Mengenal Tumor Askin, Tumor Ganas yang Menyerang Bagian Dada

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Meski termasuk kejadian yang jarang, tumor askin adalah jenis tumor ganas yang mungkin saja menyerang anak-anak dan orang muda. Lantas, apa saja gejala dari tumor ganas ini? Apa saja jenis pengobatan yang tersedia untuk mengobati tumor askin?

Apa itu tumor askin? 

Tumor askin adalah tumor ganas yang termasuk ke dalam jenis peripheral primitive neuroectodemal tumor (pPNET) yang menyerang bagian jaringan tulang dan otot dinding dada. Sel tumor ganas ini termasuk ke dalam kelompok penyakit kanker sarkoma ewing, karena sama-sama berasal dari jaringan lunak dalam tubuh.

Para ahli menyatakan bahwa penyakit ini lebih banyak ditemukan pada anak-anak hingga orang muda. Tumor askin juga cenderung lebih banyak dialami pria ketimbang wanita.

Apa saja gejala dari tumor askin?

Gejala yang muncul bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum, yaitu:

  • Sakit dan nyeri di bagian dada
  • Susah bernapas
  • Terdapat benjolan di area dada
  • Batuk kronis

Dalam beberapa kasus, tumor askin juga menyebabkan timbulnya cairan di dalam paru-paru (efusi pleura) alias paru-paru basah.

Apa yang menjadu penyebab tumor askin?

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari tumor ganas ini. Para ahli mengungkapkan bahwa tumor askin berkembang dari sel neuroektodermal, yaitu sel yang menjadi cikal bakal dari sel saraf pusat dan saraf tepi. Sel tersebut berkembang secara abnormal dan kemudian membentuk tumor sel bulat kecil yang bersifat ganas.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa sel tersebut berkembang secara abnormal karena adanya masalah pada genetik, seperti terjadi mutasi DNA atau ada kelainan DNA di dalam tubuh.

Bagaimana tumor askin didiagnosis?

Tidak mudah untuk mendeteksi tumor askin ini, pasalnya dalam banyak kasus, tumor ganas ini mirip dengan jenis tumor lainnya, sehingga sering mengecoh. Maka dari itu, untuk mendiagnosis penyakit ini, memerlukan pemeriksaan yang lengkap dan sedikit rumit. Berikut adalah beberapa pemeriksaan kesehatan yang bisa mendeteksi adanya tumor askin:

1. CT scan

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar massa dan ukuran tumor yang ada di bagian dada. CT scan lebih akurat ketimbang menggunakan sinar X biasa, karena dapat menunjukkan bagian tubuh lebih detil, sehingga memberikan gambaran tim medis terkait perkembangan tumor.

2. MRI

Pemeriksaan MRI menggunakan teknologi magnetik ini juga dilakukan untuk mengetahui perkembangan tumor dan dapat memberikan gambaran hingga ke jaringan tubuh yang terkecil.

3. Biopsi jaringan

Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sedikit jaringan tumor yang sedang berkembang. Prosedur medis ini bertujuan untuk mengetahui sifat, jenis, serta stadium tumor.

tes pap smear

Pengobatan apa saja yang dilakukan untuk menangani tumor askin?

Sama seperti pengobatan kanker pada umumnya, tumor ganas ini tumbuh dengan sangat cepat dan agresif, sehingga harus dilakukan beberapa kombinasi pengobatan, seperti kemoterapi, radioterapi, dan operasi.

Biasanya, kemoterapi atau radioterapi dilakukan terlebih dahulu untuk mengecilkan massa serta ukuran tumor. Setelah itu, barulah dilakukan operasi untuk mengangkat bagian tumor yang menempel. Di akhir pengobatan, dilanjutkan kembali pengobatan kemoterapi ataupun radioterapi untuk menghilangkan sisa-sisa sel tumor ganas yang mungkin masih ada di dalam jaringan tubuh. jenis pengobatan ini disebut dengan neoadjuvant.

Sementara, bisa juga dilakukan operasi terlebih dahulu kemudian baru dilanjutkan dengan kemoterapi serta radioterapi. Cara pengobatan ini dikenal sebagai pengobatan adjuvant, yaitu kemoterapi dilakukan setelah operasi.

Tentu, keberhasilan pengobatan akan tergantung dengan masing-masing kondisi, bila memang tumor jenis ini ditemukan pada stadium awal, maka tingkat kesembuhan cukup tinggi. Namun, sama seperti kanker sarkoma ewing lainnya, tumor ganas ini berkembang sangat cepat dan mudah untuk menyebar ke bagian tubuh lain. Maka dari itu, diperlukan penanganan yang cepat dan tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit