5 Cara Efektif untuk Mengatasi Kejang Otot Punggung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/04/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kejang otot punggung bisa terjadi akibat otot punggung yang tertarik tiba-tiba saat beraktivitas atau karena cedera saat berolahraga. Selain itu, mengangkat barang berat juga bisa menyebabkan otot punggung kejang. Biasanya, rasa sakit akibat kejang otot punggung terjadi di daerah punggung bawah yang bisa terasa makin sakit ketika Anda membungkukkan badan atau memutar punggung. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengatasi kejang otot punggung yang bisa Anda lakukan di rumah.

Mengobati kejang otot punggung di rumah

1. Minum obat

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen (paracetamol) dapat mengobati nyeri otot dan nyeri punggung bawah. Obat relaksan otot seperti carisoprodol (Soma, Vanadom) serta cyclobenzaprine (Flexeril, Fexmid) juga dapat membantu meringankan gejala kejang otot.

Selain itu, suntikan obat anti radang (kortison) juga dapat membantu mengatasi kejang otot punggung. Namun, selalu konsultasikan ke dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk memastikan keamanan dan kemanjurannya.

2. Pijat

Dikutip dari penelitian yang diterbitkan oleh Canadian Medical Association Journal, kombinasi terapi pijat dan peregangan ringan dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat kejang otot punggung. Pijat peregangan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot punggung untuk membantu mengeluarkan zat penyebab peradangan. Selain itu, pijat memperluas jangkauan gerak otot punggung. dan mencegah kram otot.

Caranya: berbaring di lantai atau kasur dengan kedua tangan lurus di samping tubuh. Setelah itu, kencangkan otot perut dan perlahan dorong punggung Anda ke lantai. Tahan selama kurang lebih 12 detik sebelum kembali ke kondisi semula.

3. Olahraga ringan

Peregangan ringan seperti mengangkat kaki ke udara dapat melemaskan otot-otot yang sering kejang sekaligus memperkuat otot punggung dan perut.

Caranya berbaring di tempat tidur kemudian angkat kaki kanan dan kaki kiri secara bersamaan. Posisikan tangan dan kaki tetap lurus. Tahan selama kurang lebih 12 detik sebelum kembali ke posisi awal. Ulangi latihan dengan mengangkat kaki kiri dan kaki kanan bergantian. Lakukan sebanyak 20 kali untuk masing-masing sisi.

4. Kompres

Kompres dingin bisa dipakai untuk meredakan peradangan pada punggung yang bengkak atau memar. Suhu rendah merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga menurunkan jumlah darah yang bocor di area tersebut. Balut kompres es dengan waslap bersih dan tempelkan selama 15-20 menit. Jika ingin diulang, berikan jeda dulu sekitar 20 menit sebelum menempelkannya kembali.

Selain dengan kompres dingin, Anda juga bisa menggunakan kompres hangat. Kompres hangat umumnya digunakan untuk meredakan nyeri otot atau sendi yang sudah berlangsung lama. Suhu yang disarankan untuk kompres hangat adalah sekitar 40-50ºCelsius. Tempelkan di tempat yang terasa nyeri tidak lebih dari 20 menit. Kompres hangat tidak boleh ditempelkan pada kejang otot yang baru saja terjadi atau yang terlihat bengkak.

5. Istirahatkan punggung

tidur terlentang

Anda harus mengistirahatkan punggung dan jangan banyak bergerak dulu jika Anda mengalami kejang otot yang cukup parah. Kurangi tekanan di punggung bawah dengan menyelipkan bantal di bawah lutut, baik saat tidur dengan posisi miring atau tidur telentang.

Jika gejala memburuk dan tidak juga reda dengan perawatan di atas, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pengobatan yang tepat dapat mencegah keparahan kondisi yang diakibatkan oleh kejang otot punggung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Lakukan olahraga saat liburan bersama keluarga agar tetap bugar. Simak pilihan kegiatan hingga tips berolahraga sederhana di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kebugaran, Hidup Sehat 25/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 06/05/2020 . Waktu baca 3 menit

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Diabetes, Health Centers 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
pemanasan sebelum olahraga

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit
cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit