Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit terlihat kusam, kering, sering jerawatan, atau muncul kerutan pada kulit? Hal ini mungkin disebabkan oleh peredaran darah Anda yang buruk. Peredaran darah membawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan sel-sel kulit untuk tumbuh dan memperbaiki dirinya. Nah, sel-sel kulit selalu berganti dengan yang baru secara teratur. Sehingga, peredaran darah yang lancar dapat membuat kulit lebih sehat.

Sebenarnya apa hubungan antara peredaran darah dan kesehatan kulit? 

Darah merupakan cairan yang membawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh seluruh sel-sel dalam tubuh. Kekurangan pasokan darah pada organ tertentu, termasuk organ kulit, dapat membuat kerja organ menjadi terganggu. Beberapa masalah yang bisa timbul pada kulit karena peredaran darah yang tidak lancar adalah:

  • Muncul bintik hitam. Terhambatnya pasokan darah ke kulit dapat membuat kulit menjadi kusam dan muncul bintik-bintik hitam pada kulit. Hal ini mungkin biasa terjadi pada perokok. Merokok dapat membuat pembuluh darah rentan pecah, sehingga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu, merokok juga dapat merusak jaringan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit bisa kendur dan berkerut.
  • Kulit menjadi kering. Peredaran darah yang buruk juga bisa membuat kulit menjadi kering. Darah sebagai cairan dapat menghidrasi kulit Anda sehingga kulit menjadi lembab. Namun, jika peredaran darah ke kulit terganggu, maka kulit akan kekurangan cairan sehingga menjadi kering dan gatal.
  • Muncul jerawat. Aliran darah yang terhambat juga dapat menyebabkan kulit wajah berjerawat. Penumpukan kulit mati dan minyak yang menyebabkan jerawat dapat terjadi ketika sirkulasi darah Anda berjalan tidak lancar.

menghilangkan keriput kulit wajah

Bagaimana cara melancarkan peredaran darah supaya kulit lebih sehat?

Salah satu cara melancarkan aliran darah agar kulit lebih sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat membuat peredaran darah berjalan lebih lancar sehingga kulit tidak kekurangan pasokan darah. Selama olahraga, derasnya aliran darah yang melewati otot bisa 15-20 kali lebih besar dibandingkan saat Anda sedang tidak berolahraga.

Peredaran darah yang baik juga dapat membantu menyediakan nutrisi dan oksigen bagi sel kulit. Hal ini tentu membantu sel-sel kulit dalam beregenerasi sehingga proses pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit baru yang lebih sehat bisa berjalan dengan lancar. 

Sel kulit yang baru bisa mencegah munculnya garis-garis halus, keriput pada wajah, dan berbagai tanda penuaan lainnya.

Selain itu, aliran darah juga membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh. Hal ini terkait dengan fungsi kulit sebagai salah satu organ yang terlibat dalam sistem ekskresi. Sistem eksresi adalah sistem pengeluaran zat sisa yang sudah tidak terpakai oleh tubuh.

Boleh dibilang, olahraga menjadi salah satu cara yang baik untuk membersihkan (detoksifikasi) kulit dari dalam. Ini berarti tidak akan ada terlalu banyak kotoran, sel kulit mati, dan zat lainnya yang menumpuk di permukaan kulit. Kulit pun menjadi lebih cerah dan lebih bersih.

Tak hanya itu, olahraga juga terbukti dapat membantu mengurangi stres. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat kulit lebih sehat dan terlihat segar. Jerawat pada wajah pun mungkin akan berkurang saat stres Anda mereda. Dikutip dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa kelenjar minyak dapat dipengaruhi oleh hormon stres. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa stres sangat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Luka Bakar

Luka bakar adalah kerusakan di jaringan kulit manusia. Cari tahu gejala, penyebab, derajat luka, serta pengobatan luka bakar di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Hematohidrosis Adalah Keringat Berdarah, Apa Penyebabnya?

Seorang wanita berusia 21 tahun asal Italia dilaporkan mengeluarkan keringat darah dari wajah dan telapak tangannya. Lho, apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Membuat Scrub Kopi untuk Kulit Cerah Berkilau

Kafein dalam kopi bisa bantu Anda menyamarkan lingkaran hitam "mata panda" dan selulit. Berminat coba membuat scrub kopi sendiri di rumah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

komponen darah tes darah

4 Macam Komponen Darah Manusia dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
gatal di selangkangan

8 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
cara mengetahui skincare cocok atau tidak

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
peredaran darah tidak lancar

10 Gejala Peredaran Darah Tidak Lancar dan Berbagai Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit