5 Makanan dan Minuman Terbaik Saat Demam Agar Cepat Pulih

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Demam merupakan respons alami tubuh untuk menghadapi infeksi. Ketika demam, apa yang Anda makan atau minum turut menentukan keberhasilan tubuh melawan penyakit. Itu sebabnya Anda harus cermat untuk memilih makanan dan minuman jika merawat orang yang sedang demam atau mungkin diri Anda sendiri.

Makanan dan minuman terbaik untuk orang demam

Pada dasarnya, tidak ada pantangan makanan khusus bagi orang yang sedang demam. Kunci menghadapi demam adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan guna mempercepat pemulihan.

Di antara beragam makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi saat demam, berikut adalah beberapa yang terbaik:

1. Sup ayam

Sup ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak saat melawan infeksi. Tingginya kandungan air pada makanan ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit sehingga bermanfaat untuk orang yang demam.

Selain itu, sup ayam juga mengandung asam amino sistein yang dapat melawan virus dan meredakan peradangan pada tubuh. Bagi orang yang terkena demam disertai pilek, sup ayam adalah makanan yang tepat untuk meredakan gejala penyakit ini.

2. Air kelapa

Demam bisa membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat demam harus bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Salah satu sumber cairan terbaik adalah air kelapa.

Tidak hanya memberikan cairan yang Anda butuhkan, air kelapa juga mengandung glukosa serta berbagai jenis mineral elektrolit. Keseimbangan elektrolit harus tetap terjaga agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

3. Madu

Khasiat madu bagi kesehatan seakan tak ada habisnya. Bahan makanan alami ini mengandung senyawa antibakteri serta dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini sebabnya madu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk orang demam.

Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya ke dalam makanan dan minuman. Pastikan Anda tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena sistem imunnya belum sempurna.

4. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sumber vitamin dan mineral terbaik saat demam. Beberapa jenis buah seperti stroberi, blueberry, dan cranberry juga kaya akan senyawa antosianin yang mampu melawan virus dan meredakan peradangan.

Manfaat ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Senyawa antosianin pada ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada sel tubuh. Senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

5. Teh hangat

Teh hangat bisa menjadi pelengkap dari berbagai makanan untuk orang yang sedang demam. Pasalnya, minuman ini memiliki begitu banyak manfaat. Mulai dari memberikan asupan cairan, melegakan hidung mampet, serta meredakan peradangan pada tubuh.

Teh juga mengandung senyawa yang disebut polifenol. Senyawa ini membantu tubuh Anda melawan infeksi virus, bakteri, serta jamur. Berkat manfaat ini, teh menjadi pilihan minuman tepat bagi Anda yang mengalami demam disertai batuk dan pilek.

Tidak ada makanan ataupun minuman yang dapat meredakan demam, atau bahkan menyembuhkan penyakit. Namun, makanan dan minuman yang diberikan untuk orang demam dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala.

Pilihlah makanan kaya protein, vitamin, dan mineral. Lengkapi kebutuhan cairan Anda dari buah-buahan, sup dan kaldu, atau minum air putih. Jangan lupa beristirahat dengan cukup untuk menunjang sistem kekebalan tubuh sehingga Anda lekas pulih.

Sumber foto: ScienceNordic.com

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Hantavirus, Virus dari Tikus yang Dapat Mematikan

Hantavirus adalah virus yang ditularkan melalui hewan pengerat, seperti tikus. Terdapat dua jenis hantavirus. Kenali gejalanya untuk pengobatan yang sesuai.

Ditulis oleh: dr. Ivena
Hidup Sehat, Fakta Unik 19 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Gejala Coronavirus COVID-19 yang Perlu Anda Waspadai

Wabah COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Kenali beberapa gejala coronavirus COVID-19 yang perlu Anda perhatikan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 12 Februari 2020 . Waktu baca 10 menit

Gejala Demam pada Anak yang Tidak Boleh Orang Tua Abaikan

Demam biasa merupakan hal yang umum terjadi pada anak. Namun terdapat beberapa gejala demam pada anak yang perlu diingat orang tua selain suhu badan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
gejala demam pada anak
Kesehatan Anak, Parenting 28 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Ketika Demam Kita Harus Lebih Banyak Berkeringat?

Katanya, membuat tubuh berkeringat deras saat demam adalah salah satu cara paling efektif agar cepat sembuh. Kenapa bisa begitu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara alami mengatasi demam pada anak

Cara Alami Atasi Demam Anak Sebelum Pergi ke Dokter

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
mengatasi anak step kejang demam saat anak kejang

Apa yang Harus Diakukan Jika Anak Step (Kejang Demam)

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
mimpi buruk saat demam

Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi? Inilah Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
mengatasi demam pada anak

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Mengatasi Demam pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 April 2020 . Waktu baca 3 menit