home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Selain Obat, Pola Makan Juga Jadi Kunci Utama Cepat Pulih dari Tipes

Selain Obat, Pola Makan Juga Jadi Kunci Utama Cepat Pulih dari Tipes

Tipes terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi yang biasanya mengontaminasi makanan. Umumnya, orang yang terkena penyakit ini akan diberikan antibiotik guna mematikan bakteri penyebab tipes. Namun ternyata selain pengobatan medis yang dianjurkan dokter, pola makan yang baik juga bisa bantu mengatasi penyakit tipes.

Atur pola makan agar cepat sembuh dari tipes

Salah satu cara untuk cepat pulih dari tipes adalah menerapkan pola makan yang baik. Biasanya, nafsu makan akan menurun dan mual hingga muntah ketika Anda terserang tipes. Oleh karena itu, asupan nutrisi dan vitamin tubuh akan berkurang.

Nah, agar Anda cepat sembuh dari tipes, tentu saja Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa mengatur makanan bagi penderita tipes akan berpengaruh terhadap pengobatannya.

Maka dari itu, Anda harus melihat jenis makanan yang baik dimakan dan apa yang harus dihindari.

1. Konsumsi makanan berkalori tinggi

resep pasta gandum

Makanan berkalori tinggi akan membantu Anda untuk mempercepat pemulihan penyakit tipes. Hal tersebut dikarenakan kalori tinggi akan mencegah berat badan turun drastis akibat tipes. Beberapa pilihan makanan yang berkaori tinggi misalnya, pasta, roti putih, kentang rebus, atau pisang.

Jika memungkinkan, batasi makanan serat tinggi dulu karena dikhawatirkan akan sulit dicerna sehingga mengganggu pencernaan Anda.

2. Minum air putih yang banyak

sudah cukup minum air putih belom

Keseimbangan elektrolit dan air di dalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes. Nah, minum banyak air putih adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan demi mempercepat penyembuhan tipes.

Minumlah minimal 6-8 gelas air dalam sehari. Salah satu akibat dari penyakit tipes adalah diare dan gangguan pada pencernaan ini bisa membuat Anda dehidrasi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan adalah hal yang penting.

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi kuah sayur atau air perasan buah. Keduanya dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Jika dehidrasi semakin parah, segera ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

3. Makan yogurt dan telur

manfaat yoghurt

Selain makanan berkalori tinggi, Anda juga bisa memberikan variasi lain di menu Anda dengan menambahkan telur, yogurt, atau keju. Telur, yogurt, dan keju sangat mudah untuk dicerna dan bisa menjadi sumber protein yang baik. Atau, jika Anda vegetarian, Anda bisa mengandalkan beragam kacang-kacangan, misalnya kacang polong.

Perlu diingat juga, jika perubahan pola makan yang baik ini juga harus diiringi dengan perilaku hidup sehat lainnya. Misalnya saja, sering-sering mencuci tangan dengan sabun, supaya mencegah penularan bakteri tipes.

Pantangan makanan saat kena tipes

mengatasi kepedasan

Nah, setelah mengetahui jenis makanan apa yang harus dimakan, Anda juga harus tahu apa saja makanan yang harus dihindari agar cepat pulih dari tipes.

Menghindari makanan di bawah ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes.

  • Makanan yang berserat tinggi karena dapat mengganggu sistem pencernaan.
  • Kubis dan capsicum bisa membuat perut Anda kembung dan sering buang gas.
  • Masakan yang memiliki rasa bawang putih dan merah yang kuat. Keduanya dapat menyebabkan peradangan.
  • Makanan pedas mampu memperburuk kondisi penderita tipes.
  • Makanan yang digoreng, mentega, dan makanan penutup pun harus dihindari.
  • Hindari membeli makanan dari pinggir jalan

Salah satu cara agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes adalah memperhatikan pola makan. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam proses pemulihan, usahakan untuk mengikuti tips-tips di atas agar mempercepat penyembuhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Typhoid diet: here’s what you should eat and avoid if you have typhoid https://doctor.ndtv.com/living-healthy/typhoid-diet-foods-to-eat-and-avoid-during-typhoid-1879975 accessed May 22, 2019.

Food for typhoid fever https://www.livestrong.com/article/510017-food-for-typhoid-fever/ accessed May 22, 2019.

Typhoid diet http://www.diethealthclub.com/health-issues-and-diet/jaundice/diet-tips-for-typhoid-and-jaundice.html accessed May 22, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 15/02/2021
x