home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Mengangkat Beban Berat Menyebabkan Turun Berok (Hernia)?

Benarkah Mengangkat Beban Berat Menyebabkan Turun Berok (Hernia)?

Konon, keseringan mengangkat barang atau beban yang berat bisa menyebabkan penyakit hernia. Mereka menganggap bahwa angkat barang berat lama-lama bisa membuat organ dalam tubuh merosot turun karena tidak kuat menahan bebannya.

Mengangkat beban dan barang berat bisa menyebabkan hernia, tapi…

angkat barang berat bikin hernia

Penyakit hernia merupakan istilah medis dari turun berok. Kondisi ini terjadi ketika sebagian atau keseluruhan dari organ atau jaringan, misalnya usus, menonjol ke daerah-daerah yang tidak semestinya.

Namun, dilansir dari laman Cleveland Clinic, dokter bedah umum, Ajita Ptabhu, MD mengatakan bahwa penyakit hernia bukan semata-mata terjadi hanya karena angkat barang berat saja.

Hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan besar berulang pada lapisan dinding perut dan kelemahan otot-ototnya yang sudah terjadi lebih dulu.

Artinya, kalau Anda hanya sesekali mengangkat barang yang memiliki beban berat dan kondisi otot-otot tubuh Anda masih kuat, kecil peluangnya hal ini dapat langsung menyebabkan hernia atau turun berok.

Hal-hal yang meningkatkan risiko terkena turun berok

Meski keseringan mengangkat barang atau beban yang berat bisa jadi salah satu pemicu yang menyebabkan hernia, ada faktor lain yang juga membuat Anda berisiko.

Kemunculan hernia disebabkan banyak faktor berbeda, misalnya saja faktor genetik. Beberapa orang terlahir memiliki dinding perut yang tidak menutup sempurna atau mengalami cacat bawaan tertentu yang memengaruhi kekuatan lapisan perutnya.

Jika sudah memiliki faktor-faktor tersebut, Anda akan semakin berisiko mengalami hernia terlepas dari seberapa sering Anda mengangkat barang berat.

Selain itu, apa pun yang dapat meningkatkan tekanan di dalam perut, entah itu batuk dan bersin terlalu kencang sampai berlutut, sama berisikonya membuat otot perut lama-lama melemah hingga menyebabkan hernia di kemudian hari.

Beberapa hal lainnya yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami turun berok dijabarkan di bawah ini.

  • Usia.
  • Batuk yang berkepanjangan atau batuk kronis.
  • Cedera atau kecelakaan yang menimbulkan kerusakan di lapisan dinding perut.
  • Hamil, karena perut yang makin membesar seiring waktu akan melemahkan otot dinding perut.
  • Sembelit, otot dinding perut cenderung menegang saat Anda berusaha keras untuk BAB.
  • Mengalami penumpukan cairan dalam perut.
  • Berat badan bertambah secara tiba-tiba.
  • Operasi di area dinding perut.
  • Membawa barang bawaan yang sangat berat.

Bagaimana cara mencegahnya?

Setelah mengetahui bahwa bukan mengangkat beban berat saja yang menyebabkan terkena hernia, Anda butuh tahu apa saja hal-hal yang dapat menghindari terkena peyakit ini. Di bawah ini merupakan cara mudah untuk mencegah penyakit hernia.

1. Bawa barang berat dengan cara tepat

Agar mengangkat beban berat tidak sampai menyebabkan Anda mengalami hernia, Anda harus mengetahui cara mengangkat barang yang benar. Ketika harus mengangkat barang berat, turunkan badan untuk berlutut dan kemudian angkat barang tersebut sembari berdiri perlahan.

Jangan membungkuk setengah badan (seperti posisi rukuk) untuk meraih barang yang ada di lantai. Dengan cara yang benar, perut Anda tidak akan kebagian tekanan besar karena tekanan akan dipusatkan di kedua kaki Anda.

Jika barang terlalu berat, jangan paksakan untuk membawanya. Anda bisa menyeret atau menggesernya. Lebih baik meminta bantuan angkat bersama orang lain agar bebannya tidak terlalu berat.

2. Berhenti merokok

Rokok membuat Anda gampang batuk-batuk. Batuk kronis akan terus menekan dinding perut yang lama-lama memicu terjadinya turun berok.

3. Jaga asupan cairan tubuh

Jangan sepelekan kebiasaan minum air putih. Cukup minum air putih dapat mencegah Anda terkena sembelit yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami turun berok.

4. Jaga berat badan tubuh tetap ideal

Anda sebaiknya menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Jika Anda kelebihan berat badan atau mengalami obesitas, maka dinding perut Anda akan terus menerus meregang dan melemah akibat tekanan dari lemak ekstra yang Anda miliki.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can Heavy Lifting Give You a Hernia?. https://health.clevelandclinic.org/does-heavy-lifting-really-give-you-hernia/ Diakses pada 5 Maret 2021.

Hernia. https://www.nhs.uk/conditions/hernia/ Diakses pada 5 Maret 2021.

How to Prevent a Hernia. https://www.everydayhealth.com/hernia/prevention/ Diakses pada 5 Maret 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 05/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x