Setelah Minum Obat, Berapa Lama Kemudian Efeknya Dirasakan Tubuh?

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/02/2017 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Ketika Anda sakit, entah itu sakit yang ringan atau tidak, tentunya Anda akan diberikan obat dari dokter untuk meredakan gejala yang dialami. Tetapi sebenarnya ketika Anda minum obat, kapan obat tersebut diserap oleh tubuh kemudian bekerja menangani sakit yang Anda alami? Apa yang mempengaruhi penyerapan obat di dalam tubuh?

Setelah minum obat, berapa lama obat akan diserap?

Obat memiliki cara kerjanya masing-masing untuk merespon gangguan yang terjadi di dalam tubuh. selain itu, anjuran minum obat yang berbeda-beda juga akan pengaruhi efektivitas kerjanya terhadap sakit yang sedang Anda derita. Normalnya, setelah Anda minum obat, obat tersebut akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah sekitar 30 menit sampai 6 jam, tergantung dengan jenis obatnya. Berikut adalah hal yang mempengaruhi kecepatan suatu obat diserap oleh tubuh, yaitu:

  • Sifat kelarutan, obat yang berjenis larutan atau cair lebih mudah dan cepat diserap dibandingkan dengan obat tablet.
  • Cara pemberian obat, tidak hanya diminum saja, tetapi obat dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara seperti disuntikan langsung melalui pembuluh darah, dimasukkan lewat anus, atau dengan cara dihirup.
  • Kemampuan tubuh dalam mengosongkan lambung.

Pemberian obat dengan cara dihirup – seperti yang dilakukan apabila pasien diberikan obat bius – adalah cara yang membuat obat paling cepat diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena jenis obat yang mudah masuk ke dalam tubuh. Sedangkan pemberian obat dengan cara diminum adalah cara yang paling lambat dalam proses penyerapan obat, sebab obat harus diolah dan dicerna dulu serta harus melalui proses pencernaan yang cukup panjang.  

Bagaimana cara obat diserap oleh tubuh?

Sesaat setelah Anda minum obat, sebenarnya obat akan langsung diserap oleh tubuh dengan cara yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis cara penyerapan obat:

  • Difusi pasif, obat yang diserap dengan cara ini maka tidak memerlukan energi dalam proses penyerapan. Sehingga sel-sel tubuh tidak perlu berupaya untuk menghasilkan energi terlebih dahulu agar obat dapat diserap. Aspirin adalah contoh obat yang diserap dengan cara ini. Selain karena tidak memerlukan energi dalam proses penyerapannya, aspirin juga lebih cepat masuk ke dalam sistem tubuh karena bersifat asam. Sehingga saat berada di dalam lambung dan bertemu asam lambung, obat tersebut akan langsung bereaksi dan diserap.
  • Transport aktif, berbeda dengan difusi pasif yang tidak memerlukan energi, proses penyerapan obat dengan cara ini membutuhkan energi. Jenis zat yang diserap melalui cara ini yaitu ion, vitamin, gula, dan asam amino. Proses penyerapan terjadi pada usus kecil.
  • Pinositosis, sangat sedikit obat yang diserap ke dalam sistem tubuh melalui cara ini. Proses pinositosis juga memerlukan energi dan hanya dapat dilakukan apabila obat berbentuk cair.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
cara cuci tangan dengan benar

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 4 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca