home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Bikin Hati Senang dengan Jajal 5 Olahraga Ini!

Yuk, Bikin Hati Senang dengan Jajal 5 Olahraga Ini!

Katanya, olahraga bisa bikin bahagia dan senang lho! Ya, olahraga rutin bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Dengan olahraga, Anda lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Ketika Anda berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

5 olahraga yang bisa bantu perbaiki suasana hati

1. Yoga

yoga untuk rematik

Yoga adalah olahraga yang fokus pada peregangan, pernapasan dan gerakan halus yang dilakukan sambil melepaskan emosi negatif. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang Anda rasakan semakin berkurang.

Menurut Norman E Rosenthal, MD seorang dosen psikiatri di Georgetown University School of Medicine di Washington, yoga memiliki efek antidepresan yang luar biasa karena olahraga ini bukan hanya meningkatkan kelenturan tetapi juga meningkatkan kesadaran sehingga bisa mengurangi pikiran negatif.

2. Jalan santai

olahraga jalan kaki

Jika Anda memiliki banyak masalah, bahkan membuat Anda bete, cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan jalan-jalan. Tentunya jalan-jalan dengan arti sesungguhnya bukan naik mobil atau motor, ya.

Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood Anda lebih baik, terutama jika Anda berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda ingin menenangkan diri sendiri, Anda bisa berjalan sendiri. Namun jika merasa terlalu sepi, ajak teman Anda untuk berjalan-jalan selama beberapa menit sambil bercengkrama sepanjang jalan.

3. Tai chi

Jika sedang bete, kembalikan mood Anda dengan memulihkan energi positif. Taichi adalah salah satu olahraga yang dapat mengubah fokus pikiran sekaligus menyegarkan tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

4. Bersepeda


Bersepeda adalah salah satu olahraga endurance yang menyenangkan. Bagaimana tidak, sambil naik sepeda, Anda bisa jalan-jalan dan menikmati pemandangan lingkungan sekitar.

Bersepeda membantu meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan memberi Anda waktu untuk berpikir jernih sehingga Anda dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Senam aerobik

senam Zumba

Jika Anda suka dengan gerakan seperti menari yang lebih energik. Saat bete, Anda bisa mencoba melakukan olahraga senam aerobik ini. Ada banyak jenis senam aerobik, ada zumba, ballet, belly dance, dan lain-lain.

Senam ini termasuk olahraga aerobik yang melibatkan musik sehingga membuat suasana olahraga jadi lebih menyenangkan.

Olahraga aerobik pada dasarnya memang jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin, zat kimia otak yang bantu membangkitkan rasa senang. Ditambah lagi dengan iringan musik, ini akan membangkitkan suasana semakin menyenangkan.

Bukan hanya itu, jika dilakukan bersama-sama olahraga ini juga memberikan kesempatan Anda untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial juga bisa jadi obat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Smith Jessica. 2018. 12 Workouts to Improve Your Mood. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/slideshow/1002550-12-workouts-improve-mood/?slide=1 (Diakses 7 november 2018)

Myers Wyatt. 2014. 7 Great Exercises to Eases Depression. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/depression-pictures/great-exercises-to-fight-depression.aspx#01 (Diakses 7 November 2018)

Stibich Mark. 2018. Exercise and Improving Your Mood. [Online] Tersedia pada: https://www.verywellmind.com/exercise-and-improving-your-mood-2223781 (Diakses 7 Nivember 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 18/11/2018
x