home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Kulit Anda terlihat kusam, kering, sering jerawatan, atau muncul kerutan pada kulit? Hal ini mungkin disebabkan oleh peredaran darah Anda yang buruk. Bagaimana peredaran darah yang lancar bisa membuat kulit lebih sehat? Simak pada ulasan berikut ini.

Adakah hubungan antara peredaran darah dan kesehatan kulit?

menghilangkan keriput kulit wajah

Peredaran darah membawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan sel-sel kulit untuk tumbuh dan memperbaiki dirinya. Nah, sel-sel kulit selalu berganti dengan yang baru secara teratur. Maka itu, peredaran darah yang lancar penting untuk membuat kulit jadi sehat.

Seperti yang sudah diketahui, darah merupakan cairan yang membawa zat-zat yang diperlukan oleh seluruh sel-sel dalam tubuh. Kekurangan pasokan darah pada organ tertentu, termasuk organ kulit, dapat membuat kerja organ menjadi terganggu.

Di bawah ini merupakan masalah yang bisa timbul pada kulit karena peredaran darah yang tidak lancar.

  • Muncul bintik hitam. Terhambatnya pasokan darah ke kulit dapat membuat kulit menjadi kusam dan muncul bintik-bintik hitam pada kulit. Hal ini mungkin biasa terjadi pada perokok. Merokok dapat membuat pembuluh darah rentan pecah, sehingga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu, merokok juga dapat merusak jaringan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit bisa kendur dan berkerut.
  • Kulit menjadi kering. Peredaran darah yang buruk juga bisa membuat kulit menjadi kering. Darah sebagai cairan dapat menghidrasi kulit Anda sehingga kulit menjadi lembab. Namun, jika peredaran darah ke kulit terganggu, maka kulit akan kekurangan cairan sehingga menjadi kering dan gatal.
  • Muncul jerawat. Aliran darah yang terhambat juga dapat menyebabkan kulit wajah berjerawat. Penumpukan kulit mati dan minyak yang menyebabkan jerawat dapat terjadi ketika sirkulasi darah Anda berjalan tidak lancar.

Begini Cara Tepat Memilih Pelembap untuk Kulit Kering

Bagaimana cara melancarkan alirah darah supaya kulit lebih sehat?

Salah satu cara melancarkan aliran darah agar kulit lebih sehat yaitu dengan berolahraga. Olahraga dapat membuat peredaran darah berjalan lebih lancar sehingga kulit tidak kekurangan pasokan darah.

Selama olahraga, derasnya aliran darah yang melewati otot bisa 15 – 20 kali lebih besar dibandingkan saat Anda sedang tidak berolahraga.

Peredaran darah yang baik juga dapat membantu menyediakan nutrisi dan oksigen bagi sel kulit. Hal ini tentu membantu sel-sel kulit dalam beregenerasi sehingga proses pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit baru yang lebih sehat bisa berjalan dengan lancar.

Sel kulit yang baru bisa mencegah munculnya garis-garis halus, keriput pada wajah, dan berbagai tanda penuaan kulit lainnya.

Produk Skincare Anti-aging yang Aman untuk Cegah Penuaan Dini

Selain itu, aliran darah membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh. Hal ini terkait dengan fungsi kulit sebagai organ yang terlibat dalam sistem ekskresi. Sistem eksresi yaitu sistem pengeluaran zat sisa yang tidak dipakai tubuh.

Boleh dibilang, olahraga termasuk cara yang baik untuk membersihkan (detoksifikasi) kulit dari dalam. Ini berarti tidak akan ada terlalu banyak kotoran, sel kulit mati, dan zat lainnya yang menumpuk di kulit. Kulit pun menjadi lebih cerah dan lebih bersih.

Tak hanya itu, olahraga juga terbukti dapat membantu mengurangi stres. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat kulit lebih sehat dan terlihat segar. Jerawat pada wajah pun mungkin akan berkurang saat stres Anda mereda.

Dikutip dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa kelenjar minyak dapat dipengaruhi oleh hormon stres. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa stres sangat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gardner, S. S. (2011). Exercise for Healthy Skin. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/exercise#1 [Accessed 14 Aug. 2017].

Blood Flow Through Tissues During Exercise. [online] Available at: http://www.mhhe.com/biosci/ap/vander/student/olc/c-reading4.html [Accessed 14 Aug. 2017].

Picardi, P. (2014). Why Smoking Is Bad for Your Skin (And Yes, That Includes Marijuana). [online] Teen Vogue. Available at: http://www.teenvogue.com/story/why-smoking-bad-for-skin [Accessed 14 Aug. 2017].

Reed, K. (2017). 8 Symptoms of Poor Blood Circulation You Can’t Ignore. [online] Positive Health Wellness. Available at: https://www.positivehealthwellness.com/pain-relief/8-symptoms-poor-blood-circulation-cant-ignore/ [Accessed 14 Aug. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x