4 Makanan Sumber Karbohidrat yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi sebelum olahraga adalah karbohidrat. Namun sebenarnya karbohidrat tidak hanya diperlukan saat olahraga saja, dalam aktivitas lain karbohidrat pun tetap diperlukan. Jadi, apa saja, ya, makanan sumber karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga

Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling penting bagi tubuh. Meski begitu, banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan untuk mengurangi kalori. Padahal sebenarnya karbohidrat justru bagus untuk kita dan harus dikonsumsi setiap hari terutama saat tubuh sedang aktif bergerak.

Meskipun penting, Anda harus tetap memperhatikan jenis karbohidrat dan porsi makan yang akan dikonsumsi. Pasalnya tidak semua makanan berkarbohidrat baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga:

1. Pisang

Menurut Dr. Louise Burke, kepala Nutrisi Olahraga di Australian Institute of Sport mengatakan, pisang merupakan makan sumber energi alami. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan karbohidrat yang mudah dicerna tubuh.

Selain itu, kandungan kalium di dalamnya membantu menjaga fungsi saraf dan otot selama Anda berolahaga. Karena tubuh tidak menyimpan kalium dalam waktu lama, jadi mengonsumsi pisang ukuran medium sebelum berolahraga akan membantu menjaga asupan nutrisi di tubuh tetap stabil. Anda bisa makan pisang medium dengan 1/2 cangkir Greek yogurt sekitar 30-60 menit sebelum olaharga.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis gandum utuh yang mengandung banyak serat. Serat dalam oatmeal dapat membantu Anda kenyang lebih lama karena secara bertahap melepaskan karbohidrat ke dalam aliran Anda. Tidak hanya itu, selain membuat lebih cepat kenyang, oatmeal juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah Anda.

Hanya saja, pastikan jika saat mengonsumsi oatmeal Anda tidak menambahkan makanan lain yang mengandung banyak kalori dan gula. Kandungan vitamin B dalam oatmeal ternyata juga yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Itu sebabnya, oatmeal bisa jadi makan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Konsumsi satu cangkir oat minimal 30 menit sebelum Anda mulai berolahraga.

3. Roti gandum

Sepotong roti gandum adalah sumber karbohidrat yang baik. Pasalnya, roti gandum utuh hanya mengandung 80 hingga 90 kalori per lembarnya. Makanan untuk sarapan ini juga memiliki 2 gram serat dan rendah gula. Hanya sekitar 1 gram gula dalam satu lembar roti. Tapi pastikan roti yang Anda beli benar-benar terbuat dari gandum utuh, minimal 80 persen. Roti dengan bijirin gandum hanya 50 persen ke bawah, umumnya sudah banyak campuran tepung terigu, gula dan minim serat.

Anda bisa mengonsumsi setangkup roti gandum dengan selai kacang atau madu untuk mendapatkan lebih banyak asupan bahan bakar dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan irisan telur rebus untuk mendapatkan sumber protein berkualitas tinggi. Konsumsi setangkup roti gandum sekitar 45 menit sebelum Anda berolahraga.

4. Kentang

Kentang dikemas dengan karbohidrat yang bisa dengan mudah dibakar oleh tubuh. Karbohidrat yang ada pada kentang adalah karbohidrat kompleks, yang tidak menyebabkan dorongan gula darah berlebihan. Oleh karena itu, aman untuk mengatakan bahwa kandungan karbohidrat yang ada di dalam kentang sangat baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

Kesalahan lain yang kebanyakan dilakukan orang saat mengkonsumsi kentang adalah mengupas kulit. Padahal, kentang yang dimakan bersama kulitnya mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan jika dimakan tanpa kulit. Konsumsilah kentang satu sampai dua butir kentang rebus berukuran kecil sekitar 30 menit sebelum Anda berolahraga.

Hal yang harus dihindari sebelum berolaharaga

Ada beberapa hal yang perlu diingat. Sebelum berolahraga, pastikan Anda menghindari makanan berlemak. Pasalnya, makanan berlemak membuat proses pencernaan perut terasa sangat lambat, yang berarti akan membuat Anda mudah merasa kenyang, lesu, dan bahkan kram selama berolahraga. Tidak hanya itu, yang terpenting adalah jangan makan berlebihan sebelum berolahraga. Hal ini dikarenakan makan terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kelesuan, mual bahkan muntah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Makanan tinggi garam bukan hanya membuat Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Simak berbagai bahaya makanan asin pada tubuh kita.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati sengatan lebah

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit