5 Manfaat Pilates: Dari Postur Tubuh Ideal Hingga Seks yang Lebih Baik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kalau dilihat-lihat, yoga dan pilates bisa dikatakan hampir mirip. Tapi sebenarnya pilates adalah versi kontemporer dari yoga. Awal mula pilates dikembangkan sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran bernama Joseph Pilates, sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Bagi Anda yang sedang cari-cari gym karena penasaran untuk menjajal pilates tapi masih ragu tentang manfaatnya, simak artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut tentang banyak manfaat pilates untuk tubuh.

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh

1. Menguatkan otot inti tubuh

Otot inti adalah serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Anggap saja otot inti Anda sebagai penghubung utama dari rantai penghubung tubuh bagian atas dan bawah, yang terlibat dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, serta bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. Melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Memiliki torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

Banyak orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti identik dengan program membentuk perut six-pack. Tapi jangan salah, menguatkan otot inti menjadi salah satu manfaat pilates yang paling dicari.

2. Mengoreksi postur tubuh

Otot perut dan punggung yang kuat sangat penting untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti menggendong anak kecil dan membawa boks atau barang berat. Pilates mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

Pilates melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, perut, serta panggul Anda yang penjadi pusat gravitasi tubuh, agar dapat bekerja secara harmonis. Lebih penting lagi, menstabilkan inti tubuh lewat pilates juga mengurangi keausan tulang belakang. Manfaat pilates ini memungkinkan Anda untuk menarik lebih banyak oksigen saat bernapas, yang memberikan Anda postur tubuh stabil dan baik, dan juga mengasah keterampilan motorik halus Anda. Keterampilan motorik yang tajam membuat Anda bisa sigap dalam bereaksi dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil, seperti saat di jalanan licin atau tanjakan tajam.

Postur tubuh yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, yang pada akhirnya menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

3. Mencegah dan mengurangi rasa sakit dari cedera

Kelamaan duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda. Begitu otot inti tubuh melemah, salah bantal atau keseleo sedikit saja dapat menyebabkan Anda menderita nyeri berkepanjangan — belum lagi risiko nyeri kambuhan yang juga sama besarnya.

Pilates memanjangkan dan memperkuat otot, meningkatkan elastisitas otot, dan meningkatkan mobilitas sendi. Tubuh dengan kekuatan dan kelenturan yang seimbang akan lebih kebal dan/atau lebih cepat sembuh dari cedera.

Itu sebabnya banyak orang-orang dengan nyeri punggung bawah kronis memilih berlatih Pilates, dan telah terbukti sangat meningkatkan kesembuhan walau hanya mengikuti empat minggu sesi latihan (jika dibandingkan dengan mereka yang berkunjung ke dokter spesialis saja), ungkap sebuah studi terbitan Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy. Terlebih lagi, rasa sakitnya benar-benar menghilang selama setahun penuh pasca-Pilates.

4. Menajamkan fokus

Pilates tampak sangat mudah dilakukan, tapi sebenarnya ini merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Pilates berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan napas yang membuat Anda jadi lebih berfokus pada setiap gerakan yang Anda buat. Ketajaman fokus ini membuat sangat tipis kemungkinannya untuk Anda bisa teledor dan mencelakai diri sendiri.

Selain itu, ketika peneliti Cina mengukur perubahan dalam aktivitas otak perempuan setelah 10 minggu ikut senam Pilates, mereka menemukan adanya peningkatan daya puncak alpha otak, yang berhubungan dengan aktivitas saraf jaringan, kinerja memori, dan fungsi kognitif lainnya. Para peneliti percaya Pilates bahkan mungkin memiliki potensi sebagai pilihan terapi untuk orang-orang dengan penyakit otak degeneratif dan disfungsi kognitif.

5. Meningkatkan kualitas kehidupan seks

Sedikit banyak, pilates juga melibatkan gerakan yang mirip dengan senam Kegel untuk menguatkan otot dasar panggul Anda. Otot panggul yang kuat dapat memberikan Anda pengalaman orgasme yang lebih menakjubkan.

Selain itu, manfaat pilates untuk penguatan otot panggul tak hanya berakhir di tempat tidur saja. Jika Anda sedang mencoba hamil, otot dasar panggul dapat memudahkan Anda untuk mengejan melahirkan bayi saat persalinan nanti.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Gay dan Lesbian Disembuhkan?

Katanya, homoseksualitas adalah bentuk penyakit mental yang memengaruhi orientasi seksual seseorang. Lalu, apakah gay bisa disembuhkan lewat terapi ini?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Katanya, olahraga di siang hari bisa membakar kalori lebih banyak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Padahal, justru bisa berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Olahraga Lainnya, Kebugaran 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Alasan Minum Kopi Saat Perut Kosong Itu Tidak Baik

Satu hal pertama yang banyak orang lakukan di pagi hari adalah menyeruput secangkir kopi hangat. Tapi, minum kopi saat perut kosong bukanlah ide yang baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit hepatitis adalah

Penyakit Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
obat cacing

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit