kaki pada lansia

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit