home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Jantung Anda

4 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Jantung Anda

Ketumbar termasuk bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan Indonesia. Bernama latin coriandrum sativum, ketumbar ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk jantung. Apa saja manfaat kesehatan dari ketumbar untuk kesehatan jantung? Simak yuk penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kandungan nutrisi pada ketumbar

manfaat ketumbar untuk jantung

Sebelum Anda memahami manfaat ketumbar untuk kesehatan jantung, sebaiknya pahami terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram ketumbar, Anda akan menemukan kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 11.2 gram
  • Energi: 418 kalori
  • Protein: 14.1 gram
  • Lemak: 16.1 gram
  • Karbohidrat: 54.2 gram
  • Serat: 12.3 gram
  • Kalsium: 630 miligram (mg)
  • Fosfor: 370 mg
  • Zat besi: 17.9 mg
  • Natrium: 91 mg
  • Kalium 1787 mg
  • Tembaga: 0.95 mg
  • Seng: 4.6 mg
  • Beta-Karoten: 75 microgram (mcg)
  • Karoten total: 1570 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.2 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.35 mg
  • Niasin: 1.8 mg

Manfaat ketumbar untuk kesehatan jantung

manfaat ketumbar adalah herbal

Dengan menggunakan ketumbar sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan, Anda bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa manfaar yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan berbagai masalah kesehatan jantung, salah satunya serangan jantung. Pasalnya, kolesterol jahat yang berlebih dapat menumpuk pada pembuluh darah arteri hingga menyebabkan penyumbatan. Arteri yang tersumbat membuat aliran darah dari dan menuju ke jantung terhambat.

Sementara itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada ketumbar ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus trigliserida dalam darah. Dengan begitu, risiko Anda mengalami berbagai penyakit jantung akibat kolesterol pun ikut menurun.

Selain itu, kandungan mineral pada ketumbar, seperti zat besi, seng, dan tembaga, juga memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Meski begitu, para ahli perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat dari ketumbar yang satu ini.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, ketumbar juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Tidak seperti kolesterol jahat, kolesterol baik dalam justru memiliki peranan penting untuk kesehatan Anda. Keberadaan kadar kolesterol yang satu ini tentu penting untuk kesehatan jantung.

Pasalnya, kolesterol baik atau HDL memiliki peranan dalam menyingkirkan kolesterol jahat dalam darah. Ini artinya, Anda juga membutuhkan jumlah kolesterol baik yang lebih banyak daripada kolesterol jahat.

Semakin tinggi kadar kolesterol baik dalam darah, semakin rendah pula risiko Anda mengalami penyakit jantung. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi ketumbar, Anda bisa mendapatkan tambahan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengontrol kadar gula darah

Ternyata, kadar gula darah yang terlalu tinggi juga menjadi salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Pasalnya, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, seiring waktu, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah. Bahkan, kondisi ini juga bisa merusak saraf yang mengontrol jantung dan pembuluh darah.

Ini artinya, semakin lama Anda mengalami diabetes atau kadar gula darah tinggi, risiko mengalami kerusakan tersebut akan semakin tinggi. Nah, mengonsumsi ketumbar dapat membantu Anda mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dengan membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, ketumbar tak hanya memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes. Akan tetapi, mengonsumsi ketumbar juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

4. Mengatur tekanan darah

Ketumbar dapat memberikan manfaat menjaga tekanan darah, sebagai salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Seperti yang Anda tahu, semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin besar pula risikonya mengalami berbagai jenis penyakit jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan sebagainya.

Sementara itu, ketumbar memiliki sifat diuretik, sehingga dapat membantu ginjal memproduksi lebih banyak natrium pada urine. Dengan begitu, natrium akan membawa air dari dalam darah, lalu mengurangi jumlah cairan pada pembuluh darah vena dan arteri. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Nah, jika tekanan darah Anda berhasil turun, risiko Anda mengalami penyakit jantung pun ikut menurun. Namun, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kelebihan dari ketumbar ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sheela R, Merlin Shiny Sheeba, Poornima, & Priya. (2020). Effectiveness of Coriander Seed Extract in decreasing Blood Glucose level among Diabetic PatientsInternational Journal Of Research In Pharmaceutical Sciences11(3), 2879-2883. doi: 10.26452/ijrps.v11i3.2367

Diuretics. Retrieved 24 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/diuretics/art-20048129

Adding diuretics to your blood pressure drugs. Retrieved 24 March 2021, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/adding-a-diuretic-to-your-blood-pressure-drug

Diabetes, Heart Disease, and Stroke. Retrieved 24 March 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/preventing-problems/heart-disease-stroke

HDL Cholesterol: How to boost your good cholesterol. Retrieved 24 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/hdl-cholesterol/art-20046388

Vasanthi, H. R., & Parameswari, R. P. (2010). Indian spices for healthy heart – an overview. Current cardiology reviews6(4), 274–279. https://doi.org/10.2174/157340310793566172

Kiokias, S., Proestos, C., & Oreopoulou, V. (2018). Effect of Natural Food Antioxidants against LDL and DNA Oxidative Changes. Antioxidants (Basel, Switzerland)7(10), 133. https://doi.org/10.3390/antiox7100133

Jabeen, Q., Bashir, S., Lyoussi, B., & Gilani, A. H. (2009). Coriander fruit exhibits gut modulatory, blood pressure lowering and diuretic activities. Journal of ethnopharmacology122(1), 123–130. https://doi.org/10.1016/j.jep.2008.12.016
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x