Cara Lain Mengobati Hernia Selain Operasi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah. Otot biasanya cukup kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga tetap berada di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut hingga tidak dapat menahan organ di dekatnya akan mengakibatkan hernia. Prosedur operasi biasanya dilakukan jika hernia tidak sembuh dalam waktu 4-5 tahun. Namun, ternyata ada obat hernia yang dapat mengatasi hernia tanpa prosedur operasi. Simak ulasan berikut ini.

Obat hernia tanpa prosedur operasi

Penyakit melemahnya dinding perut ini sering dianggap sepele karena jarang memiliki gejala. Tetapi, hernia juga dapat mengakibatkan gangguan usus atau terhambatnya aliran darah pada jaringan hernia yang terjepit. Meski demikian, ada juga jenis hernia yang tidak membutuhkan operasi. Contohnya hernia umbilikus yang biasanya dapat sembuh sendiri dan hernia hiatus yang terkadang dapat ditangani dengan obat-obatan. Jika prosedur operasi terlalu menakutkan untuk Anda. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan obat hernia sebagai berikut ini yang tentu bukan operasi.

1. Mengubah gaya hidup

Jika Anda mengalami gejala hernia, hal yang paling utama yang harus lakukan adalah mengubah gaya hidup Anda yang tidak sehat. Diet adalah obat hernia yang paling mudah yang bisa Anda lakukan. Anda harus perhatikan bobot berat tubuh Anda terutama jika Anda kelebihan berat badan.

Menurut penelitian, perubahan diet bisa menjadi obat hernia hiatal. Anda juga harus menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung dan rasa panas di dalam perut.

2. Olahraga teratur

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Sports Physical Therapy menyatakan bahwa hernia dapat disembuhkan dengan olahraga teratur. Penelitian ini dilakukan setelah mengamati pemain hockey yang memiliki penyakit hernia melakukan pengobatan dengan peregangan dan olahraga rutin yang teratur. Olahraga yang berfokus pada penguatan otot perut terbukti dapat melindungi jaringan otot perut dari peningkatan penekanan yang terjadi karena aktivitas atau sebab hal yang lain.

3. Yoghurt

Susu yang sudah difermentasi ini, sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat. Anda bisa mulai mengonsumsi yoghurt jika Anda mengalami gejala hernia untuk menghilangkan rasa nyeri akibat hernia. Anda bisa memilih yoghurt rendah lemak. Nilai tambah lain untuk yoghurt adalah mudah didapatkan. Yoghurt biasanya sangat dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam menu diet para penderita hernia hiatus.

Pantangan saat hernia

Yang paling penting jika Anda mengalami gejala hernia, Anda harus menghindari mengangkat benda yang begitu berat. Bila tidak dapat dihindari, pelajari cara yang benar untuk mengangkat benda berat tersebut. Obat hernia ini mungkin bisa Anda coba untuk Anda yang takut dengan prosedur operasi. Ada baiknya segera konsultasikan hernia Anda, apabila Anda merasakan peningkatan sakit luar biasa. Jika kondisi hernia Anda sudah terlalu parah, mungkin operasi memang satu-satunya jalan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Hernia (Turun Berok) Pada Wanita Ternyata Berbeda Dengan Pria

Turun berok atau penyakit hernia bisa terjadi pada wanita dan pria. Namun, ternyata ada perbedaan hernia pada wanita dengan pria. Apa saja perbedaannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/07/2018 . 3 mins read

Apakah Turun Berok Bisa Membuat Pria Jadi Tak Subur?

Penyakit turun berok (hernia) ditakutkan banyak orang, terutama pria dalam usia produktif. Cari tahu di sini apakah turun berok memengaruhi kesuburan pria.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. William
Kesuburan, Kehamilan 21/11/2017 . 4 mins read

Waspadai 7 Penyakit Ini Jika Anda Memiliki Benjolan Pada Testis

Ada beberapa kemungkinan penyebab benjolan pada testis adalah cedera, atau infeksi tertentu. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Seks & Asmara, Tips Sehat 30/04/2017 . 4 mins read

7 Penyebab Testis Bengkak yang Perlu Anda Waspadai

Testis adalah aset penting pria, wajar jika pria khawatir karena testis mereka bermasalah, salah satunya jika testis membesar. Apa penyebab testis bengkak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Seks & Asmara, Tips Sehat 26/04/2017 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab hernia inguinalis

Penyebab Hernia Inguinalis di Lipatan Paha dan Siapa Saja yang Berisiko

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2019 . 4 mins read
angkat barang berat bikin hernia

Benarkah Angkat Barang Berat Bisa Bikin Turun Berok (Hernia)?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 28/11/2018 . 4 mins read
cara mengatasi hernia

Cara Mengatasi Pusar yang Menonjol dan Terasa Nyeri Setelah Melahirkan (Hernia Umbilikal)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23/10/2018 . 3 mins read
setelah melahirkan caesar

Sembelit Setelah Operasi Caesar? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Turun Berok (Hernia)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 13/08/2018 . 3 mins read