home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bagaimana Rutin Berlari Bisa Membentuk Tubuh Ideal

Bagaimana Rutin Berlari Bisa Membentuk Tubuh Ideal

Lari dianggap sebagai salah satu jenis latihan kardio yang paling efektif untuk memelihara kesehatan jantung. Untuk mereka yang tidak bisa pergi ke gym karena biayanya yang mahal tetapi masih ingin membentuk tubuh ideal, lari bisa menjadi solusi terbaik yang murah meriah. Bagaimana bisa?

Bagaimana lari bisa membentuk tubuh ideal?

Tubuh terdiri dari banyak elemen, termasuk massa otot, tulang, air, organ, dan lemak. Tujuan latihan fisik adalah untuk meningkatkan proporsi massa otot dan membakar lemak. Lari sudah terbukti efektif dalam kedua hal ini.

Saat pertama kali mulai berlari, tubuh Anda menggunakan senyawa organik ATP (adenosine triphosphate) yang disimpan dalam otot dan glikogen darah sebagai sumber energi. Semakin lama Anda berlari, semakin banyak ATP yang dikonsumsi. Otot memerlukan oksigen untuk beradaptasi dengan jenis aktivitas fisik yang berdampak tinggi seperti lari, sehingga sel-sel otot akan melepaskan asam laktat untuk memberi tahu otak agar mengirimkan lebih banyak oksigen.

Selama Anda berlari, tubuh memfokuskan pengaliran sebagian besar darah segar ke otot-otot yang membutuhkannya. Anda akan menyadari seberapa berat napas Anda saat kebutuhan oksigen meningkat. Tubuh Anda mulai membakar kalori dengan cepat, dan seiring meningkatknya suhu tubuh, kelenjar keringat akan berperan dalam mendinginkan Anda dan mencegah terjadinya heat stroke.

Pada dasarnya lari membantu Anda mengurangi berat badan dengan membakar kalori lebih cepat daripada aktivitas fisik lainnya. Lari juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme. Dengan berlari, tubuh terangsang untuk terus membakar semakin banyak kalori bahkan setelah Anda telah menyelesaikan sesi lari Anda.

Untuk membentuk tubuh ideal, rutin lari saja tidak cukup

Selama Anda menjalani diet rendah lemak, lari akan membakar kalori yang merangsang tubuh untuk menggunakan lemak sebagai tenaga. Lama kelamaan ini akan menurunkan angka berat badan di timbangan.

Namun, Anda harus ingat bahwa rumus utama untuk membentuk tubuh ideal adalah dengan mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Lari hanya bisa membuat Anda mencapai unsur yang pertama, sehingga Anda akan membutuhkan latihan beban untuk mencapai unsur yang kedua. Selain itu, berat badan ideal Anda akan tergantung pada jumlah kalori yang Anda gunakan dan yang Anda konsumsi.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How Running Changes Your Body. http://www.theactivetimes.com/run-race/road/how-running-changes-your-body Assessed October 3, 2016

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 11/07/2017
x