6 Jenis Hobi yang Membantu Anda Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasanya hampir setiap orang memiliki hobinya masing-masing untuk dilakukan di waktu senggang. Ada yang hobi membaca buku, mendengarkan musik, dan menonton film. Nah, tahukah Anda ada beberapa contoh hobi berupa aktivitas produktif yang terbukti manjur meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan otak? Jika Anda sedang mencari aktivitas lain untuk mulai menghentikan hobi stalking sosmed si mantan (ups!), mengapa tidak pilih salah satu di bawah ini?

Beragam contoh hobi yang bisa membuat Anda hidup lebih sehat

tips 1. Menari

Menari adalah salah satu cara yang efektif dan murah meriah untuk menjaga kebugaran tubuh sambil ditemani dengan alunan musik menyenangkan. Ada banyak jenis tarian yang bisa Anda tekuni sebagai hobi baru, mulai dari tarian tradisional, ballet, belly dance, aerobik, hip-hop, jazz, pole dance, salsa, tap dance, modern dance, latin dance, zumba, flamenco, dan masih banyak lagi.

Selain menyenangkan, menari juga menjadi salah satu latihan kardio yang baik untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Dengan aktif bergerak saat berdansa, Anda secara tidak langsung mendorong tubuh untuk menghirup dan menggunakan oksigen secara lebih efektif. Selain itu, latihan kardio juga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan otot, serta meningkatkan stamina fisik secara keseluruhan.

Jika Anda masih malu-malu untuk daftar di sanggar tari terdekat, setel saja musik di kamar dan gerakkan tubuh Anda secara spontan untuk mengikuti irama musik favorit Anda. Tak peduli seberapa konyol Anda mungkin terlihat di cermin, jejingkrakan dan bernyanyi dapat menjadi penyelamat mood buruk Anda di hari-hari yang terasa berat.

2. Fotografi alam

Jika selama ini Anda hanya hobi selfie atau foto makanan, putar arah kamera Anda dan abadikan gambar alam sekitar Anda. Seni fotografi alam adalah contoh hobi yang sehat karena biasanya membutuhkan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau hiking. Hal tersebut dapat menjadi cara untuk tetap aktif bergerak saat sedang berlibur atau mengunjungi suatu tempat.

3. Memasak

Hobi memasak bisa mulai Anda tekuni hari ini untuk menggantikan kebiasaan makan fast food dan jajan di pinggir jalan. Dengan memasak, Anda bisa menentukan sendiri bahan-bahan, cara memasak, dan jumlah porsinya sesuai kreativitas.

Mengolah bahan makanan sendiri juga akan bermanfaat langsung terhadap kesehatan dan membantu membiasakan pola makan yang lebih sehat. Selain itu, hobi memasak dapat mendorong ketelitian Anda ketika berbelanja makanan seperti membaca label informasi gizi makanan, memilih bahan yang segar dan berkualitas baik, serta pemilihan metode pengolahan makanan yang lebih aman dan tidak mengurangi kandungan nutrisi yang terlalu banyak.

4. Berkebun

Berkebun memang kesannya panas-panasan dan kotor, tapi aktivitas merawat tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Yang pertama adalah merawat kesehatan kulit dengan berjemur sinar matahari pagi.

Selain itu, kegiatan fisik yang diperlukan selama berkebun, seperti mencabut ilalang, memotong rumput, mengatur pot tanaman, mengangkat beban, serta menggunakan alat berkebun dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh untuk bergerak lebih luwes.

5. Menulis dan menggambar

Mencurahkan isi hati Anda dengan menulis (entah tulis tangan atau mengetik) atau dengan menggambar dan corat-coret asal (doodling) adalah contoh hobi yang sehat bagi kesejahteraan mental Anda.

Menulis dan menggambar diyakini sebagai cara yang efektif untuk menenangkan pikiran semrawut saat berada di bawah tekanan berat dan memulihkan emosi negatif. Selain itu, manfaat menulis juga dilaporkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka operasi serta meningkatkan kualitasi hidup dan mengubah cara pikir pasien kanker untuk lebih gigih menjalani pengobatan.

6. Olahraga

Olahraga adalah contoh hobi yang manfaat kesehatannya tidak perlu diragukan. Entah itu hanya jalan kaki, bersepeda, berenang, mendaki gunung, hingga menyelam, semua memiliki manfaat kesehatannya masing-masing bagi tubuh dan pikiran.

Jadi, mana yang ingin Anda coba tekuni mulai hari ini?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Katanya, sengatan lebah bisa bikin seseorang meriang dan panas dingin. Lalu bagaimana cara pertolongan pertama dalam mengobati sengatan lebah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang sering bermunculan saat musim hujan. Saat gejala leptospirosis mulai terasa, segera atasi dengan cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit