3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kalau Anda suka berolahraga di pagi hari, mungkin untuk melawan rasa kantuk dan lemas Anda perlu minum secangkir kopi dulu supaya jadi lebih segar. Akan tetapi, sebenarnya bolehkah minum kopi sebelum olahraga?

Ternyata menurut berbagai penelitian, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat sehat kalau minum kopi sebelum mulai olahraga di pagi hari. Simak penjelasannya berikut ini dan jangan takut untuk ngopi sebelum berolahraga!

Manfaat minum kopi sebelum olahraga

minum kopi sebelum olahraga

Anda boleh minum kopi sebelum berolahraga, bukan sesudahnya. Sesudah olahraga Anda butuh asupan nutrisi yang bisa membantu memulihkan tubuh.

Sedangkan kalau minum kopi sebelumnya, kandungan kafein dalam kopi Anda dapat membuat sesi olahraga jadi maksimal. Lebih jelasnya, perhatikan tiga manfaat penting minum kopi sebelum olahraga di bawah ini.  

1. Mencegah nyeri otot

Menurut sebuah penelitian dari University of Illinois di Amerika Serikat (AS), minum kopi kira-kira satu jam sebelum berolahraga mampu mencegah nyeri otot.

Hasil penelitian serupa juga dibuktikan oleh para ahli dari University of Georgia di AS. Minum kopi satu jam sebelum berolahraga bisa mengurangi rasa nyeri hingga 48 persen.

Dengan begitu, Anda pun jadi lebih nyaman berolahraga. Terutama kalau Anda sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi atau Anda harus olahraga dalam waktu yang cukup lama.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Para ahli dari University of Ryukyus di Jepang berhasil membuktikan bahwa minum kopi mampu melancarkan sirkulasi darah Anda hingga sebesar 30 persen.

Semakin lancar aliran darah Anda, seluruh bagian tubuh Anda seperti jaringan-jaringan otot dan tulang akan mendapatkan suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup.

Hal tersebut akan membantu kerja otot dan tulang selama Anda aktif bergerak atau berolahraga. Maka performa olahraga Anda pun jadi lebih baik.

3. Meningkatkan ketahanan fisik

Sebuah penelitian dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan kalau minum kopi sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan ketahanan fisik Anda. Anda jadi tidak mudah lelah dan bisa lebih menikmati latihan kebugaran Anda setiap hari.

Pasalnya, kafein dalam kopi memang mampu menyegarkan pikiran serta membuat Anda merasa lebih bertenaga.

Aturan aman minum kopi sebelum olahraga

weekend warrior olahraga hanya di akhir pekan

Meski Anda boleh minum kopi sebelum berolahraga, ada beberapa aturan yang harus diingat kalau Anda ingin mendapatkan seluruh manfaatnya semaksimal mungkin. Simak aturan aman minum kopi sebelum mulai berolahraga berikut ini.

1. Minum kopi satu jam sebelum olahraga

Kafein dalam kopi butuh waktu setengah jam sampai satu jam untuk diserap sempurna oleh tubuh. Jadi, usahakan untuk minum kopi saat bangun pagi, sebelum mulai olahraga.  

2. Jangan tambah susu sapi atau gula

Susu sapi akan diproses lebih lama oleh tubuh sehingga Anda berisiko mengalami gangguan pencernaan saat berolahraga. Kopi yang terlalu manis juga bisa membuat gula darah Anda tidak stabil. Penelitian menunjukkan manfaat terbaik muncul bila kopi diminum tanpa susu (kopi hitam).

3. Tetap minum air putih

Ingat, kopi bersifat diuretik atau memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan. Baik itu lewat keringat maupun lewat kencing Jadi selama olahraga Anda sebaikanya tetap banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

4. Minum kopi dan olahraga secara rutin

Kalau Anda rutin menjalani olahraga yang diawali dengan secangkir kopi setiap hari, tubuh akan semakin mudah menyesuaikan diri. Tubuh jadi mampu membaca sinyal untuk tidak mengeluarkan cairan tubuh terlalu banyak saat Anda berolahraga.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penyakit pada Kuku yang Perlu Diwaspadai

Penyakit kuku, mulai dari penampakannya yang aneh atau sekadar mudah patah, bisa berarti ada masalah juga pada kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit