7 Tips Jitu Untuk Atasi Nyeri Kanker

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nyeri kanker bisa terasa sangat menyakitkan hingga di luar kendali dalam beberapa kasus. Hidup dengan nyeri mencegah Anda untuk melakukan rutinitas harian Anda, dan juga memengaruhi kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Bagaimana cara mengatasi nyeri kanker?

Berikut adalah 7 tips untuk mengatasi nyeri kronis yang diakibatkan kanker.

Ukur rasa nyeri Anda

Begitu nyeri muncul, Anda harus melacak dan mengevaluasinya dari tingkat 0 sampai tingkat 10. Nol berarti tidak ada rasa nyeri dan 10 berarti nyeri terburuk. Anda perlu tahu apa yang menyebabkan rasa nyeri, apa yang membuatnya membaik atau memburuk, berapa lama nyeri berlangsung, dan menentukan lokasi di mana nyeri terjadi, kemudian mencatat gejala rincinya. Deskripsi yang spesifik akan membantu Anda untuk mengobati nyeri dengan lebih baik.

Minum obat nyeri kanker Anda sesuai petunjuk

Obat harus digunakan sesuai arahan dokter, karena obat yang telah diresepkan dokter untuk Anda dapat memberikan efek tertentu, baik pro maupun kontra. Itulah sebabnya obat harus digunakan dengan benar. Menyesuaikan sendiri dosisnya tidaklah dianjurkan karena dengan begitu dokter akan kesulitan untuk memonitor obat yang sesuai untuk nyeri kanker Anda.

Bicarakan keluhan Anda

Orang-orang yang Anda cintai dapat membantu Anda hanya jika Anda menunjukkan apa yang sedang Anda rasakan, alami, dan pikirkan. Jangan pernah berpikir bahwa berbagi rasa sakit Anda dengan orang lain berarti Anda menjadi beban bagi mereka. Bukalah diri dan berpikiran positif. Anda selalu memiliki orang-orang yang Anda cintai yang bersedia membantu Anda. Berbicara terbuka mengenai kondisi Anda dengan orang di sekitar juga merupakan cara untuk membantu semua pihak supaya merasa nyaman.

Jangan menunda mengatasi nyeri

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu mendeteksi rasa nyeri, Anda harus temui dokter, dan kemudian menggunakan obat teratur dan sesuai arahan sebelum keluhan memburuk. Begitu nyeri memburuk, Anda dapat kehilangan kendali atas tubuh Anda dan pengobatan pun menjadi lebih sulit.

Selain mengatasi nyeri dan mendapatkan pengobatan yang tepat guna, waktu sangatlah penting. Selama meminum dosis, jika Anda menyadari bahwa dosis tersebut menyebabkan ketidaknyamanan atau gejala tidak terduga apapun, diskusikan dengan dokter. Anda juga dapat meminum obat nyeri sekitar setengah jam sebelum melakukan olahraga yang dapat menyebabkan nyeri.

Coba akupuntur

Pengobatan akupuntur cukup efektif untuk mengatasi nyeri otot dan tulang. Akupuntur juga bekerja baik dalam membantu meringankan nyeri kanker. Akupuntur membantu melepaskan bahan kimia beracun dari tubuh. Konsultasikan dengan dokter untuk info lebih lanjut.

Pertimbangkan operasi

Operasi dapat membantu Anda mengendalikan rasa nyeri. Operasi dapat dijalankan dengan pembedahan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin, yang disebut debulking. Debulking dapat meringankan rasa nyeri dengan menghilangkan tekanan. Ini juga dapat mengurangi kemampuan metastatis sel-sel kanker.

Lakukan terapi panas dan dingin

Panas dapat membantu meringankan sakit otot. Berendam air hangat adalah salah satu tips sederhana. Anda juga dapat menggunakan kompres hangat, kompres gel, atau botol air panas. Panaskan tubuh Anda dengan cara-cara ini selama tidak lebih dari 10 menit pada satu waktu. Hentikan penggunaan air hangat jika menyebabkan rasa tidak nyaman.

Sementara itu, terapi dingin meringankan rasa nyeri dengan menumpulkan sensasi nyeri. Gunakan pak gel dingin yang tetap lembut bahkan ketika beku, atau sekantung es batu yang dibungkus dalam handuk. Aplikasikan selama tidak lebih dari 10 menit pada satu waktu. Dianjurkan bagi Anda untuk memerhatikan reaksi tubuh Anda selama mengompres dingin. Hentikan terapi dingin jika ini menyebabkan sensasi tidak nyaman.

Terkadang nyeri kanker merupakan efek samping pengobatan, dan terkadang disebabkan oleh kanker itu sendiri. Mengatasi nyeri sangatlah penting dilakukan oleh Anda untuk memudahkan proses pengobatan kanker itu sendiri. Anda harus memastikan bahwa dokter memahami apa yang sedang Anda alami dan Anda hanya melakukan cara-cara mengatasi nyeri setelah disetujui oleh dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

    Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

    Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Amiloidosis

    Amiloidosis adalah salah satu penyakit langka yang bisa menyebabkan gagal organ mematikan. Apa penyebabnya? Bisakah penyakit ini disembuhkan?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Rhabdomyosarkoma (Rabdomiosarkoma)

    Rhabdomyosarkoma atau rabdomiosarkoma adalah kanker yang menyerang jaringan lunak tubuh. Cari tahu gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 11 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    radiasi wi-fi

    Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    berhenti makan junk food

    7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    sakit kepala setelah makan

    Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    penyakit degeneratif

    Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit