Yuk, Bikin Hati Senang dengan Jajal 5 Olahraga Ini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Katanya, olahraga bisa bikin bahagia dan senang lho! Ya, olahraga rutin bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Dengan olahraga, Anda lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Ketika Anda berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

5 olahraga yang bisa bantu perbaiki suasana hati

1. Yoga

yoga untuk rematik

Yoga adalah olahraga yang fokus pada peregangan, pernapasan dan gerakan halus yang dilakukan sambil melepaskan emosi negatif. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang Anda rasakan semakin berkurang.

Menurut Norman E Rosenthal, MD seorang dosen psikiatri di Georgetown University School of Medicine di Washington, yoga memiliki efek antidepresan yang luar biasa karena olahraga ini bukan hanya meningkatkan kelenturan tetapi juga meningkatkan kesadaran sehingga bisa mengurangi pikiran negatif.

2. Jalan santai

olahraga jalan kaki

Jika Anda memiliki banyak masalah, bahkan membuat Anda bete, cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan jalan-jalan. Tentunya jalan-jalan dengan arti sesungguhnya bukan naik mobil atau motor, ya.

Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood Anda lebih baik, terutama jika Anda berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda ingin menenangkan diri sendiri, Anda bisa berjalan sendiri. Namun jika merasa terlalu sepi, ajak teman Anda untuk berjalan-jalan selama beberapa menit sambil bercengkrama sepanjang jalan.

3. Tai chi

Jika sedang bete, kembalikan mood Anda dengan memulihkan energi positif. Taichi adalah salah satu olahraga yang dapat mengubah fokus pikiran sekaligus menyegarkan tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

4. Bersepeda


Bersepeda adalah salah satu olahraga endurance yang menyenangkan. Bagaimana tidak, sambil naik sepeda, Anda bisa jalan-jalan dan menikmati pemandangan lingkungan sekitar.

Bersepeda membantu meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan memberi Anda waktu untuk berpikir jernih sehingga Anda dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Senam aerobik

senam Zumba

Jika Anda suka dengan gerakan seperti menari yang lebih energik. Saat bete, Anda bisa mencoba melakukan olahraga senam aerobik ini. Ada banyak jenis senam aerobik, ada zumba, ballet, belly dance, dan lain-lain.

Senam ini termasuk olahraga aerobik yang melibatkan musik sehingga membuat suasana olahraga jadi lebih menyenangkan.

Olahraga aerobik pada dasarnya memang jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin, zat kimia otak yang bantu membangkitkan rasa senang. Ditambah lagi dengan iringan musik, ini akan membangkitkan suasana semakin menyenangkan.

Bukan hanya itu, jika dilakukan bersama-sama olahraga ini juga memberikan kesempatan Anda untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial juga bisa jadi obat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

Memilih pakaian olahraga untuk wanita yang memakai hijab memang tidak selalu mudah. Yuk, simak tips memilihnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Lainnya, Kebugaran 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Strategi Latihan Agar Tak Kehabisan Napas Saat Main Badminton

Badminton atau bulu tangkis memang perlu ketangkasan. Anda pun jadi mudah kehabisan napas. Yuk, cari tahu cara menjaga napas saat main badminton di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Gerakan Plank yang Bisa Dilakukan untuk Membentuk Perut Rata

Untuk Anda yang suka mager berolahraga, plank bisa menjadi solusi untuk membakar banyak kalori tanpa harus banyak bergerak. Cek di sini untuk tahu caranya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Anda ingin mencoba mendaki gunung? Ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung khususnya bagi pemula agar pendakian aman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Olahraga Lainnya, Kebugaran 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
depresi pagi hari

Gejala Depresi Suka Muncul di Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bahaya Olahraga Di Siang Hari

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
senam mata untuk mata lelah

Berbagai Gerakan Senam Mata untuk Mengatasi Mata Lelah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit