Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh dengan minum air putih, menjadi salah satu kiat untuk senantiasa hidup sehat.  Hal ini karena sel, jaringan, dan organ, seperti ginjal membutuhkan air agar dapat bekerja dengan normal. Namun, tahukah Anda seperti apa detailnya fungsi air untuk ginjal? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Manfaat air untuk fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ berpasangan yang berbentuk seperti kacang  yang berukuran sekepalan tangan. Organ ini terletak tepat di bawah tulang rusuk, satu di sisi tulang belakang Anda. Sekitar 60-70% berat tubuh Anda terdiri dari air. Seluruh bagian tubuh, termasuk ginjal Anda membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Berikut beberapa manfaat air untuk fungsi ginjal:

  • Melancarkan proses menyaring darah untuk membuang limbah

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari.

Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

  • Menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh

Fungsi ginjal sangat penting, karena menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Hal ini akan membuat saraf , otot, dan jaringan untuk berfungsi dengan normal.

Ginjal juga akan berfungsi membuang ekstra air. Limbah hasil penyaringan dan ekstra air inilah yang dikumpulkan menjadi urine.

  • Mencegah terbentuknya batu ginjal

Fungsi air untuk menjaga kesehatan ginjal secara menyeluruh adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Harvard Health Publishing menyebutkan bahwa dehidrasi adalah faktor utama terbentuknya batu ginjal.

Jika tubuh kekurangan cairan karena Anda kurang minum air putih, limbah tidak bisa dialirkan ke kandung kemih. Seiring waktu, limbah akan menumpuk dan membentuk batuan. Inilah yang Anda kenal dengan batu ginjal.

Bila Anda minum cukup air, limbah dapat dikeluarkan tubuh dengan baik. Jadi, minum cukup air dapat menurunkan risiko batu ginjal.

Tips minum air untuk menjaga fungsi ginjal

Menjaga kesehatan ginjal bisa Anda lakukan dengan minum cukup air. Meski demikian, asupan air juga perlu memerhatikan hal tertentu.

Sebenarnya, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Namun, Anda disarankan minum air setidaknya 8 gelas per hari.

Jika aktivitas yang Anda lakukan memakan banyak energi atau membuat Anda berkeringat lebih banyak, maka asupan air juga jadi lebih banyak. Selalu bawa botol air kemana pun Anda pergi, terutama ketika menjalankan aktivitas di luar ruangan.

Kecukupan asupan air bisa Anda perhatikan dari warna urine. Jika urine berwarna kuning gelap itu artinya Anda mengalami dehidrasi. Anda cukup minum air jika urine berwarna jernih.

Di sisi lain, tidak semua orang bisa minum air dalam jumlah banyak, contohnya pada orang yang punya penyakit ginjalMereka harus membatasi asupan air agar fungsi ginjal tidak semakin memburuk untuk menyaring darah dan menyeimbangkan cairan dan mineral tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter mengenai asupan air yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Supaya kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi dan tidak dehidrasi, cari tahu dulu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Pasien Ginjal Perlu Diberikan Vaksin Tertentu? Ini Penjelasannya

Mengobati pasien ginjal tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti vaksin. Ini penjelasan vaksin untuk pasien ginjal.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih, Health Centers 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Minum air bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun, apakah minum air saja cukup untuk menghilangkan jerawat yang membandel?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Jerawat, Health Centers 26/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Selain baik untuk kesehatan Anda, terbiasa minum air putih juga bisa bantu mencegah Anda dari penyakit flu. Berikut penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Flu, Health Centers 11/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

infeksi ginjal atau pielonefritis

Pielonefritis (Infeksi Ginjal)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 8 menit
gejala infeksi ginjal

Perhatikan! Ini Beberapa Gejala Ginjal Anda Sudah Terinfeksi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
arti kedutan

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit
infused water saat puasa

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit