Saat berhenti merokok, wajar jika Anda berharap teman-teman dan orang-orang terdekat akan mendukung Anda. Anda ingin mereka mengerti betapa penting dan sulitnya tantangan untuk meninggalkan nikotin untuk diri Anda. Anda mengharapkan mereka untuk mengerti. Namun, kadang hal terjadi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

1. Dukungan dari orang-orang yang tidak pernah merokok

Teman-teman dan anggota keluarga biasanya akan menyemangati Anda untuk berhenti, serta merasa senang dan bangga terhadap Anda. Namun, dukungan biasanya memudar dalam beberapa waktu.

Mereka memberi semangat setiap hari untuk 1 sampai 2 minggu, namun setelahnya, mereka akan mulai lupa. Anda sudah berhenti, bukan? Saatnya melanjutkan hidup. Mereka bukannya tidak peduli terhadap Anda, mereka hanya tidak mengerti.

Orang-orang yang tidak pernah merasakan jerat candu nikotin tidak mengerti bahwa setiap hari tanpa rokok adalah kemenangan besar untuk Anda, dan hal ini berlanjut setelah beberapa minggu bahkan beberapa bulan.

Kurangnya antusiasme dari teman dan anggota keluarga yang tidak merokok dapat mengecewakan, namun respon negatif dari teman-teman perokok dapat lebih destruktif dan menyakitkan. Maka dari itu, buatlah mereka mengerti bahwa berhenti merokok bukan hal yang mudah bagi Anda, dan mereka tak seharusnya menyepelekan usaha ini. Keluarga, pasangan, dan teman-teman yang sayang pada Anda pasti akan mendukung dan menolong Anda berhenti merokok jika Anda meminta bantuan mereka.

2. Hindari gangguan dari teman-teman perokok

Mayoritas dari perokok sangat ingin untuk berhenti. Mereka benci perasaan memerlukan dan kecanduan akan nikotin, serta mereka mengkhawatirkan penyakit yang terkait penggunaan tembakau. Perokok aktif tidak akan mengakuinya, mereka mengaku bahwa mereka menikmati merokok, namun kenyataannya mereka terjebak dan tidak tahu bagaimana untuk terlepas.

Mereka merasa tidak berdaya untuk menyingkirkan tembakau dari hidupnya.

Saat Anda berhenti merokok, rekan-rekan perokok Anda akan melihat langsung kekhawatiran tentang rokok yang selama ini mereka tutupi. Walau mereka mungkin merasa senang untuk Anda, mereka juga dapat merasa iri terhadap apa yang Anda lakukan, karena mereka juga ingin berhenti namun belum bisa.

Ingatlah bahwa saat seseorang menawarkan Anda rokok dan berjanji tidak akan memberi tahu siapa-siapa, atau mengatakan Anda tidak lagi seru, jangan merasa sakit hati. Alasan mereka tidak mendukung Anda adalah masalah mereka, bukan masalah Anda.

3. Komitmen itu penting

Keberhasilan Anda dalam berhenti merokok tergantung pada komitmen Anda. Anda tidak dapat berharap mengalami hasil yang berlangsung lama jika Anda berhenti merokok hanya karena diminta orang lain. Perubahan yang dilakukan atas dasar keinginan diri sendirilah yang dapat berhasil untuk jangka panjang.

Berhentilah merokok dengan niat yang kuat, dan untuk diri Anda sendiri. Jangan biarkan siapapun menggoyahkan rasa percaya diri Anda dalam proses pemulihan. Anda berada di jalan yang benar.

4. Cari dukungan online

Walau mungkin Anda tidak menemukan dukungan yang dibutuhkan dari teman dan orang-orang sekitar, dukungan adalah hal yang penting untuk program berhenti merokok yang sukses. Dukungan online dapat memberikan beberapa keuntungan, seperti:

  • Terhubung dengan orang-orang lain yang juga sedang berusaha berhenti dan berada di tahapan yang berbeda-beda, dari yang baru berhenti hingga yang telah bertahun-tahun berhenti.
  • Dukungan di segala waktu; siang dan malam, seseorang biasanya online dan dapat membantu Anda.

Ingatlah: jika Anda merasa kurang  dukungan dari orang-orang terdekat, atau merasa teman-teman perokok Anda berusaha menggagalkan usaha Anda, tutuplah mata Anda dan abaikan saja. Anda tahu bahwa mereka diam-diam berharap mereka dapat berhenti juga, atau mereka hanya tidak mengerti tantangan yang Anda alami.

Lanjutkan dengan tekad yang bulat serta kepercayaan diri. Usaha Anda akan memberikan manfaat jauh lebih dari yang dapat Anda bayangkan!

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca