Kapan Waktu Olahraga Terbaik Agar Berat Badan Cepat Turun?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Selain mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga juga perlu dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda kalau mau berat badan cepat turun. Olahraga pada dasarnya boleh dan baik dilakukan kapan saja, di mana saja. Namun, adakah waktu olahraga terbaik agar penurunan berat badan lebih efektif — pagi atau malam hari?

Waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari berbagai penelitian, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Terlebih jika dilakukan seebelum waktunya sarapan. Penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu yang menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak. Sebelum sarapan, perut Anda masih kosong sehingga hal ini dapat mendukung pembakaran lemak yang lebih banyak.

Dalam rangka mengurangi lemak, tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan. Bukannya justru membakar makanan yang masih ada dalam perut. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak. Anda juga jadi tak cepat kelaparan selama seharian setelah berolahraga pagi.

Sebab, saat kita berolahraga sebelum makan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin.Hormon insulin akan bekerja lebih sensitif sehingga lebih efektif membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan hati. Kadar gula darah yang stabil ini membuat kita cepat lapar sehingga tidak akan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga Anda jadi lebih optimal.

Terlebih, olahraga pagi dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Satu tim peneliti menemukan bahwa wanita usia 60-15 tahun yang memiliki berat badan berlebih melaporkan bisa tidur lebih nyenyak setelah konsisten berolahraga setiap pagi (sekitar empat jam dalam seminggu) daripada mereka yang olahraga malam. Tidur malam yang cukup membantu Anda lebih cepat menurunkan berat badan, karena tubuh dapat lebih baik mengatur hormon ghremlin si pembuat lapar.

Apa harus selalu olahraga di pagi hari kalau mau turun berat badan?

Seperti yang telah disinggung di atas, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari selama dua jam cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal. Mereka juga dinilai lebih mampu mengelola berat badan mereka dibanding orang yang tidak mendapat cahaya alami.Selain lebih efektif menurunkan berat badan dan bikin tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari juga bisa memberi banyak energi untuk Anda.

Tapi itu bukan berarti Anda tidak boleh dan tidak bisa berolahraga di waktu lainnya, kalau tidak punya waktu. Pada dasarnya, berolahraga di pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari sama baiknya, kok. Lebih baik mengutamakan untuk terus aktif bergerak kapanpun Anda bisa, ketimbang tidak melakukannya sama sekali.

 

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Menghilangkan bekas luka butuh waktu lama. Simak daftar obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang tepat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebelum terburu-buru mengambil obat, ikutilah tips-tips berikut untuk mengurangi nyeri haid Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai bumbu masak rica-rica, daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Herbal A-Z 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tato mata

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
5 Langkah untuk Berhenti Merokok

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
produk pembersih rumah

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
tanaman untuk kamar

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit