backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Cara Hamil Anak Kembar, dari Alami hingga Lewat Promil

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    10 Cara Hamil Anak Kembar, dari Alami hingga Lewat Promil

    Selama ini, seseorang yang memiliki keturunan kembar dikenal punya peluang hamil anak kembar yang lebih besar. Namun, ternyata, ada cara lain yang bisa diupayakan untuk mendapatkan anak kembar, lho.

    Apa sajakah itu? Simak jawabannya di sini.

    Bagaimana cara mendapatkan anak kembar?

    Kehamilan kembar dapat terjadi karena dua cara. Pertama, ketika wanita menghasilkan dua sel telur dalam satu waktu dan masing-masing dibuahi oleh sperma. Ini akan menghasilkan kembar fraternal (tidak identik).

    Kedua, hamil kembar bisa terjadi ketika hanya ada satu sel telur yang dibuahi sperma, tetapi kemudian sel telur tersebut terbelah. Kehamilan ini akan menghasilkan kembar identik.

    Meski faktor keturunan memegang peranan besar untuk mendapatkan bayi kembar, bukan berarti Anda dan pasangan yang tidak memiliki keturunan kembar tidak bisa mendapatkannya.

    Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda upayakan untuk hamil bayi kembar tanpa keturunan.

    1. Program bayi tabung

    siklus kedua program bayi tabung IVF

    In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung adalah program hamil untuk mempertemukan sel telur dan sperma di laboratorium.

    Setelah berhasil terbentuk, embrio akan dipindahkan ke rahim wanita untuk tumbuh di dalamnya.

    Dengan memilih program bayi tabung, peluang Anda untuk mendapatkan bayi kembar akan menjadi lebih besar karena embrio yang diletakkan ke dalam rahim bisa lebih dari satu.

    Peletakan lebih dari satu embrio pada program bayi tabung memang umum dilakukan demi memperbesar keberhasilan program hamil ini.

    Meski begitu, ada batasan mengenai jumlah embrio yang boleh ditanam di rahim. Pasalnya, kehamilan kembar memiliki risiko yang lebih besar.

    2. Hamil di atas 30 tahun

    Wanita yang hamil di atas 30 tahun dipercaya memiliki peluang hamil kembar yang lebih besar. Pasalnya, saat ovulasi, tubuh cenderung melepaskan lebih dari satu sel telur.

    Kondisi tersebut terjadi karena jumlah hormon FSH (follicle-stimulating hormone) ikut meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

    Namun, perlu Anda ingat bahwa semakin bertambahnya usia, risiko kehamilan juga akan meningkat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan hamil di usia yang lebih tua.

    3. Memperbanyak konsumsi susu dan olahannya

    susu ibu hamil untuk menambah berat badan

    Cara meningkatkan peluang mendapatkan anak kembar yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

    Diduga bahwa hormon yang dibawa oleh susu sapi dapat meningkatkan kesuburan pada manusia dan meningkatkan peluang hamil kembar.

    Selain lebih banyak mengonsumsi susu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain yang tinggi protein, seperti ayam, kacang-kacangan, dan makanan laut.

    4. Mengonsumsi asam folat

    Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, umumnya dokter akan menganjurkan untuk meningkatkan konsumsi asam folat.

    Tidak hanya mendukung kesubuaran dan perkembangan sel telur, asam folat juga akan membantu mencegah risiko cacat tabung saraf pada janin.

    Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, asam folat juga dipercaya meningkatkan peluang hamil kembar.

    Tahukah Anda?

    Asam folat juga penting untuk dikonsumsi pria. Selain menjaga kesehatan sperma, asupan vitamin B9 ini juga akan menurunkan risiko kelainan kromosom. Dengan begitu, kesuburan pria akan terjaga.

    5. Mengonsumsi obat penyubur

    Mengutip dari situs London Health Sciences Centre, obat penyubur bisa membantu Anda mendapatkan anak kembar dengan cara merangsang ovarium untuk menghasilkan lebih banyak sel telur.

    Semakin banyak sel telur yang dihasilkan, semakin besar pula peluang hamil kembar.

    Masih dari sumber yang sama, kehamilan kembar ditemukan terjadi pada sekitar 8% pengguna obat penyubur clomiphene citrate.

    Akan tetapi, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat penyubur. Jangan sembarang meminum obat yang diklaim bisa meningkatkan kesuburan Anda.

    6. Hamil lebih dari sekali

    Semakin sering Anda melahirkan, semakin besar pula kesempatan Anda mengalami kehamilan kembar.

    Meski begitu, Anda sebaiknya tidak memaksakan untuk terus hamil sampai mendapatkan keturunan kembar. Pasalnya, ini akan meningkatkan risiko kehamilan yang membahayakan.

    Sebagai gantinya, bicarakan dengan dokter terlebih dulu untuk menentukan cara terbaik mendapatkan anak kembar setelah melahirkan.

    7. Makan makanan bergizi

    Asupan makanan bergizi bisa membantu meningkatkan kesuburan. Dengan memenuhi kebutuhan gizi agar cepat hamil, ini juga bisa sekaligus meningkatkan peluang Anda mendapatkan anak kembar.

    Untuk meningkatkan kesuburan wanita, pastikan Anda memenuhi asupan asam folat, zat besi, serta zat gizi penting lainnya seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, mineral, dan vitamin.

    Sementara itu, pria perlu lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, vitamin, mineral, dan makanan yang tinggi antioksidan. Dengan begitu, sperma yang dihasilkan akan semakin berkualitas.

    8. Menikah dengan orang yang memiliki gen kembar

    Peluang untuk hamil kembar tentu lebih besar jika Anda menikah dengan orang yang memiliki riwayat anak kembar dalam keluarganya.

    Namun, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku apabila gen kembar berasal dari pihak ibu. Jika yang memiliki gen kembar adalah ayah, peluang kehamilan kembar tidak akan berubah.

    Karena itu juga, muncul anggapan bahwa anak kembar harus lompat generasi. Padahal, kenyataannya kehamilan kembar bisa terjadi pada semua generasi asalkan ibu memiliki gen kembar.

    9. Program inseminasi buatan

    Cara hamil bayi kembar yang selanjutnya adalah dengan mengikuti program inseminasi buatan.

    Inseminasi buatan dilakukan dengan cara menyuntikkan sperma langsung ke dalam rahim. Dengan begitu, proses pembuahan akan lebih mudah dan kesempatan memiliki bayi kembar bisa meningkat.

    Pada umumnya, dokter juga akan meminta Anda mengonsumsi obat penyubur selama program hamil berlangsung.

    10. Memenuhi asupan gizi sejak kecil

    Mengutip situs American Society for Reproductive Medicine, wanita dengan tubuh besar dan tinggi memiliki peluang memiliki bayi kembar tidak identik yang lebih besar daripada wanita bertubuh kecil.

    Namun, alih-alih faktor postur tubuh, hal tersebut lebih dikaitkan dengan asupan gizi yang lebih baik sejak masa kanak-kanak.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan