Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Baca semua artikel tentang coronavirus (COVID-19) di sini.

Dengan semakin bertambahnya kasus terinfeksi COVID-19 di Indonesia, pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah demi mengendalikan angka penularannya. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan.

Sejumlah upaya pencegahan juga tetap harus dilakukan, salah satunya adalah dengan berolahraga. Menurut beberapa ahli, yoga bisa menjadi salah satu olahraga guna cegah COVID-19.

Yoga cegah COVID-19? Ini kaitan di antara keduanya

Memang, mempertahankan gaya hidup aktif selama menjalani karantina memang tidak mudah. Selalu ada godaan yang membuat orang-orang lebih memilih untuk berdiam diri, ada juga yang merasa sudah cukup terlindungi dari virus dengan hanya tinggal di dalam rumah.

Padahal, baik bagi yang muda maupun yang tua, Anda tetap harus melakukan aktivitas fisik secara teratur jika ingin tetap sehat. Daripada hanya menghabiskan lebih banyak waktu dengan duduk, melakukan aktivitas fisik tentunya akan lebih berguna untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Seperti yang telah banyak diketahui, terdapat beberapa golongan orang yang lebih rentan terhadap COVID-19. Di antaranya adalah orang-orang yang termasuk dalam golongan usia 65 tahun ke atas, orang-orang dengan penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit paru-paru, dan orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah.

Maka dari itu, hal yang bisa Anda lakukan selain tetap tinggal di rumah adalah berolahraga. Salah satunya adalah melakukan yoga untuk cegah COVID-19.

Yoga dikenal sebagai olahraga meditasi yang berfungsi untuk menghilangkan rasa cemas. Manfaat ini tentunya akan sangat berguna di tengah pandemi COVID-19.

Dengan pemberitaan tentang COVID-19 yang semakin bertambah jumlah kasusnya, banyak orang yang mulai merasa stres dan ketakutan. Olahraga yogalah yang nantinya akan membantu mengurangi dan cegah perasaan tersebut selama COVID-19.

Selain itu, yoga mungkin akan membantu orang-orang dengan masalah paru-paru atau pernapasan. Sekelompok peneliti dari Airways Clinical Research Centers menemukan bahwa latihan pernapasan yang digunakan dalam olahraga yoga bisa meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (COPD).

Penemuan tersebut tentunya menjadi kabar yang baik. Obat-obatan yang diminum untuk perawatan COPD terkadang menghasilkan efek samping yang berat dan bisa memakan biaya yang cukup tinggi.

Memang, yoga tidak langsung menyembuhkan penyakit tapi setidaknya bisa menjadi alternatif untuk meringankan kondisinya.

mencegah tertular coronavirus

Yoga cegah COVID-19 dengan meningkatkan imunitas tubuh

makanan sehat untuk anak makanan bergizi untuk anak

Seperti jenis olahraga lainnya, yoga ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang mana sangat berguna jika Anda ingin mengurangi risiko tertular COVID-19.

Fakta ini dikemukakan pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Behavioral Medicine. Dalam uji coba yoga ini, para ilmuwan meneliti respons sistem kekebalan tubuh dengan mengukur kadar penanda pro-inflamasi yang menyebabkan peradangan sel seperti sitokin serta jumlah sel imun dari darah atau air liur.

Hasilnya, peserta yang rutin melakukan yoga mengalami pengurangan dalam jumlah sitokin yang disebut IL-1beta.

Sitokin merupakan protein yang dihasilkan dari sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya sitokin memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Namun, terlalu banyak produksi sitokin malah berbahaya dan bisa saja menyebabkan kerusakan organ tubuh.

Belum diketahui secara pasti seberapa rutin yoga harus dilakukan untuk menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih kuat demi cegah COVID-19. Namun, kebanyakan program yoga yang diadakan dalam uji coba bisa berlangsung antara 8 sampai 12 minggu dengan frekuensi satu kali seminggu atau setiap hari.

Tips Merawat Hubungan Selama Social Distancing dengan Pasangan

Pose yoga untuk dilakukan selama pandemi COVID-19

Bagi Anda yang ingin memulai yoga, berikut adalah beberapa pose yang bisa Anda coba ikuti di rumah.

1. Downward facing dog

yoga cegah covid-19
Sumber: Gaia.com

Pose yoga ini berfokus pada sistem kekebalan tubuh yang akan berdampak pada area sinus dengan memperlancar aliran darah ke arahnya. Pose ini juga bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat.

Caranya, mulailah dengan posisi merangkak, telapak tangan dan lutut menjadi tumpuan di atas matras. letakkan tangan sedikit lebih maju dari bahu, renggangkan jari-hari tangan. Tarik napas lalu hembuskan sambil mengangkat lutut sampai kedua kaki lurus dan tumit tidak menyentuh matras. Tundukkan kepala ke bawah, tegakkan tulang belakang dan rentangkan tangan hingga lurus.

2. Seated spinal twist

Selain menghilangkan ketegangan otot tulang belakang, pose yoga ini dapat membantu fungsi internal tubuh termasuk meningkatkan sistem imunitas.

Mulailah dengan posisi duduk sambil meluruskan kaki. Tekuk lutut kanan, kemudian letakkan kaki kanan di sebelah luar paha kiri. Putat tubuh ke arah sebaliknya, lalu tekan lutut kaki kanan menggunakan tangan kiri. Tarik dan buang nafas panjang. Ulangi langkah dengan arah sebaliknya.

Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Downward Facing Dog (Adho Mukha Svanasana). (2019). Retrieved 21 April 2020, from https://www.yogajournal.com/poses/downward-facing-dog

New Research on How Yoga Boosts Your Immune System. (2018). Retrieved 21 April 2020, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/urban-survival/201802/new-research-how-yoga-boosts-your-immune-system

Staying Active During the Coronavirus Pandemic. (2020). Retrieved 21 April 2020, from https://www.exerciseismedicine.org/assets/page_documents/EIM_Rx%20for%20Health_%20Staying%20Active%20During%20Coronavirus%20Pandemic.pdf

Support Your Immune System: Yoga for Wellness. (2017). Retrieved 21 April 2020, from https://www.yogajournal.com/lifestyle/support-your-immune-system

Yoga, Tai Chi and Your Lungs: The Benefits of Breathing through Exercise. (2017). Retrieved 21 April 2020, from https://www.lung.org/blog/yoga-tai-chi-and-your-lungs

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 30/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x