Angka Harapan Hidup dan Tingkat Kesembuhan Kanker Payudara Lobular

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/03/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kanker payudara lobular, juga disebut invasive lobular carcinoma (ILC), terjadi dalam lobulus payudara. Lobulus adalah daerah payudara yang menghasilkan susu. ILC adalah jenis kedua kanker payudara yang paling umum, mempengaruhi sekitar 10 persen orang dengan kanker payudara invasif. Kebanyakan orang dengan kanker payudara memiliki penyakit pada saluran mereka (invasif duktal karsinoma (IDC)), merupakan struktur yang membawa susu.

Kata “invasif” menandakan bahwa kanker telah menyebar ke daerah lain dari titik asal. Dalam kasus ILC, telah menyebar ke lobulus payudara tertentu. Bagi sebagian orang, ini berarti sel-sel kanker hadir di bagian lain dari jaringan payudara. Bagi orang lain, berarti penyakit ini telah menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Meskipun seseorang dapat didiagnosis dengan kanker payudara lobular pada usia berapa pun, tetapi paling umum terjadi pada wanita berusia 60 tahun atau lebih. Penelitian menunjukkan bahwa terapi penggantian hormon setelah menopause dapat meningkatkan risiko kanker jenis ini.

Prognosis

Seperti kanker lainnya, stadium ILC berada pada skala 0-4. Stadium berhubungan dengan ukuran tumor dan penyebaran ke area lain dari tubuh. Jumlah yang lebih besar mewakili perkembangan stadium. Stadium yang lebih tinggi umumnya memiliki prognosis yang lebih buruk.

Semakin awal Anda didiagnosis dengan kanker payudara lobular dan memulai pengobatan, semakin baik prognosis Anda. Seperti jenis kanker lainnya, tahap awal ILC kemungkinan akan lebih mudah diobati dengan lebih sedikit komplikasi. Biasanya – tapi tidak selalu – mengarah ke pemulihan penuh dan tingkat kambuh yang rendah. Namun, diagnosis dini merupakan tantangan yang signifikan pada ILC dibandingkan IDC yang jauh lebih umum. Hal itu karena pertumbuhan dan penyebaran pola ILC lebih sulit dideteksi pada mammogram rutin dan pemeriksaan payudara.

Prognosis Anda tidak hanya tergantung pada stadium kanker, tetapi juga pada rencana perawatan jangka panjang. Tindak lanjut pemeriksaan dan tes dapat membantu dokter mendeteksi kambuhnya kanker atau komplikasi lain yang mungkin timbul setelah pengobatan kanker payudara. Jadwalkan pemeriksaan fisik dan mammogram setiap tahun. Yang pertama harus dilakukan enam bulan setelah operasi atau seusainya radiasi terapi.

Angka harapan hidup

Angka harapan hidup untuk kanker biasanya dihitung dengan perhitungan seberapa banyak orang yang hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis. Meskipun memiliki tingkat kelangsungan hidup serupa antara ILC dan IDC, penelitian telah menunjukkan bahwa pasien dengan kanker payudara lobular memiliki pandangan yang sedikit lebih baik untuk kelangsungan hidup jangka pendek dan jangka panjang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer pada tahun 1997 menunjukkan bahwa orang dengan ILC memiliki sedikit penyebaran kanker dan tingkat kelangsungan hidup lima dan 30 tahun lebih tinggi dibandingkan penderita IDC. Pada ILC, tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah 78 persen, dan tingkat kelangsungan hidup 30 tahun adalah 50 persen. Pada IDC, tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah 63 persen, dan tingkat kelangsungan hidup 30 tahun adalah 37 persen.

Studi terbaru diterbitkan dalam Penelitian Kanker Payudara menunjukkan tingkat kelangsungan hidup lima tahun telah meningkat. Studi ini menunjukkan peningkatan untuk kedua jenis sekitar 85 persen pada karsinoma lobular dan sekitar 83 persen pada kanker duktal. Sedangkan perbedaan antara kedua jenis kanker ini tidak terlalu banyak dalam penelitian terbaru, prognosis kanker lobular tampaknya masih lebih cerah daripada kanker duktal.

Pengobatan

ILC dapat lebih sulit didiagnosis dibandingkan bentuk lain dari kanker payudara, karena menyebar dalam pola percabangan yang unik. Kabar baiknya adalah kanker relatif tumbuh lambat, memberi Anda waktu untuk membuat rencana pengobatan dengan tim kanker Anda. Ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk pemulihan penuh.

Pengobatan bervariasi tergantung pada stadium kanker Anda. Tumor kecil di payudara yang belum menyebar dapat diangkat dengan lumpektomi. Prosedur ini adalah versi skala rendah dari mastektomi penuh. Dalam lumpektomi, hanya bagian dari jaringan payudara yang diangkat. Dalam mastektomi, seluruh payudara diangkat.

Kemoterapi dapat digunakan untuk mengecilkan tumor sebelum operasi. Anda mungkin perlu radiasi setelah lumpektomi untuk memastikan semua sel kanker telah hilang.

Dokter akan membantu Anda membuat rencana perawatan yang telah dipersonalisasi berdasarkan pada kesehatan Anda, menggunakan teknologi terbaru yang tersedia.

Hidup lebih baik

Diagnosis kanker payudara lobular bisa menakutkan, terutama karena lebih sulit didiagnosis serta tidak terlalu banyak dipelajari seperti kanker duktal, jenis yang lebih umum. Namun, itu bukanlah hukuman mati. Banyak orang hidup lama setelah diagnosis mereka. Penelitian medis dan teknologi yang tersedia lima tahun lalu mungkin tidak semaju saat ini. Diagnosis ILC saat ini mungkin memiliki pandangan yang lebih positif dari lima atau lebih tahun yang lalu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

    Merawat pasien kanker payudara membutuhkan kesabaran dan tanggung jawab yang begitu besar. Berikut tips yang bisa membantu Anda.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Kanker Payudara, Health Centers 18/04/2020 . Waktu baca 5 menit

    Seberapa Sering Wanita Perlu Melakukan Tes Mamografi?

    Rutin melakukan tes mamografi dapat mendeteksi dini kanker payudara. Namun, kapan perlu memulai dan seberapa sering tes mamografi perlu dilakukan?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Kanker Payudara, Health Centers 07/04/2020 . Waktu baca 4 menit

    Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

    Selain dapat menimbulkan kerontokan parah, ternyata pewarna rambut juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Benarkah demikian?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Kanker Payudara, Health Centers 04/04/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan

    Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit
    kanker-muncul-kembali

    4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit
    minyak esensial

    6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Hubungan Harmonis Pengaruhi Tingkat Stres Pasien Kanker Payudara

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . Waktu baca 5 menit