Untuk mengendalikan diabetes, hormon insulin tidak bisa sembarang disuntikkan. Pasalnya, segala hal yang berkaitan dengan suntik insulin akan memengaruhi efektivitasnya di dalam tubuh, seperti dosis, waktu, dan lokasi suntikan insulin. Salah suntik insulin di tempat yang tidak semestinya akan menimbulkan efek samping tertentu bagi tubuh. Seperti apa pengaruhnya? Berikut penjelasannya.

Bagian tubuh mana saja yang boleh menjadi tempat insulin disuntikkan?

Tempat atau lokasi penyuntikan insulin akan memengaruhi kadar glukosa darah dalam tubuh Anda. Karena itulah, Anda tidak bisa sembarang menyuntikkan insulin pada bagian tubuh tertentu sesuka hati.

Sesaat setelah menyuntikkan insulin, insulin akan masuk ke aliran darah dengan kecepatan tertentu, tergantung di bagian tubuh mana Anda menyuntikkan insulin. Suntikan insulin harus ditempatkan pada jaringan subkutan atau jaringan lemak, dengan empat lokasi utamanya adalah:

  • perut
  • bokong
  • lengan
  • paha

Semua bagian tubuh ini memiliki area kulit yang lebar sehingga Anda bisa melakukan rotasi injeksi, yaitu menyuntikkan di area yang berbeda pada empat bagian tubuh ini.

Insulin bekerja paling cepat bila disuntikkan di bagian perut. Sementara itu, aliran insulin sedikit lebih lambat bila disuntikkan di bagian paha dan bokong. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, suntikkan insulin di area tubuh yang sama, misalnya di area sekitar perut. Ini akan membuat insulin mencapai darah dengan kecepatan yang sama sehingga kerja insulin menjadi lebih efektif.

Apa yang terjadi kalau salah suntik insulin di bagian yang tidak semestinya?

Sembarangan menyuntik insulin bisa memicu berbagai efek samping. Anda tidak dianjurkan untuk menyuntikkan insulin di bagian otot, jaringan parut, tahi lalat, atau bahkan di tempat yang sama setiap waktu. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan lipohipertrofi, yaitu pertumbuhan sel atau pembesaran sel lemak di sekitar bagian yang disuntik.

Kondisi ini akan membuat insulin tidak diserap oleh tubuh secara maksimal. Terkadang area yang terdapat lipohipertrofi juga bisa merusak ujung saraf Anda, sehingga Anda tidak merasakan apa-apa saat diberikan injeksi. Ini jelas menandakan bahwa terdapat gangguan saraf di area tersebut.

Selain itu, hindari menyuntikkan anggota badan yang akan Anda gunakan untuk beraktivitas. Ambil contoh, jangan menyuntikkan insulin di bagian paha bila Anda ingin bermain sepak bola, atau hindari suntikan di bagian lengan bila Anda hendak beres-beres rumah. Ini karena insulin akan bekerja lebih cepat dan justru memungkinkan terjadinya hipoglikemia.

Suhu panas juga dapat mempercepat kerja insulin setelah disuntikkan ke dalam tubuh. Karena itu, berhati-hatilah bila Anda harus beraktivitas di cuaca panas. Termasuk juga hal-hal lain yang berhubungan dengan suhu panas, seperti mandi air hangat atau pijat. Ini juga dapat memengaruhi kadar glukosa darah Anda.

Cara menyuntikkan insulin yang benar

Kini Anda sudah tahu bagian mana saja yang menjadi lokasi terbaik untuk menyuntikkan insulin. Jadi, Anda akan terhindar dari bahaya salah suntik insulin di bagian tubuh yang tidak semestinya.

Anda dianjurkan untuk menyuntikkan insulin pada waktu dan sekitar area tubuh yang sama. Ambil contoh, suntikkan insulin sebelum sarapan di bagian perut dan di bagian kaki saat sebelum tidur setiap harinya. Atau Anda juga boleh menyuntikkan insulin di sisi kanan pada pagi hari dan bergantian ke sisi kiri pada malam hari.

Yang terpenting adalah menghindari lokasi injeksi yang sama, setidaknya berikan jarak minimal 2,5 sentimeter (cm) dari daerah suntikan sebelumnya. Lakukan rotasi di dalam satu bagian tubuh selama satu minggu, lalu baru pindah ke bagian tubuh yang lain. 

Konsistensi ini akan membuat glukosa darah bekerja lebih maksimal dan teratur. Untuk mendapatkan hasil terbaik, suntikkan insulin 30 menit sebelum makan. Jika Anda masih tidak yakin bagaimana dan kemana harus menyuntikkan insulin, baiknya segera tanyakan pada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca