Sudah Rajin Olahraga Tapi Perut Belum Sixpack Juga? Ini Alasannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Perut six pack adalah impian banyak pria dan wanita yang gemar menjaga kebugaran tubuh dan berolahraga. Bagaimana tidak, perut yang rata dengan otot-otot perut yang menonjol bisa memberikan kesan kuat dan seksi sekaligus. Banyak orang berusaha mati-matian melatih otot-otot perut mereka agar semakin tampak jelas. Sayangnya, menonjolkan perut six pack bukanlah urusan yang mudah. Meski sudah berlatih untuk waktu yang cukup lama, ada orang yang belum berhasil membentuk six pack yang diidam-idamkan tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa otot-otot perut atau six pack tak semudah itu dibentuk, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengenal rektus abdominis

Perut Anda terdiri dari banyak otot. Salah satunya yang paling banyak dikenal adalah rektus abdominis. Dari sinilah istilah abs sebagai kependekan dari abdominis dipopulerkan. Meskipun dikenal sebagai six pack, sesungguhnya rektus abdominis terdiri dari 8 bagian yang tersusun dalam dua baris paralel. Bagian-bagian ini dihubungkan oleh sistem jaringan tebal yang disebut linea alba. Untuk sebagian orang, hanya ada dua atau empat otot yang tampak menonjol pada perut, atau bahkan delapan. Namun, yang paling populer adalah enam bagian.

Rektus abdominis bertugas untuk menjaga postur tubuh dan tulang belakang agar tetap tegak. Otot-otot ini juga berperan penting dalam mengatur pernapasan dan menjaga agar organ-organ dalam tubuh tetap utuh dan menyatu.

Ini berarti setiap orang tentu memiliki six pack atau rektus abdominis di balik bagian perut mereka. Hanya saja pada sebagian orang, otot-otot ini tampak lebih menonjol dan terbentuk.  

Bagaimana cara menonjolkan perut six pack?

Untuk menonjolkan perut six pack, Anda perlu melatih otot rektus abdominis Anda dengan rutinitas latihan yang cukup menantang. Anda bisa melakukan latihan sit-up, crunch, plank, dan pull-up secara rutin untuk menambah massa otot perut Anda. Proses membentuk rektus abdominis Anda tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh waktu mulai dari 3 bulan hingga 20 bulan sampai perut six pack Anda mulai tampak pada perut. Bahkan setelah terbentuk, Anda masih harus terus melatih dan menjaganya karena jika dibiarkan, perut six pack Anda bisa perlahan-lahan menghilang.

Tak semua orang bisa punya perut six pack

Walau berbagai jenis latihan telah dikembangkan untuk membantu mereka yang ingin membentuk otot rektus abdominis, hal tersebut bukan jaminan Anda pasti bisa mencapai bentuk six pack yang Anda inginkan. Seperti ditulis Independent, Dr. Jamie Timmons dari Loughborough University menjelaskan bahwa setiap orang memiliki susunan gen yang berbeda dalam merespon latihan fisik. Ini berarti ada gen yang sangat responsif terhadap latihan fisik sehingga hasilnya dapat jelas terlihat, tapi ada juga yang kurang atau tidak responsif terhadap latihan fisik. Hal ini menjelaskan mengapa ada yang bisa mencapai perut six pack dengan cepat dan ada yang butuh waktu sangat lama atau gagal sama sekali.

Menurut Dr. Jamie Timmons, hanya ada satu dari antara enam orang yang memiliki gen yang responsif pada latihan fisik. Orang-orang dengan respon yang lemah terhadap latihan fisik umumnya hanya bisa menikmati 5% dari peningkatan kebugaran setelah berolahraga dan berlatih fisik sementara mereka yang bisa merespon dengan baik akan mengalami hingga 50% dari hasil latihan fisik yang dijalani.

Selain faktor genetik, seorang peneliti dari University of New Mexico menguak bahwa tidak semua orang memiliki lipatan tendon yang membagi otot rektus abdominis menjadi enam bagian yang sempurna bak papan cuci. Maka, seberat apa pun latihan yang dijalani, otot-otot tersebut tak akan tampak menonjol dengan sempurna seperti pada orang lain.

Alasan lain perut six pack tak kunjung nampak

Selain dua alasan di atas, ada banyak faktor yang menentukan seberapa jelas bentuk abs yang tampak pada bagian perut Anda. Perbedaannya adalah hal-hal di bawah ini masih bisa diperbaiki dan terus dilatih untuk mendapatkan perut rata dan six pack impian Anda.

1. Kadar lemak tubuh yang terlalu tinggi

Seberapa pun besar otot Anda, selama kadar lemak tubuh Anda masih tinggi Anda tidak akan mendapatkan hasil six pack yang terbaik. Untuk menonjolkan abs pada perut, Anda harus memastikan kadar lemak Anda berada di sekitar angka 10%.

2. Latihan Anda kurang tepat dan kurang intens

Dengan rezim latihan yang benar, Anda bisa memamerkan abs dalam waktu beberapa bulan. Namun, jika Anda kurang memberikan variasi pada latihan Anda atau Anda tidak rajin berlatih, tentu hasil yang Anda harapkan pun akan semakin jauh. Anda bisa melakukan latihan rutin dari rumah atau dengan bantuan trainer pribadi.

3. Kurang istirahat

Kurang tidur menyebabkan meningkatnya kortisol dalam tubuh. Kortisol bisa memicu pertumbuhan lemak perut yang akan semakin menghalangi pembentukan perut six pack Anda. Selain itu, hormon yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan otot biasanya diproduksi selama Anda tidur. Jadi pastikan untuk tidur cukup, yaitu 8 jam sehari.

4. Tidak menjaga pola makan

Perut six pack tidak akan berhasil jika Anda tetap makan sembarangan. Kalau Anda ingin membangun otot-otot perut, perhatikan pola makan Anda. Jangan sampai Anda makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Lebih baik perbanyak makanan yang mengandung protein dan kurangi asupan kalori Anda.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Oatmeal bukan hanya lezat, tapi juga penuh serat., mengenyangkan, dan cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Simak 7 resep oatmeal berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Resep Sehat, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit